$type=carousel$cols=3$show=home

Saat Sang Putra Daerah Melukis Tubuh dan Menoreh Prestasi

Adi "Wosx" Hermana sedang melakukan kegiatan tato di Venomous Tattoo Studio, Kec. Cikupa, Kab. Tangerang. Selasa, 30 Juli 2019 (...

Adi "Wosx" Hermana sedang melakukan kegiatan tato di Venomous Tattoo Studio, Kec. Cikupa, Kab. Tangerang. Selasa, 30 Juli 2019 (Gilang/BE)
“Stronger than reason
Stronger than lies
The only truth I know
Is the look in your eyes
The look in your eyes!”
(Ministry – Stigmata, 1988)

BantenEkspose.com - Seni melukis tubuh? Seperti tidak asing mendengarnya. Biasanya orang menyebutnya seni tato, di mana seseorang menggambarkan ilustrasi pada bagian tubuh tertentu. Berbagai polemik terjadi saat banyak orang menanggapi tato, Bahkan Orde Baru pun dinilai sering mengkriminalisasi seni tato. Banyak stigma negatif yang terbangun di masyarakat saat berbicara tentang tato. Lantas, apakah tato merupakan sebuah budaya baru di Indonesia?

Banyak kasus di lapangan yang memang menampilkan stigma negatif pada tato. Seperti halnya pandangan “kolot” yang dinilai muncul akibat ketertutupan informasi saat era Orde Baru. Hal itu dinilai membekas hingga sekarang. Di era Orde Baru – di era 1980’an pemerintah bertindak represif pada pelaku tato. Rezim Orde Baru mengerahkan kelompok Penembak Misterius (Petrus) demi menjaga stabilitas keamanan atas tindakan premanisme.

Tato seringkali dianggap identik dengan premanisme, bahkan tato terkadang dianggap sebagai sebuah penanda dari tindak kejahatan dan kekerasan. 

Brita L. Miklouhu-Makial dalam buku Menguak Luka Masyarakat: Beberapa Aspek Seni Rupa Indonesia Sejak Tahun 1966, menuliskan bahwa para preman itu, yang diidentifikasikan melalui tato, ditembak secara rahasia lalu mayatnya ditaruh dalam karung dan dibuang di sembarang tempat – tak jarang di tengah keramaian – seolah-olah mereka sampah. Tercatat antara lima hingga 10.000 orang yang dicurigai sebagai preman tewas mengenaskan.

Kebijakan Soeharto saat itu banyak menuai kritik, terpusat pada “metode pembersihan” yang dilakukan. Ia coba menekankan shock therapy untuk menekan angka kriminalitas yang dinilai saat itu meningkat.

“Tato diasosiasikan dengan kejahatan – terlepas dari apa yang dilakukan atau niat orang itu. Pernyataan Presiden Soeharto menunjukkan bahwa daya tarik rajah adalah indikasi dari kekuatannya, yang diatribusikan pada kriminalitas jauh lebih besar daripada perbuatan kriminal itu sendiri,” tulis Vicente L. Rafael dan Rudolf Mrazek dalam Figures of Criminality in Indonesia, The Philippines, and Colonial Vietnam.

Tato Tertua di Indonesia

Sebuah pertanyaan besar tentang tato sebagai budaya – tak luput dari rasa penasaran yang besar tentang tato. Dalam sebuah dimensi heterogenitas dan berjalannya 32 tahun kebijakan yang mengekang secara literasi – beberapa hal diketahui tentang peradaban budaya tato di Indonesia muncul dari bumi melayu. Sebuah peradaban yang dikenal sebagai pembangun budaya di tanah Sumatera ini akhirnya menjawab semua pertanyaan itu.

Menurut Encyclopaedia Britannica, tato tertua ditemukan pada mumi Mesir dari abad ke-20 SM. Akan tetapi hal itu dimentahkan oleh Drs. Ady Rosa, M.Sn. yang juga dijuluki sebagai Jendral Tato – jika tato tertua itu berasal dari Indonesia. Ia mengungkapkan jika tato tertua berasal dari Kepulauan Mentawai – diperkirakan sudah ada sejak tahun 500-1500 SM sejak awal zaman pra-sejarah (neolitikum), pada masa persebaran bangsa Proto Melayu ke Nusantara yang berasal dari Yunan.

Disamping  itu, ia pun menemukan 160 motif tato Mentawai – melalui risetnya di Desa Terekan Hilir, Bojakan, Simalegi, Simatalu, Pulikkoman, Mototonan, Lita, Sigalube, Paipajet, dan Taileleu di Pulau Siberut

“Dari 24.566 jiwa (5.254 KK) suku asli Mentawai, yang bertato tak lebih dari 200 orang, mereka berusia 50 tahun keatas. Dari 80 responden bertato, ditemukan 160 motif tato tradisional Mentawai, sebagai simbol struktur kemasyarakatan, kepercayaan, ekonomi, dan kesehatan,” ungkap Ady dalam Ady Rosa “Jendral Tato”, Koran Kompas, 24 Februari 2001.

Lengkapnya Ady berasumsi jika setiap tato yang terpampang di tubuh para pelaku tato memiliki pemaknaan khusus. Tato-tato yang terajam itu menjadi simbolik atas status sosial dan pranata sosial budaya – meliputi ekonomi, kesehatan, kepercayaan, teknologi, keahlian/kepiawaian, dan dekorasi atau hiasan tubuh. Selain itu, Ia juga menilai tato sebagai penanda batas wilayah kesukuan dan menjadi alat komunikasi.

“Tato Mentawai berfungsi sebagai alat komunikasi bagi kelompok suku, lewat gambar-gambar yang terdapat pada tubuh mereka. Alat komunikasi ini adalah Bahasa rupa yang terwujud melalui unsur-unsur gambar tato, hadir lewat simbol, tanda kenal, dan hiasan,” paparnya

Putra Tangerang Melawan Stigma Tato Dengan Prestasi
Berbarengan dengan waktu yang menjajakan kaki pada era kontemporer – Adi Hermana yang akrab disapa “Wosx” ini berbagi cerita dengan BantenEkspose.com mengenai pergelutan dan asam-garam didunia tato – secara, ia adalah salah seorang putra daerah asal Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Begitu banyak cara yang ia lakukan untuk melawan stigma tentang tato – hal ini terkesan tidak biasa dilakukan warga Kabupaten Tangerang dengan “santriisme-nya”.

Ditemui di studio tato miliknya, Venomous yang berletak di Blok VE 01/07 R, Lantai 2, Ruko The Boulevard, Eco Plaza Citra Raya, Kec. Cikupa, Kab. Tangerang – dengan segala personifikasi “Venomous” sebagai sikap dinginnya yang seperti reptil berbisa nan mematikan. Sambil diiringi lagu-lagu Type O Negative dan Nine Inch Nails ia mulai menceritakan awal mula perkenalannya dengan dunia tato.

“Gue kenapa memilih tato, awalnya tentang minat gue akan dunia seni itu sangat tinggi – terutama ke seni gambar gue sudah mencoba beberapa media, mulai dari mural, lukis, airbrush. Tapi gue lebih nyaman dan nemuin passion gue di tato. Nggak semua orang bisa buat tato – karena buat gue tato itu seni gambar yang sangat rumit, karena kita menggunakan media hidup – tepatnya badan manusia,” paparnya sambil menunggu nasi uduk pesanannya.

Pada tahun 2004, Wosx memulai lembaran percumbuannya dengan tato – baginya hal itu pun menimbulkan anomali negatif ditengah keluarganya. Dirinya tetap tegas dengan pendiriannya akan tato – walau itu semua merupakan cobaan berat baginya. Menurutnya, sang orangtua pun menganggapnya sebagai sebuah tindakan kriminal – walaupun Wosx tidak berbuat tindakan-tindakan yang digolongkan kriminil.

Tak terkecuali sang nenek pun juga khawatir dengan pernyataan sikapnya. Menurutnya hal itu merupakan sebuah cerita lucu yang timbul ditengah masa transisi Orde Baru ke reformasi.

“Dari cerita lucunya sih – jadi suatu ketika pas nenek gue tahu kalo gue punya tato – nenek gue yang sudah panik, mungkin ekspresinya yang saat itu gue ingat, dia tuh sampai mau nangis gitu – megangin tangan gue sambil bilang ‘kenapa ditato? Nanti ditangkap polisi’ dengan alasan yang saat itu nggak disebutkan – sedangkan gue saja nggak berbuat apa-apa,” paparnya yang agak sedikit menahan tawa.

“Itulah stigma zaman dulu, karena tato itu dianggapnya menjadi bagian dari orang-orang yang perilakunya menyimpang – terutama mereka yang berbuat kriminal,"

Ia mengkritisi kebijakan Orde Baru yang memang saat itu mendompleng anti-premanisme – baginya itu merupakan hal konyol. Menurutnya hal ini berimbas terhadap para pelaku tato – baik itu seniman tato maupun penggunanya. Sebagai salah seorang seorang pelaku tato, Wosx merasa keberatan karena menurutnya tato sudah menjadi bagian dari budaya – adat dan istiadat orang lokal Nusantara. 

“Kebijakan rezim Orde Baru tentang premanisme itu sangat konyol kalau harus menstigmakan cara berpenampilan atau cara orang membuat identitas diri – terutama tato. Bagaimanapun juga, kita nggak bisa pungkiri bahwa Indonesia juga punya budaya tato,” jelasnya dengan nada yang agak tinggi

Sedikitnya dipaparkan secuplik kajian sejarah yang ia ketahui tentang pertatoan di era sebelum Indonesia.
“Dulu tato itu digunakan sebagai identitas, sebelum Kerajaan Majapahit – pernah diadakan penelitian di Bali, Sumbawa, ada beberapa suku lokal Indonesia yang memiliki tato. Mungkin yang bertahan saat itu hanya Suku Dayak di Kalimantan dan di Mentawai,” lanjutnya
Wosx mendapatkan pengalaman yang menurutnya terkesan bagus dan edukatif saat ke Mentawai. Baginya, perjalanan itu membawa banyak pelajaran atas kehidupan – dan itu semua tergambarkan pada suku Mentawai. 

“Saat gue ke Mentawai, mereka (Suku Mentawai) menceritakan bahwa ‘tato ini merupakan identitas kami, menjukan status sosial dan pekerjaan kami’. Itu sangat disayangkan buat gue – di Indonesia tidak diangkat kebudayaan itu dan akhirnya malah selalu mendidik masyarakat bahwa tato itu merupakan sebuah hal yang negatif . Akhirnya sejarah mengatakan bahwa tato tertua itu ada di Mesir – tato tertua itu ada di Mentawai,” papar Wosx atas memorinya di Mentawai.

Ia mengungkapkan kekecewaan pada media massa dan para jurnalisnya – menurutnya banyak dari mereka yang meng-ibliskan tato. Ia merasa tidak suka saat media massa atau para jurnalisnya terlalu mempertontonkan tato sebagai identitas utama para pelaku kriminal yang kebetulan bertato. Hal itu terbilang salah – menurutnya media massa sama saja memberikan stigmatisasi dengan bungkus edukasi.

“Beberapa hal yang gue garis bawahi untuk media-media dan para jurnalis – ketika mereka meliput sebuah momen kriminal, di mana tersangkanya itu yang disuruh ikut – tampil saat konferensi pers sembari si polisi menjelaskan – terkadang itu disorot tatonya dan itu salah,” tegasnya sambil memainkan gestur dengan kedua tangannya yang agak terkepal.

“Yang kasihan itu termasuk gue – si pelaku tato yang notabane-nya hanya berkesenian secara sehat dan tidak berbuat kriminal. Tapi ketika ada tayangan-tayangan seperti itu, selalu saja tato yang dijadikan bagian penting dari judul maupun esensi dari berita itu – orang tanpa tato pun bisa berbuat kriminal – itu harus digarisbawahi, ” lanjutnya

Setelah melalui beberapa sudut perbicangan terkait tato – Wosx mulai menceritakan bagaimana perjalanannya menuju prestasi. Ia berusaha menorehkan cerita yang menurutnya tidak membuat malu dirinya, negara, dan keluarga. Walaupun hingga saat ini ia tidak merasakan dampak timbal balik dari pemerintah atas semua karya yang ia hasilkan. Lagi-lagi ia mengatakan jika kegiatannya hanya bersifat “diketahui”, bukan publik yang mengetahui – apalagi pemerintah.

“Disini gue punya beberapa penghargaan dengan bentuk sertifikat, tropi, dan piagam – di mana itu gue dapetin ketika gue ikut beberapa event tato di lokal – sebagian besar gue dapat dari luar negara. Paling berkesan itu di luar negara lah – disana gue mewakili negara gue sendiri dan gue nggak bikin malu – gue bisa meraih prestasi dan gue juara saat kontes disana,” ungkapnya 

Dengan raut wajah yang sedikit menunjukan sikap skeptisnya, ia sungguh menyayangkan sikap pemerintah terhadap sebuah prestasi yang dihasilkan sang putra daerah. Hal-hal negatif yang selalu dikaitkan dengan tato – menurut Wosx merupakan sebuah bentuk pertimbangan pemerintah atas perilaku tato dan kesenian tato.

“Karena mereka selalu menganggap bahwa aktivitas tato itu merupakan perbuatan negatif, bukan prestasi. Walaupun gue misalkan bercerita kalo gue dapat penghargaan dari luar negara, bahkan mewakili negara sendiri – gue sebagai putra daerah di Kabupaten Tangerang – itu nggak banyak orang ketahui – terutama untuk kalangan pemerintahan,” lanjutnya

Selebihnya ia merasa percuma saat membawa nama Indonesia – utamanya Kabupaten Tangerang. Tidak menutup kemungkinan, Wosx pun “pernah” mencoba pendekatan yang sama terhadap pemerintah seperti para penggiat seni diberbagai bidang. Namun ia merasa skeptis karena kegiatannya dianggap tidak masuk akal – tidak seperti lukis, pembangunan sanggar seni, dan sebagainya yang berkaitan dengan kegiatan kesenian.

“Pendekatan-pendekatan kayak gitu – gue nggak pernah melakukan, tapi pernah mencoba – mungkin nggak seperti orang lainnya – seperti melukis, membuat sanggar kesenian – yang masuk akal lah buat mereka. Ketika berbicara kesenian tato, mereka (pemerintah) langsung bungkam dan seperti tidak mau tahu tentang ilmunya atau tentang sejarahnya,” pungkasnya (Gilang Pabowo)

COMMENTS

# Endah 'n Resa,4,#EndahNRhesa,2,Aap Aptadi,1,Abuya Muhtadi,2,ACT,2,Ade Arianto,1,Adi Abdilah,1,Adib,2,Advertorial,3,akab serang,1,AKFC Serang,1,akota serang,1,Aktifis Menulis,2,Ali Hanafiah,3,Alibaba,2,ALIPp,2,Amin Ma'ruf,1,AMIRA,1,Andika,1,Andika Hazrumy,3,aperti,1,apgi,2,Asep Rahmatullah,1,Badak Banten,36,Badak Banten Indonesia,4,Badak Banten Perjuangan,51,Balonbup Pandeglang,7,Bandung,1,Banjir Lebak,6,bank banten,6,Bank BJB,7,Banponpes,1,banten,1008,Banten lama,3,Bapera,12,Batalyon Mandala Yudha,8,Bawaslu Banten,4,Bayah,1,Bayahdome,1,baznas,10,Berita Kepolisian,1687,Bhayangkari Polda Banten,1,BI Banten,1,Bid Humas Polda Banten,26,Bid Kum Polda Banten,3,Bid TIK Polda Banten,1,Biddokkes Polda Banten,14,Bidhum,2,Bidhum Polda Banten,646,Bidhumas Polda Banten,465,Bidhurim Polda Banten,1,Bidkum Polda Banten,2,bidpropam polda banten,1,Binuangeun,1,BKM Curug,3,BKPRMI,5,BNN,3,Boy Rafli,1,BPJS BANTen,2,BPPKB,11,BPPOM,1,bpum,4,BRI,1,Brimob Jabar,2,Brimobda Banten,18,bulog tangerang,1,Bus Murni,3,Catatan Redaksi,9,Ciagel kibin,1,Cibobos,1,CIhara Ciparahu,1,Cikeusal,1,Cilangkahan,159,cilegon,50,Cilograng,3,combine,5,Covid-19,53,Covid19,200,CPNS Lebak,1,Dandim 0602/Serang,3,Dandim 0603/Lebak,2,Danrem 064/Maualana Yusuf,6,Darul ulum paNyaungan,1,Dekopin,3,Demokrat Banten,1,Desa,1,Desa Kumpay,2,Desa Kuta mekar,1,Desa Kutamekar Pandeglang,1,desa margasana,1,desa pagelaran,1,Desa Pancur,1,Desa panyaungan,6,Desa Tobat,1,Desa wargasara,1,Dhuafa,1,di,1,Dinas Pertanian dan Peternakan,1,dindik banten,1,Dindik Kota Serang,1,dinkes banten,8,Dinkes kota serang,8,Dinkop UMKM,2,Dinsos,1,Dir Reskrimsus Polda Banten,1,Dirbinmas Polda Banten,3,Dirintelkam Polda Banten,1,Dirkrimsus Polda Banten,1,Dirlantas,1,Dirlantas Polda Banten,6,Dirnarkoba Polda Banten,2,Dishub Kota Serang,1,Disparpora Kota Serang,1,Ditbinmas Polda Banten,3,Ditkrimsus Polda banten,1,Ditlantas Polda Banten,17,Ditlantas Polda Lampung,1,Ditlantas Polres Serang Kota,2,Ditnarkoba,1,Ditnarkoba Polda Banten,1,Ditpamobvit Polda Banten,6,Ditpolairud Polada Banten,2,Ditpolairud Polda Banten,5,Ditreskrimsus Polda Banten,1,Ditreskrimum Polda Banten,1,Ditresnarkoba Polda Banten,5,ditsabhara polwan banten,3,Ditsamapta Polda Banten,17,Ditssamapta Polda Banten,4,DJKN Banten,1,DLH Kota Serang,2,Domper Dhuafa,3,DPD KNPI Banten,66,DPD RI,12,DPP KNPI,45,DPR RI,27,DPR-RI,2,DPRD Banten,44,DPRD Kab Serang,17,DPRD Kab Tangerang,1,DPRD Kota Serang,77,dprd kota tangsel,1,DPRD Lebak,96,DPRD Pandeglang,3,DtibinmasPolda Banten,2,e-sport,2,edi ariadi,1,Eki Baehaki,61,Eki Baihaki,14,Eki Baihaki Kab Serang,1,Ekon,1,Ekonomi,592,Ekonomi Arus Baru,1,FAM,1,fatayat NU,1,fjsr,1,FSPP,14,Furtasan Nasdem,1,Fwm,1,Gas Melon,3,Gas Melon Malingping,1,Gempa Banten2019,5,Gemuk,1,GMNI BAnten,1,GNPK,1,Golkar,1,golkar banten,3,GP Ansor Banten,4,GP NasDem,1,Gubernur WH,1,Guci,1,Gunung liman,1,HAMAS,4,Hardi Madu,1,HAri santri,2,hari santri 2018,1,Headline,3,HGN 2018,1,Hibah ponpes,6,Hikmah,9,Hipka,4,HMI,2,HNSI,6,Hukrim,846,Hukum,2,Humas Polres Serang Kabupaten,6,Humas Polres Serang,147,Humas Polres Serang Kota,402,HumasPolres Serang Kota,18,HUT 18 Banten,1,ICMI,1,Ijtima Ulama GPNF,1,IMALA,1,Industri,25,iphone,1,iptek,5,Isbandi,1,ISNU,1,ITE,3,IWO Banten,4,IWO Lebak,10,Jateng,1,Jepara,1,JMSI,7,jni,2,jOKOWI-mARIF amIN,1,Jubir Pancasila,1,Jurus Silat Kaserangan,1,Ka,1,Kab Lebak,2252,Kab Lebak Lebak,1,Kab Pandeglang,724,Kab Serang,1254,Kab Serang Serang,1,Kab Tangerag,63,Kab Tangerang,281,Kab. Serang,7,Kab. Tangerang,5,Kab.Tangerang,5,kabe lebak,1,Kabupaten Serang,11,Kabupaten Tangerang,30,Kadin Kota serang,1,Kahmi,1,KAHMI BAnten,1,KAI,1,Kalimaya Lebak,1,Kampanye damai,2,Kampus,7,kantor Bahasa,1,Kantor Kemenag Pandeglang,3,Kantor Kemenag Serang,1,Kanwil Kemenag Banten,112,Kanwil Kumham Banten,3,Kapal Bosok Curug,2,Kapolda Banten,12,Karang Taruna,9,Kasepuhan Karang,1,Kasn,2,Kebun teh Cikuya,1,Kec Panggarangan,7,Kec Taktakan,1,Kec Angsana,28,Kec Anyer,18,Kec Balaraja,4,Kec Bandung,1,Kec Banjarsari,18,Kec Baros,13,Kec Bayah,217,Kec Bayah Kab Lebak,1,Kec Binuang,2,Kec Bojonegara,9,Kec Bojong,2,Kec Bojongleles,1,Kec Bojongmanik,3,Kec Carenang,7,Kec Carita,3,Kec Cibadak,5,Kec Cibaliung,2,Kec Cibareno,1,Kec Cibeber,25,Kec Cigemblong,7,Kec Cigeulis,4,Kec Cihara,108,Kec Ciharas,1,Kec Cijaku,12,Kec Cikande,12,Kec cikedal,2,Kec Cikesal,1,Kec Cikeudal,1,Kec Cikeusal,5,Kec Cikeusik,6,Kec Cikulur,5,Kec Cileles,3,Kec Cilograng,20,Kec Cimanggu,4,Kec Cimanuk,4,Kec Cimarga,3,Kec Cinangka,13,Kec Ciomas,4,Kec Cipanas,9,Kec Cipeucang,1,Kec Cipocok,17,Kec Cipocok Jaya,7,Kec Cirinten,1,Kec Ciruas,16,Kec Cisata,2,Kec Ciwandan,1,Kec Curug,44,Kec CurugBitung,7,Kec Gunung Kaler,2,Kec GunungKencana,9,Kec Gunungsari,3,Kec Jambe,1,Kec Jatiuwung,1,Kec Jawilan,2,Kec Kaduhejo,1,Kec Kalang Anyar,2,Kec Karangtengah,1,Kec Kasemen,38,Kec Kibin,4,Kec Kopo,7,Kec Koroncong,1,Kec Kragilan,8,Kec Kramatwatu,9,Kec Kresek,3,Kec Labuan,6,Kec Lebak Gedong,15,kec lebak wangi,1,Kec LebakGedong,1,Kec LebakWangi,2,Kec Leuwidamar,3,Kec Maja,2,Kec Majasari,1,Kec Malingping,119,Kec Mancak,24,Kec Mandalawangi,2,Kec Mauk,1,Kec Menes,7,Kec Muncang,1,Kec Munjul,4,Kec Pabuaran,15,Kec Padarincang,10,Kec Pagelaran,11,Kec Pamarayan,12,Kec Panggarangan,50,Kec Panimbang,3,Kec Panongan,2,Kec pasar Kemis,1,Kec Patia,7,Kec Petir,6,Kec Picung,1,Kec Pontang,5,Kec Puloampel,5,Kec Pulosari,2,kec rajeg,1,Kec Rangkasbitung,17,Kec Sajira,13,Kec Saketi,4,Kec Sepatan,2,Kec Serang,20,kec sindangresmi,7,Kec Sobang,8,Kec Solear,1,Kec Sukaresmi,13,Kec Sumur,3,Kec Taktakan,44,Kec Tanara,3,Kec Tigaraksa,1,Kec Tirtayasa,15,Kec Tunjung Teja,5,Kec Tunjungteja,1,Kec Walantaka,91,Kec Wanasalam,37,kec Waringin kurung,1,Kec Warunggunung,12,kec. Cibeber,1,Kec. Cilograng,1,kec. Curugbitung,1,Kec. Maja,1,Kec. Saketi,1,Kec. Serang,1,Kec.Cilograng,1,Kec.Saketi,1,Keca Sajira,1,Kecamatan Bayah,1,Kecamatan Binuang,1,Kecamatan Curug,1,Kecamatan Jombang,1,Kecamatan Pontang,1,kecamatan taktakan,1,Kecamatan Tirtayasa,1,KecCigeulis,1,KecCikedal,1,KecMancak,1,KecSerang,1,Kejari Lebak,2,Kejari Pandeglang,6,Kejari Serang,1,Kejati Banten,21,Kel Cijoro Pasir,1,Kel Curug,1,Kel Curugmanis,2,Kel Kaligandu,1,Kel Kalodran,3,Kel Karundang,1,kel kepuren,2,kel kiara,1,Kel Kota Baru,2,Kel Lebak wangi,4,Kel Lontar Baru,1,Kel Lopang,1,kel margaluyu,1,Kel Pabuaran,3,Kel Pager Agung,2,kEL pANCUR,1,Kel Pangampelan,2,kel pasuluhan,2,kel pengampelan,1,Kel pipitan,1,kel sepang,1,kel sukajaya,1,Kel Taktakan,4,Kel Tegal Sari,2,Kel teritih,3,Kel Terumbu,1,kel warungjaud,1,Keluahan Lopang,1,Kelurahan Pager Agung,1,Kelurahan Taktakan,1,kemen LHK,1,Kemenag,84,Kemenag Cilegon,1,Kemenag kab Serang,3,Kemenag Kota Serang,25,Kemenag Kota Tangerang,1,Kemenag Lebak,7,Kemenag Pandeglang,2,Kemenag Tangsel,2,kemendes,2,KemenESDM,2,kemenkes,2,kemenparekraf,3,Kemenperin,33,kemenpora,1,kemensos,1,Kementan,3,kemnaker,1,kesehatan,27,Keu dan Bank,6,Khazanah,36,Kiprah,62,kirab satu negeri,1,KMB,9,KNPI,67,KNPI Banten,44,KNPI Cilegon,11,KNPI Kab Serang,15,KNPI Kab Tangerang,3,KNPI Kota Cilegon,2,KNPI KOta Serang,42,KNPI Kota Tangerang,2,KNPI Kota Tangsel,3,KNPI Lebak,15,KNPI Pandeglang,17,KNPI Tangerang,10,KNPI Tangsel,7,Kodam III/siliwangi,6,Kodim 0601/Pandeglang,35,Kodim 0602/Serang,32,Kodim 0603/Lebak,19,Kodim Lebak,4,kodim serang,2,Kominfo,1,Komunitas Bela Indonesia,2,Koni Kota Serang,1,konomi,1,kopassus,1,Koperasi,2,Koramil 0201/serang,7,Koramil 0213/Padarincang,2,Koramil 0217/Walantaka,1,Koramil 0223/Pontang,1,Koramil 0226/Carenang,1,Koramil 0314/Panggarangan,3,Koramil 0315/Bayah,7,Koramil Bayah,1,Korem 052 wijayakrama,1,Korem 064/my,127,Kota Serang,3,Kota Cilegon,213,Kota Serang,2071,kota Serang kepolisian,1,Kota Seranng,1,Kota Tagerang,5,Kota Tangerang,195,Kota Tangsel,107,Kotas Serang,2,KotaTangerang,5,KP3b,71,KPID,2,kpk,1,kpta serang,1,KPU Kab Serang,4,KPU KOta Serang,7,Kpud lebak,1,KTP Tercecer,1,Kumala,5,LakaLaut,4,Lampung,4,Lapas,3,Lapindo,1,Laz Harfa,5,lebak,1249,Lebak Smart Tax,1,legislatif,4,Lingkungan Hidup,8,Lion air,1,LKBH Sinarmadani,1,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,LMPI,10,lmpi kota serang,1,LPI,4,MA,1,Madrasah Cigemuk,1,Madrasah DIniyah,1,Madrasah Kota Serang,1,Madu Cingagoler,1,Malingping,1,Masjid Agung Kota Serang,1,Matel,12,Mathlaul Anwar,4,Menag Lukman,1,menpan RB,1,Mesjid Agung kota Serang,2,MOI,1,Muhamad Ilham,1,Muhammadiyah,1,MUI,1,NasDem,15,Nasdem Kota Serang,2,Nasdem Lebak,2,nasional,701,Nasrul Ulum,2,Ninja Banten Selatan,1,Nuantara,1,Nusantara,97,Olahraga,1,ombudsman banten,6,Operasi Mantap Brata Kalimaya 2018,2,opini,135,P3-TGAI,1,Padang,1,Pakta Integritas Prabowo,1,pandeglang,258,Pangdam III/Siliwangi,1,Parlemen,334,Partai Bulan Bintang,6,Partai Demokrat,29,Partai Gerindra,50,Partai Golkar,26,Partai Hanura,1,Partai Nasdem,48,Partai PAN,15,Partai PDIP,6,Partai PKB,7,Partai PKS,23,partai PP,1,Partai PPP,85,Partai PSI,2,Pasar,2,pasir bayah,1,pasir cihara,20,Pasir Pulomanuk,4,Patai PPP,1,Patia,1,PC PMII Lebak,2,PCNU Lebak,1,PDIP Banten,1,Pelabuhan,1,Pelabuhan Bakauheni,4,Pelabuhan Merak,16,Peluang,3,Pemilu,1,Pemilu2019,1,PemkaB Lebak,7,pemkab serang,1,pemkot cilegon,1,Pemkot serang,1,pemuda Muhammadiyah,1,Pemuda Pancasila,1,Pemutakhiran mandiri,1,pendidikan,589,Pengusaha Malingping,1,Perbankan,7,Perda Diniyah,1,Perlemen,1,Perpam Banten,1,perpam cikeusik,1,Pers,2,Persis Banten,1,Persit Korem,2,Perumahan Polda Banten,1,PGMI Cihara,1,PII,1,Pilbu Serang,1,Pilbup Pandeglang,9,Pilbuptangerang,1,Pilkada2020,88,Pilkades,6,Pilkda Kab Serang2020,1,Pilpres,2,Pilpres2019,3,PKBM Melati Tigaraksa,1,PKS Banten,7,PMI Banten,2,PMI Malingping,1,pmii,6,PMII KOta Serang,1,PMII UNIBA Kota Serang,1,PN Pandeglang,9,Polairud Banten,8,Polda Banten,433,Polda Banten Dirkrimsus Polda Banten,1,Polda Baten,1,Polda Lampung,20,Polek Tanahara,1,Politik,3,polre Lebak,1,Polres Cilegon,124,Polres Kab Serang,8,Polres Kota Serang,1,Polres Lebak,157,Polres Metro Tangerang Kota,1,Polres Pandeglang,75,Polres Serang,197,Polres Serang Kabupaten,6,polres serang kota,156,Polres Tangerang,5,Polres Tangsel,1,PolresLebak,1,PolresSerang Kota,3,Polresta Bandarlampung,26,Polresta Serang,6,Polresta Tangerang,94,Polsek,1,Polsek Balaraja,3,Polsek Balarajar,1,Polsek Baros,6,Polsek Bayah,51,Polsek Bojonegara,2,Polsek Bojongmanik,1,polsek cadasari,2,Polsek Carenang,1,Polsek Cibeber,4,Polsek Cijaku,3,Polsek Cikande,5,Polsek Cikeusal,3,Polsek Cikeusik,2,polsek cikupa,1,Polsek Cilegon,4,polsek cileles,1,Polsek Cilograng,7,Polsek Cimarga,1,polsek cinangka,1,Polsek Cipanas,1,Polsek Cipocok,28,Polsek Cirinten,1,Polsek Ciruas,8,Polsek Ciwandan,2,Polsek Curug,11,Polsek CurugBitung,1,Polsek Jawilan,1,Polsek Kasemen,12,Polsek Kopo,1,Polsek Kragilan,2,Polsek Kramatwatu,3,Polsek KSKP Merak,1,polsek labuan,1,Polsek Lebak Gedong,1,Polsek Maja,2,Polsek Malingping,9,polsek mancak,3,polsek menes,1,Polsek Pabuaran,30,Polsek Padarincang,4,polsek pagelaran,2,Polsek Pamarayan,2,polsek panggarangan,10,Polsek Panimbang,1,Polsek Panongan,1,Polsek Patia,2,Polsek Petir,1,Polsek Pontang,2,Polsek Puloampel,3,Polsek Pulomerak,3,Polsek Rangkasbitung,3,Polsek Serang,27,Polsek Serang Kota,4,Polsek Taktakan,6,Polsek Tirtayasa,2,Polsek Walantaka,19,Polsek Walantakan,1,Polsek Waringinkurung,4,Polsek Warunggunung,2,Polwan Polda Banten,1,Polwan Sabhara,1,pon xx papua,1,Pontren Darul ulum,1,Pontren Riyadul Awamil,1,Pospeda,1,PPKm darurat,44,PPP Kota Serang,1,Prabowo Sandi,1,PT Mikwang,3,PT SBJ,1,PTML-YDCI,1,PUPR Banten,1,PWI Banten,30,Pwi Kab Serang,5,PWI Kab Tangerang,1,PWI Kota Serang,9,PWI LEBak,5,PWI Pandeglang,2,radiasi,2,Ragam,197,Rajawali Nusantara,3,Ranmor,3,Relawan Kemanusiaan Banten,1,Revitalisasi Banten lama,2,Riyadul awamil,1,RSKM Cilegon,1,rsud malingping,7,S erang,1,Sahabat Polisi,1,Samapta Polda Banten,1,Sambako,1,Samsat Malingping,34,Samsat Pandeglang,1,sapras,5,Satbrimob Polda Banten,13,Satbrimobda Banten,18,Satlantas Polres Lebak,3,Satlantas Polres Pandeglang,1,Satlantas Polres Serang,10,Satlantas Polres Serang Kota,4,Satlantas Polresta Bandar Lampung,1,Satpol PP Lebak,1,Satreskrim Polres Pandeglang,2,Satreskrim Polresta Tangerang,1,Satreskrim Resmob Polresta Tangerang,1,Satresnarkoba Polres Cilegon,1,Satresnarkoba Polres Pandeglang,1,Satresnarkoba Polres Serang,4,Satresnarkrim Polres Serang Kota,1,seba,3,Sembako,101,Serang,2236,Serang Banten,48,Serang Hukrim,1,Serang Kota,1,Serang Serang,1,serang.Kota Serang,1,SerangRaya,4,Seranng,2,SMAN 1 CIbadak,1,SMAN 13 Tangerang,1,smartphone,2,SMKN 1 Bayah,1,SMKN 1 Pulo Ampel,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,SMSI,8,Sorotan,2,Sosok,15,SPN Mandalawangi Kab Pandeglang,1,sRANG,1,STIH Painan,7,STKIP Jawilan,1,STKIP Setia Budi,1,Suara Mahasiswa,176,Subadri Usuludin,1,suda miskin,1,SUMBAR,10,Surakarta,1,tagerang,5,Tambang Emas Bayah,37,tangerang,452,Tangsel,18,Tatu Chasanah,33,TB Amri,1,Tegal,1,teknologi,11,Teminal Cipocok,1,Terminal Cipocok,4,tidur,1,TNI,132,TNI-AL,2,TNI-POLRI,106,TPSA Cilowong,2,Tradisi siraman,1,Tsunami Anyer,84,Tsunami Selat Sunda,66,Uhen PPP,2,UIN,3,Ujung Kulon,1,Ulum-Eki,12,UMKKM,1,UMKM,117,Unbaja Serang,1,Uniba,2,UNis,3,Unma Banten,7,Unpam,1,Unsera,1,Untirta,5,UPH Banten,67,UPH Banten. Christina Florensya Mandagi,1,UPH Jakarta,5,VESBanten,1,video,1,Wahidin Halim,1,Wakapolda Banten,2,Wirausaha,18,Wisata,2,Wisata Minat Khusus dan Petualangan,1,Xiaomi,1,Yonif 320/BP,3,ziarah,1,
Nama

ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Saat Sang Putra Daerah Melukis Tubuh dan Menoreh Prestasi
Saat Sang Putra Daerah Melukis Tubuh dan Menoreh Prestasi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhWK7Xza6zLXupWkvGVgQRgEyywNWHEcCFAI5DjyFP3jxABvKiLN2vui_7tFJehSxGIGPwWEeN_sdkDfanNn2LJ6HFXRZ2QEyMyCkXQ-prvW2_o52fmAe2axKlYuw6AKaVu_sCQT89BmZXv/s640/IMG_0348.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhWK7Xza6zLXupWkvGVgQRgEyywNWHEcCFAI5DjyFP3jxABvKiLN2vui_7tFJehSxGIGPwWEeN_sdkDfanNn2LJ6HFXRZ2QEyMyCkXQ-prvW2_o52fmAe2axKlYuw6AKaVu_sCQT89BmZXv/s72-c/IMG_0348.JPG
Berita Banten - Banten Ekspose
https://www.bantenekspose.com/2019/07/saat-sang-putra-daerah-melukis-tubuh.html
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/2019/07/saat-sang-putra-daerah-melukis-tubuh.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content