Mengintip Jejak Hidup Rahmat, dari Aktivis, Pebisnis Hingga Politisi

Rahmat Hidayat (helm putih) saat di lokasi pekerjaan BantenEkspose.com - Mengintip jejak perjalanan hidup pria kelahiran Cilegon pada 1...

Rahmat Hidayat (helm putih) saat di lokasi pekerjaan
BantenEkspose.com - Mengintip jejak perjalanan hidup pria kelahiran Cilegon pada 1982. Ia lahir dan tumbuh dari seorang anak pedagang hasil bumi, di salah satu pasar tradisional di Kota Cilegon. Pria itu memiliki track record dari seorang aktivis pemuda-mahasiswa, pebisnis hingga ke politis.

A. Rahmat Hidayat, ia terlahir dari golongan keluarga yang sederhana. Semasa kecil sudah terlatih hidup mandiri. Begitupun, ketika sudah duduk di bangku kuliah, jiwa kemandiriannya semakin kuat.

Bagaimana tidak, pria dari delapan saudara ini harus rela kuliah cukup lama. Bukan tanpa alasan, ia harus mencari uang dari hasil keringat sendiri demi mencukupi biaya kuliahnya. Dirinya tak gengsi mencari uang yang halal dengan cara mengamen, kuli steam mobil, dan menjadi tenaga pengajar honorer.

Namun, hambatan itu bukan suatu alasan bagi dirinya untuk tidak aktif di organisasi internal kemahasiswaan maupun eksternal kampus. Bahkan saat itu ia sempat didaulat sebagai ketua BEM Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten, dan ketua BEM se-Kota Cilegon.

Tak hanya itu, ia pun pernah ikut organisasi kemahasiswaan eksternal kampus dengan bendera yang berbeda-beda, seperti PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), HMI (Himpunan Mhasiswa Islam), KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia), dan IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah).

Selain aktif di organisasi kemahasiswaan, ia pun aktif di organisasi kepemudaan, seperti KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia). Ia pun sempat didaulat sebagai ketua PK-KNPI Kecamatan Puloampel selama dua periode (2006-2009).

Bagi dia, tak cukup hanya di organisasi kemahasiswaan dan pemuda saja untuk menambah pengetahuan, membangun relasi dan mewujudkan sebuah cita-citanya. Ia pun sempat banyak belajar di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cilegon, hingga didaulat menjadi pengurus organisasi profesi tersebut.

Selama masih menyandang status mahasiswa, ia sudah banyak belajar berbisnis. Awal mulanya, ia mengikuti orang (bos) yang memiliki proyek sipil, seperti proyek pembangunan jalan, dan sebagainya yang sesuai dengan keilmuannya.

Sejak lulus kuliah, ia tak sibuk mencari kerja melainkan langsung mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia bisnis, dengan modal mental yang sudah terbangun dan terlatih selama mahasiswa.

Awal mula membangun bisnis yang ditekuninya di sektor proyek sipil (pembangunan infrastruktur jalan) di Kota Cilegon, sesuai bendera yang dimiliknya yakni CV General Trading. CV tersebut memiliki fokus dibidang perdagangan umum.

Kemudian, sejak 2013 dirinya berhasil melebarkan sayap ke tanah kelahiran sang bidadarinya di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak dengan nama perusahaan yang berbeda. Yaitu, PT Lima Tujuh Belas Jaya. PT Lima Tujuh Belas Jaya merupakan perusahaan yang bergerak di sektor labour supply atau penyedia jasa.

Awal mulanya, memang ia tidak memiliki niatan bisa membangun perusahaan di daerah tersebut. Lagi-lagi berbicara tentang sosial, yaitu hanya ingin memasukan kerja bagi tetangga dan warga yang menganggur, lantaran mereka memiliki skill dibidang pengelasan (welder). Karena, pada saat itu di Bayah masih minim orang-orang yang memiliki skill dibidang tersebut.

Waktu itu, ia berhasil memasukan sekitar 30 orang pekerja ke PT Cemindo Gemilang atau Semen Merah Putih, dan alhamdulillah semuanya lulus. Dari 30 itu terdiri dari warga Kota Cilegon dan Lebak. 

Singkat cerita, setelah itu dirinya dipersilahkan bergabung sebagai labour supply (penyedia jasa). Hingga saat ini, perusahaan yang membawahi sekitar 300 karyawan masih tetap eksis di tanah kelahiran sang istri.

Dari aktivis, pembisnis hingga terjun ke dunia politis. Apa motivasinya?

Motivasi terjun ke dunia politik, yaitu paling urgnet ketika melihat kondisi Lebak Selatan. Menurut Rahmat, stackholder yang berkaitan dengan kemasyarakatan termasuk legislatif dinilai belum maksimal secara kerjanya. Artinya, belum terlihat kerja nyatanya.

Meski demikian, dirinya mencoba untuk memberanikan diri untuk mengabdikan diri terhadap masyarakat, dengan harapan kehadiran dirinya dapat memaksimalkan kerja-kerja sosial demi meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

"Saya jujur, kalau berbicara bisnis murni mungkin saya sudah kaya, mungkin rumah juga sudah beberapa tingkat. Kenapa saya berbicara seperti itu? Karena pertama kali saya memasukan pekerja saya itu gajihnya diatas karyawan yang lain. Karena ada labour supply yang lain disitu (PT. Cemindo Gemilang). Contoh, gaji yang paling rendah waktu itu masih 60 ribu - 70 ribu perhari di perusahaan lain. Ketika saya masuk ke perusahaan tersebut gajihnya diatas rata-rata 85 ribu, perbedaannya sekitar 15 ribu," kata Calon Anggota DPRD Banten dari Partai Demokrat Dapil Lebak itu kepada bantenekspose.com saat berbincang di rumah kediamanya, di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, belum lama ini.

"Artinya, kalau saya ingin pure bisnis disitu saja sudah 500 ribu bedanya, kalau saya ingin memperkaya diri, mohon maaf. Tapi sepertinya saya merasa bersalah kalau mengatasnamakan sosial tetapi bagi diri saya besar amat ngambil untungnya," tambah alumnus Untirta itu.

Walaupun sudah nyaman di dunia bisnis, tetapi rasa kecintaan dan kepedulian terhadap sosial tetap tidak bisa ditinggalkan. Bahkan, bisa dikatakan mungkin masih melekat di dalam jiwa sang mantan aktivis mahasiswa Untirta itu.

"Salah satu bukti nyata saya adalah ada rasa kecintaan dan kepedulian terhadap masyarakat, khususnya yang ada di Lebak Selatan tanpa saya terjun ke organisasi politik saya sudah membuktikan dan itu bisa dicek," ujar aktivis KNPI. 

Hal-hal yang seperti itu sebetulnya reflek tidak bisa dibuat-buat. Artinya, itu datang dari kebiasaan, mungkin karena perjalanan dan pengalaman hidup (track record)  bagi pria yang lahir dari keluarga kurang mampu. Kemudian, mungkin karena sering memperjuangkan masyarakat akhirnya kepedulian itu secara tidak langsung sudah tumbuh.

Potensi apa yang bisa dikembangkan di Lebak Selatan dan apa yang harus harus dipersiapkan menuju industri 4.0?

Rahmat menjelaskan, dimanapun dirinya selalu menyampaikan tentang ketenagakerjaan. Menurutnya, Bayah bakal menjadi kota besar dan maju, bahkan diprediksikan akan menjadi Kota bungsu. Artinya kota yang secara pertumbuhannya sangat pesat di wilayah selatan, bahkan bisa saja kota-kota besar juga bisa terkalahkan, seperti Kota Cilacap.

"Kalau kita tidak merubah dan menyiapkan diri dari masyarakat agraria dan nelayan ke masyarakat industri. Tidak mempersiapkan hal itu, maka siap-siap saja akan menjadi penonton," ucap bapak dari tiga anak ini.

Kendati demikian, dirinya berpesan dan mengajak kepada semua generasi muda agar pandai-pandai dalam melihat perkembangan dan tantangan yang dihadapi hari ini.

"Generasi muda harus melek lagi apa yang terjadi hari ini, karena kalau kita diam hari ini berarti kita sedang mempersiapkan kematian diri sendiri. Jadi kalau kita tidak mau bangun maka akan selesai-lah. Dan satu lagi, jangan takut untuk mengatakan yang benar," pesan Rahmat kepada generasi penerus bangsa. 

Itulah profil singkat dari pasangan Dufi Rohma Dini, kini mereka dikaruniai tiga orang anak, diantaranya Khoirul Azam Hidayat, Al-Ghoza Sabili Hidayat dan Al-Ghozi Sabili Hidayat. (emde)

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

Abuya Muhtadi,2,Ade Arianto,1,Adi Abdilah,1,Advertorial,3,AKFC Serang,1,Aktifis Menulis,2,Ali Hanafiah,3,Aliyah MA Cigemblong,1,Amin Ma'ruf,1,Andika,1,Anyer,3,APGI BAnten,1,Asep Rahmatullah,1,Balonbup Pandeglang,5,bank banten,1,Bante,1,banten,552,Banten lama,3,Batalyon Mandala Yudha,2,Bawaslu Banten,4,Berita Kepolisian,343,Bhayangkari Polda Banten,1,BI Banten,1,Bid Kum Polda Banten,2,Bid TIK Polda Banten,1,Biddokkes Polda Banten,5,Bidhum Polda Banten,327,Bidhumas Polda Banten,96,bidpropam polda banten,1,Binuangeun,1,BKM Curug,3,BPJS BANTen,1,Brimob Jabar,2,Brimobda Banten,17,bulog tangerang,1,Bus Murni,3,Catatan Redaksi,2,Ciagel kibin,1,Cibobos,1,CIhara Ciparahu,1,Cilangkahan,280,cilegon,40,Cilograng,2,CPNS Lebak,1,Dandim 0602/Serang,2,Dandim 0603/Lebak,2,Danrem 064/Maualana Yusuf,6,Darul ulum paNyaungan,1,Demokrat Banten,1,Desa,1,Desa Kumpay,2,Desa Kuta mekar,1,Desa Kutamekar Pandeglang,1,Desa panyaungan,1,Desa Tobat,1,di,1,Dinas Pertanian dan Peternakan,1,Dindik Kota Serang,1,Dinkes kota serang,1,Dinkop UMKM,2,Dir Reskrimsus Polda Banten,1,Dirbinmas Polda Banten,3,Dirintelkam Polda Banten,1,Dirkrimsus Polda Banten,1,Dirlantas,1,Dirlantas Polda Banten,5,Dirnarkoba Polda Banten,2,Dishub Kota Serang,1,Disparpora Kota Serang,1,Ditbinmas Polda Banten,2,Ditkrimsus Polda banten,1,Ditlantas Polda Banten,13,Ditlantas Polda Lampung,1,Ditlantas Polres Serang Kota,2,Ditnarkoba,1,Ditnarkoba Polda Banten,1,Ditpamobvit Polda Banten,6,Ditpolairud Polada Banten,1,Ditpolairud Polda Banten,3,Ditreskrimum Polda Banten,1,Ditresnarkoba Polda Banten,4,ditsabhara polwan banten,3,Ditsamapta Polda Banten,11,Ditssamapta Polda Banten,4,DLH Kota Serang,1,Domper Dhuafa,2,DPD KNPI Banten,14,DPP KNPI,16,DtibinmasPolda Banten,2,Ekon,1,Ekonomi,241,Ekonomi Arus Baru,1,Furtasan Nasdem,1,Gas Melon Malingping,1,Gempa Banten2019,5,Gemuk,1,GMNI BAnten,1,Golkar,1,golkar banten,2,GP Ansor Banten,1,Gubernur WH,1,HAMAS,1,Hardi Madu,1,HAri santri,1,hari santri 2018,1,Headline,1,HGN 2018,1,Hikmah,20,HMI,1,Hukrim,678,Hukum,1,Humas Polres Serang,63,Humas Polres Serang Kota,16,HUT 18 Banten,1,Ijtima Ulama GPNF,1,Industri,8,iphone,1,iptek,22,IWO Banten,3,IWO Lebak,1,jOKOWI-mARIF amIN,1,Jubir Pancasila,1,Jurus Silat Kaserangan,1,Kab Lebak,968,Kab Pandeglang,312,Kab Serang,415,Kab Tangerag,38,Kab Tangerang,180,Kab. Serang,6,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,11,Kabupaten Tangerang,29,Kahmi,1,KAHMI BAnten,1,Kalimaya Lebak,1,Kampanye damai,2,Kampus,7,Kantor Kemenag Pandeglang,1,Kanwil Kemenag Banten,37,Kapal Bosok Curug,2,Kapolda Banten,12,Kasepuhan Karang,1,Kebun teh Cikuya,1,Kec Anyer,1,Kec Bayah,6,Kec Cihara,3,Kec Gunung Kaler,1,Kec Kasemen,1,Kec Malingping,6,Kec Sobang,2,Kec Sumur,2,Kec Tirtayasa,1,Kec Walantaka,1,Kec. Maja,1,Kec. Saketi,1,Kec.Cilograng,1,Kec.Saketi,1,Kemenag,10,Kemenag Cilegon,1,Kemenag Kota Serang,22,Kemenag Kota Tangerang,1,Kemenag Lebak,6,Kemenag Pandeglang,1,Kemenag Tangsel,1,kesehatan,96,Keu dan Bank,2,Khazanah,34,Kiprah,49,kirab satu negeri,1,KNPI,4,KNPI Banten,27,KNPI Cilegon,10,KNPI Kab Serang,14,KNPI Kota Cilegon,1,KNPI KOta Serang,35,KNPI Lebak,11,KNPI Pandeglang,14,KNPI Tangerang,10,KNPI Tangsel,7,Kodim 0601/Pandeglang,26,Kodim 0602/Serang,11,Kodim Lebak,4,kodim serang,2,Komunitas Bela Indonesia,2,Koni Kota Serang,1,konomi,1,kopassus,1,Koperasi,2,Koramil 0223/Pontang,1,Korem 064/my,62,Kota Cilegon,92,Kota Serang,857,Kota Seranng,1,Kota Tagerang,5,Kota Tangerang,161,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangerang Selatan,8,Kota Tangsel,57,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,KP3b,25,KPU KOta Serang,3,Kpud lebak,1,KTP Tercecer,1,Kumala,1,Lampung,3,Lapindo,1,lebak,1001,Lebak Smart Tax,1,Lingkungan Hidup,1,Lion air,1,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,lmpi kota serang,1,Madrasah Cigemuk,1,Madrasah DIniyah,1,Madrasah Kota Serang,1,Madu Cingagoler,1,Malingping,1,Menag Lukman,1,menpan RB,1,Mesjid Agung kota Serang,2,Muhamad Ilham,1,NasDem,15,Nasdem Kota Serang,2,Nasdem Lebak,2,nasional,413,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,43,Operasi Mantap Brata Kalimaya 2018,2,opini,43,Pakta Integritas Prabowo,1,PAN Banten,1,pandeglang,171,Pangdam III/Siliwangi,1,Parlemen,55,Partai Bulan Bintang,1,Partai Gerindra,1,Pasar,2,Patia,1,PC PMII Lebak,1,PCNU Lebak,1,PDIP Banten,1,Pelabuhan,1,Pelabuhan Bakauheni,4,Pelabuhan Merak,16,Peluang,1,Pemilu2019,1,PemkaB Lebak,5,pemkot cilegon,1,Pemutakhiran mandiri,1,pendidikan,329,Pengusaha Malingping,1,Perbankan,7,Perda Diniyah,1,Persit Korem,1,Perumahan Polda Banten,1,PGMI Cihara,1,Pilbup Pandeglang,1,Pilbuptangerang,1,Pilpres2019,3,PKBM Melati Tigaraksa,1,PKS Banten,6,PMI Banten,1,PMI Malingping,1,PMII KOta Serang,1,PMII UNIBA Kota Serang,1,Polairud Banten,7,Polda Banten,382,Polda Banten Dirkrimsus Polda Banten,1,Polda Baten,1,Polda Lampung,19,Polek Tanahara,1,Polres Cilegon,41,Polres Kab Serang,8,Polres Kota Serang,1,Polres Lebak,47,Polres Metro Tangerang Kota,1,Polres Pandeglang,25,Polres Serang,131,polres serang kota,67,Polres Tangerang,4,Polres Tangsel,1,Polresta Bandarlampung,23,Polresta Serang,5,Polresta Tangerang,43,Polsek Bayah,9,Polsek Carenang,1,Polsek Cikeusal,1,Polsek Cilograng,5,Polsek Cipocok,4,Polsek Ciruas,3,Polsek Curug,1,Polsek Jawilan,1,Polsek Kragilan,1,Polsek Maja,1,Polsek Malingping,3,Polsek Pabuaran,4,polsek panggarangan,1,Polsek Patia,1,Polsek Petir,1,Polsek Pontang,1,Polsek Puloampel,1,Polsek Pulomerak,2,Polsek Serang,1,Polsek Tirtayasa,1,Polsek Walantakan,1,Polwan Polda Banten,1,Polwan Sabhara,1,Pontren Darul ulum,1,Pontren Riyadul Awamil,1,PPP Kota Serang,1,Prabowo Sandi,1,PT Mikwang,3,PWI Banten,1,Pwi Kab Serang,4,radiasi,2,Ragam,40,Ranmor,3,Relawan Kemanusiaan Banten,1,Revitalisasi Banten lama,2,Riyadul awamil,1,RSKM Cilegon,1,Sahabat Polisi,1,Samapta Polda Banten,1,Satbrimobda Banten,10,Satlantas Polres Lebak,1,Satlantas Polres Pandeglang,1,Satlantas Polres Serang,4,Satlantas Polres Serang Kota,3,Satpol PP Lebak,1,Satreskrim Polres Pandeglang,2,Satreskrim Polresta Tangerang,1,Satreskrim Resmob Polresta Tangerang,1,Satresnarkoba Polres Cilegon,1,Satresnarkoba Polres Pandeglang,1,Satresnarkoba Polres Serang,4,Satresnarkrim Polres Serang Kota,1,Serang,893,Serang Hukrim,1,serang.Kota Serang,1,Seranng,1,SMAN 1 CIbadak,1,SMAN 13 Tangerang,1,smartphone,2,SMKN 1 Pulo Ampel,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sorotan,2,Sosok,15,SPN Mandalawangi Kab Pandeglang,1,sRANG,1,STKIP Jawilan,1,STKIP Setia Budi,1,Suara Mahasiswa,72,tagerang,5,tangerang,415,Tangsel,14,TB Amri,1,teknologi,28,Teminal Cipocok,1,Terminal Cipocok,4,tidur,1,TNI,23,TNI-POLRI,62,TPSA Cilowong,1,Tradisi siraman,1,Tsunami Anyer,84,Tsunami Selat Sunda,66,Uhen PPP,2,Ujung Kulon,1,UMKM,59,Unbaja Serang,1,Universitas Pelita Harapan.Christina Florensya Mandagi,1,Unma Banten,3,Unsera,1,Untirta,3,UPH Banten,41,UPH Jakarta,5,VESBanten,1,video,4,Wahidin Halim,1,Wakapolda Banten,2,Wirausaha,21,Wisata,1,Wisata Minat Khusus dan Petualangan,1,Xiaomi,1,Yonif 320/BP,1,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Mengintip Jejak Hidup Rahmat, dari Aktivis, Pebisnis Hingga Politisi
Mengintip Jejak Hidup Rahmat, dari Aktivis, Pebisnis Hingga Politisi
https://3.bp.blogspot.com/-BNnDevEz0Xo/XHEjB8b1SZI/AAAAAAAAPr4/hzXdi15oYoIZgApnl5k_uj5IAPTfeItfgCLcBGAs/s640/rahmat....jpg
https://3.bp.blogspot.com/-BNnDevEz0Xo/XHEjB8b1SZI/AAAAAAAAPr4/hzXdi15oYoIZgApnl5k_uj5IAPTfeItfgCLcBGAs/s72-c/rahmat....jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
https://www.bantenekspose.com/2019/02/mengintip-jejak-hidup-rahmat-dari.html
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/2019/02/mengintip-jejak-hidup-rahmat-dari.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy