Menperin Minta Proyek Fiber Optik Palapa Ring Gunakan Produk Lokal

Bantenekspose.com - Menteri Perindustrian Saleh Husin meminta proyek pembangunan jaringan fiber optik Palapa Ring menggunakan produk...



Bantenekspose.com - Menteri Perindustrian Saleh Husin meminta proyek pembangunan jaringan fiber optik Palapa Ring menggunakan produk yang telah mampu dihasilkan industri dalam negeri. Proyek strategis nasional ini juga diharapkan mendorong ekonomi digital dan pemerataan akses komunikasi serta informasi di Indonesia.

"Kita sudah punya 10 perusahaan produsen fiber optik dengan kemampuan produksi 1,64 juta kilometer per tahun. Jika produksi ini diserap maka dengan sendirinya menciptakan nilai tambah dan lapangan kerja," kata Menperin pada Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dan Perjanjian Penjaminan Proyek Palapa Ring Paket Tengah di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Proyek ini menjangkau daerah-daerah di Indonesia yang dibagi dalam tiga paket wilayah yaitu barat, tengah dan timur. Panjang jaringan fiber optik mencapai sekitar 10.800 km.

"Harapan kami kepada Menteri Komunikasi dan Informatika agar dapat memerintahkan jajarannya untuk mewajibkan penggunaan produk dalam negeri kepada pemenang tender Palapa Ring ini," ujar Saleh dalam siaran persnya.

Turut hadir Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Komite Percepatan Pembangunan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara, dan Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro.

Perjanjian kerjasama itu antara Menkominfo dengan PT LEN Telekomunikasi Indonesia dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia. Menteri Kominfo Rudiantara mengatakan, pihaknya menargetkan pembangunan rampung pada 2018. "Sedangkan di awal tahun 2019, kami harapkan mulai beroperasi," katanya.

Proyek senilai Rp 8,5 triliun ini telah digagas oleh Pemerintah lebih dari 11 tahun yang lalu. Jaringan telekomunikasi yang akan dibangun melalui proyek Palapa Ring ini akan membantu menyediakan sarana telekomunikasi yang memang sangat dibutuhkan di era informasi dan globalisasi, khususnya kepada masyarakat Indonesia didaerah tertinggal.

Produk fiber optik Indonesia telah diekspor ke India, Malaysia, Singapura, Nepal, Iran dan lain-lain serta telah memenuhi standar internasional.

Untuk itu, lanjut Menperin, seharusnya dalam proyek Palapa Ring terutama oleh PT. LEN Industri, ini juga dapat melibatkan produsen dalam negeri, sehingga akan berdampak pada peningkatan penyerapan tenaga kerja, dan akhirnya meningkatkan taraf perekonomian bangsa.

Terbangunnya konektivitas sistem prasarana dan pangkalan data ke tiap simpul jaringan yang akan dibentuk, juga perlu disiapkan dan melibatkan para start-up lokal untuk membangun aplikasi sistem informasi (pengembangan aplikasi/konten) yang sesuai dengan prioritas pembangunan Rencana Pita Lebar yang tercantum pada Perpres Nomor 96 Tahun 2014, yaitu e-Pemerintahan, e-Kesehatan, e-Pendidikan, e-Logistik, dan e-Pengadaan.

"Harapan kita semua dengan diwujudkannya Proyek Palapa Ring Paket Tengah ini, kegiatan ekonomi dari hulu sampai hilir dapat dikerjakan dan menggunakan sumber daya lokal, mulai dari konten, data center, cloud computing, satelit, kabel optik, dan perangkat jaringan," ujar Menperin.

Penggunaan Produk Dalam Negeri dalam proyek pemerintah sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012.

"Presiden Jokowi, dalam dalam Rapat Terbatas 23 Februari 2016 yang lalu telah menginstruksikan dengan keras kepada Kementerian dan BUMN untuk membeli produk daam negeri," tegas Saleh mengingatkan. Dalam pelaksanaannya, juga melibatkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan audit terkait penerapan TKDN dalam pengadaan barang dan jasa. (sg)

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,AKFC Serang,1,Aktifis Menulis,2,Ali Hanafiah,2,Amin Ma'ruf,1,APGI BAnten,1,banten,267,BKM Curug,1,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Ciagel kibin,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Desa Kumpay,1,Desa Kuta mekar,1,Desa Kutamekar Pandeglang,1,Desa panyaungan,1,Dinas Pertanian dan Peternakan,1,DLH Kota Serang,1,Ekon,1,Ekonomi,86,Ekonomi Arus Baru,1,Furtasan Nasdem,1,Gas Melon Malingping,1,Hardi Madu,1,Hikmah,19,Ijtima Ulama GPNF,1,Industri,5,iptek,19,IWO Banten,1,jOKOWI-mARIF amIN,1,Jurus Silat Kaserangan,1,Kab Lebak,590,Kab Pandeglang,90,Kab Serang,82,Kab Tangerang,115,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,11,Kabupaten Tangerang,23,Kampanye damai,2,Kemenag Kota Serang,1,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,2,KNPI KOta Serang,18,KNPI Tangsel,2,kodim serang,1,konomi,1,Korem 064/my,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,336,Kota Tagerang,3,Kota Tangerang,141,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangerang Selatan,2,Kota Tangsel,43,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,KPU KOta Serang,1,Kpud lebak,1,KTP Tercecer,1,Lapindo,1,lebak,821,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,Madrasah Cigemuk,1,Madrasah DIniyah,1,Madrasah Kota Serang,1,Madu Cingagoler,1,Mesjid Agung kota Serang,2,NasDem,2,Nasdem Kota Serang,1,Nasdem Lebak,1,nasional,273,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,17,opini,24,Pakta Integritas Prabowo,1,pandeglang,113,Parlemen,27,PC PMII Lebak,1,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,Pemutakhiran mandiri,1,pendidikan,102,Pengusaha Malingping,1,Perbankan,6,Perumahan Polda Banten,1,Pilbuptangerang,1,Pilpres2019,3,PKBM Melati Tigaraksa,1,PKS Banten,1,PMI Banten,1,PMII KOta Serang,1,PMII UNIBA Kota Serang,1,Polda Banten,2,polres serang kota,1,Polsek Pabuaran,1,Prabowo Sandi,1,Ragam,15,Satpol PP Lebak,1,Serang,438,serang.Kota Serang,1,SMAN 13 Tangerang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,336,Tangsel,12,teknologi,20,Uhen PPP,1,UMKM,16,Universitas Pelita Harapan.Christina Florensya Mandagi,1,UPH Banten,1,video,4,Wirausaha,18,Wisata,1,Wisata Minat Khusus dan Petualangan,1,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Menperin Minta Proyek Fiber Optik Palapa Ring Gunakan Produk Lokal
Menperin Minta Proyek Fiber Optik Palapa Ring Gunakan Produk Lokal
https://2.bp.blogspot.com/-KlqwNkHAs3U/VtxvvhTRUjI/AAAAAAAADmw/E4tpvvZR7HI/s400/industri.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-KlqwNkHAs3U/VtxvvhTRUjI/AAAAAAAADmw/E4tpvvZR7HI/s72-c/industri.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
https://www.bantenekspose.com/2016/03/menperin-minta-proyek-fiber-optik.html
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/2016/03/menperin-minta-proyek-fiber-optik.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy