Keutamaan Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan

Gerakan-gerakan sholat untuk kesehatan  tubuh begitu banyak.  Sholat  adalah ibadah wajib yang terdiri dari ucapan dan perbuatan yang dia...

Gerakan-gerakan sholat untuk kesehatan tubuh begitu banyak. Sholat adalah ibadah wajib yang terdiri dari ucapan dan perbuatan yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Shalat ternyata tidak hanya menjadi amalan utama di akhirat nanti, tetapi gerakan-gerakan shalat paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Bahkan dari sudut medis, shalat adalah gudang obat dari berbagai jenis penyakit.

Shalat merupakan salah satu kewajiban bagi setiap muslim. Sebuah ibadah mulia yang mempunyai peran penting bagi keislaman seseorang. Sehingga Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengibaratkan shalat seperti pondasi dalam sebuah bangunan.
Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam bersabda yang artinya :


"Islam dibangun di atas lima hal : bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah dan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah utusan Allah, menegakkan shalat…." (HR Bukhâri dan Muslim).

Hikmah Manfaat Tujuan Fungsi Shalat

Kondisi umat saat ini lebih banyak yang menjadikan sholat sekadar rutinitas saja sehingga tidak terasa manfaatnya. Lihat saja, saat kita ketinggalan pesawat apakah kita menangis? Ya! Saat kita ingin membeli sesuatu namun tokonya tutup apakah kita menangis dan bersedih?

Masyarakat kita saat ini kondisinya memang parah sekali. Jangankan sholat di awal waktu berjama’ah di masjid. Banyak yang tidak sholat. Mengapa tidak merasakan manfaat sholat? Karena kita take and give dengan Tuhan kita. Kita inginnya Tuhan memberikan kesenangan kepada kita baru kita balas dengan sholat. Seolah-olah semuanya ini hanya jual beli semata.

Padahal kita lahir, bernafas, degup jantung berdetak setiap saat dan semuanya itu gratis dari Allah. Kita inginnya dapat uang, baru sholat, saat mendapat kesenangan, baru sholat. Kita inginnya Allah kelihatan nyata baru kita sembah. Tidak mau memikirkan dulu, mengimani dulu. Materialisme mulai merambah masyarakat kita. Sadar atau tidak itu telah terjadi masyarakat kita.

Dan diantara dalil Al-Qur'an hadist tentang keutamaan manfaat shalat antara lain adalah sebagai berikut :

"Maka apabila kamu telah menyelesaikan sholat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS.an Nisa’(4):103)

"Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat." (QS.Hud(11):114)

"Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah sholat untuk mengingat Aku." (QS.Thaha(20):14)

"Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur’an) dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (sholat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS.al‘Ankabut(29):45)

Dan darinya (Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu) bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda : 

"Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian berangkat menuju salah satu masjid Allah untuk menunaikan salah satu kewajiban kepada Allah, maka langkah-langkahnya, yang satu menghapus dosa dan yang lain mengangkat derajat" (HR. Muslim).
Maka dari keterangan diatas, maka kita bisa sedikit menyimpulkan mengenai beberapa keutamaan manfaat sholat antara lain sebagai berikut :

1.     Shalat adalah amalan yang paling utama.
2.     Shalat untuk mengingat Allah.
3.     Shalat untuk menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.
4.     Shalat untuk mencegah perbuatan keji dan mungkar.
5.     Shalat merupakan hubungan langsung manusia dengan Tuhannya.
6.     Merupakan sarana berdekatan dengan Allah SWT. Sebab, semakin sering kita berdekatan dengan Allah SWT maka kita akan semakin untung. Oleh sebab itu, kita harus bersyukur dengan adanya sholat lima waktu.

 

Manfaat Gerakan-Gerakan Shalat

Manfaat Takbiratul Ihram 
Gerakan ini dilakukan pada permulaan salat. Dengan berdiri tegap, mengangkat ke-2 tangan, lalu disedekapkan di depan dada. Gerakan ini akan mambuat pernapasan jadi lancar serta teratur. Selain itu, otot kedua tangan dan bahu akan berkontraksi, sehingga lebih kuat serta kencang.


Gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening ( limfe ) dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar.

Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Manfaat Rukuk
Gerakan ini dilakukan dengan membengkokkan tubuh ke arah depan, sehingga ke-2 tangan bertumpu pada tumit. Waktu gerakan rukuk dilakukan, otot di sekitar punggung sampai pantat akan alami kontraksi. Sementara itu, aliran darah terutama pada bagian tubuh atas akan lebih terasa lancar. Ke-2 tangan yang memegang tumit akan tertarik, sehingga lebih kencang.

Postur posisi tubuh saat ruku ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang ( corpus vertebrae ) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi.

Manfaat Gerakan I’tidal
I’tidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah pencernaan menjadi lebih lancar.

Manfaat Sujud Dalam Sholat
Gerakan ini dilakukan dengan cara meletakkan sisi kepala ke alas lantai, sampai dahi serta ujung hidung menyentuh alas lantai. Sementara itu, jari-jari kaki dibengkokkan serta ke-2 telapak tangan juga menyentuh alas lantai. Sehingga aliran darah ke kepala akan mengalir dengan optimal.

Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, lakukan sujud dengan tumaâninah, jangan tergesa gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. 

Postur posisi tubuh ketika sujud ini juga menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk Diantara Dua Sujud
Posisi tubuh yaitu duduk ada dua macam, yaitu iftirosy ( tahiyyat awal ) dan tawarruk (tahiyyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki.

Manfaat duduk diantara dua sujud dalam shalat bagi kesehatan yaitu ketika duduk iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. 

Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih ( urethra ), kelenjar kelamin pria ( prostata ) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan. dengan benar, postur irfi mencegah impotensi. 

Variasi posisi telapak kaki pada iffirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga. Kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

Salam 
Salam merupakan gerakan jika dilakukan secara optimal dapat bermanfaat untuk menjaga fleksibilitas pembuluh darah jugularis. Berkat kontraksi otot di kepala dan diproduksi oleh zat yang berenergi panas, diperlukkan untuk rehabilitasi terhadap jaringan yang rusak. Salam ke kanan dan kiri secara maksimal, dapat mencegah penyakit kepala dan leher kaku.(net)

COMMENTS

Nama

Abuya Muhtadi,2,Ade Arianto,1,Adi Abdilah,1,Advertorial,3,AKFC Serang,1,Aktifis Menulis,2,Ali Hanafiah,3,Aliyah MA Cigemblong,1,Amin Ma'ruf,1,Andika,1,Anyer,3,APGI BAnten,1,Asep Rahmatullah,1,bank banten,1,Bante,1,banten,480,Banten lama,3,Batalyon Mandala Yudha,1,Bawaslu Banten,3,Berita Kepolisian,78,Bid Kum Polda Banten,1,Biddokkes Polda Banten,3,Bidhum Polda Banten,100,Bidhumas Polda Banten,87,bidpropam polda banten,1,BKM Curug,3,BPJS BANTen,1,Brimob Jabar,2,Brimobda Banten,16,bulog tangerang,1,Catatan Redaksi,2,Ciagel kibin,1,Cibobos,1,CIhara Ciparahu,1,Cilangkahan,280,cilegon,39,Cilograng,2,CPNS Lebak,1,Dandim 0602/Serang,2,Dandim 0603/Lebak,2,Danrem 064/Maualana Yusuf,5,Darul ulum paNyaungan,1,Desa,1,Desa Kumpay,2,Desa Kuta mekar,1,Desa Kutamekar Pandeglang,1,Desa panyaungan,1,Desa Tobat,1,Dinas Pertanian dan Peternakan,1,Dindik Kota Serang,1,Dinkes kota serang,1,Dinkop UMKM,1,Dir Reskrimsus Polda Banten,1,Dirbinmas Polda Banten,2,Dirintelkam Polda Banten,1,Dirlantas,1,Dirlantas Polda Banten,2,Dirnarkoba Polda Banten,2,Dishub Kota Serang,1,Disparpora Kota Serang,1,Ditbinmas Polda Banten,1,Ditkrimsus Polda banten,1,Ditlantas Polda Banten,6,Ditnarkoba,1,Ditpamobvit Polda Banten,3,Ditpolairud Polada Banten,1,Ditpolairud Polda Banten,1,Ditreskrimum Polda Banten,1,Ditresnarkoba Polda Banten,4,ditsabhara polwan banten,3,Ditsamapta Polda Banten,6,Ditssamapta Polda Banten,4,DLH Kota Serang,1,DPD KNPI Banten,4,DPP KNPI,9,DtibinmasPolda Banten,2,Ekon,1,Ekonomi,174,Ekonomi Arus Baru,1,Furtasan Nasdem,1,Gas Melon Malingping,1,Gemuk,1,GMNI BAnten,1,golkar banten,2,Gubernur WH,1,HAMAS,1,Hardi Madu,1,HAri santri,1,hari santri 2018,1,Headline,1,HGN 2018,1,Hikmah,19,Hukrim,392,Hukum,1,HUT 18 Banten,1,Ijtima Ulama GPNF,1,Industri,8,iphone,1,iptek,22,IWO Banten,2,jOKOWI-mARIF amIN,1,Jubir Pancasila,1,Jurus Silat Kaserangan,1,Kab Lebak,802,Kab Pandeglang,177,Kab Serang,234,Kab Tangerag,21,Kab Tangerang,144,Kab. Serang,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,11,Kabupaten Tangerang,28,Kalimaya Lebak,1,Kampanye damai,2,Kampus,6,Kanwil Kemenag Banten,28,Kapal Bosok Curug,2,Kapolda Banten,12,Kasepuhan Karang,1,Kebun teh Cikuya,1,Kec Sobang,1,Kemenag,7,Kemenag Cilegon,1,Kemenag Kota Serang,20,Kemenag Kota Tangerang,1,Kemenag Lebak,6,Kemenag Pandeglang,1,Kemenag Tangsel,1,kesehatan,94,Keu dan Bank,1,Khazanah,28,Kiprah,47,kirab satu negeri,1,KNPI,3,KNPI Banten,24,KNPI Cilegon,8,KNPI Kab Serang,11,KNPI Kota Cilegon,1,KNPI KOta Serang,35,KNPI Lebak,9,KNPI Pandeglang,10,KNPI Tangerang,9,KNPI Tangsel,7,Kodim 0601/Pandeglang,14,Kodim 0602/Serang,8,Kodim Lebak,1,kodim serang,2,Komunitas Bela Indonesia,2,konomi,1,kopassus,1,Koperasi,2,Koramil 0223/Pontang,1,Korem 064/my,31,Kota Cilegon,45,Kota Serag,1,Kota Serang,622,Kota Seranng,1,Kota Tagerang,5,Kota Tangerang,152,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangerang Selatan,3,Kota Tangsel,51,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,KP3b,1,KPU KOta Serang,3,Kpud lebak,1,KTP Tercecer,1,Kumala,1,Lampung,3,Lapindo,1,lebak,987,Lebak Smart Tax,1,Lingkungan Hidup,1,Lion air,1,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,lmpi kota serang,1,Madrasah Cigemuk,1,Madrasah DIniyah,1,Madrasah Kota Serang,1,Madu Cingagoler,1,Malingping,1,Menag Lukman,1,menpan RB,1,Mesjid Agung kota Serang,2,Muhamad Ilham,1,NasDem,2,Nasdem Kota Serang,1,Nasdem Lebak,2,nasional,371,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,39,Operasi Mantap Brata Kalimaya 2018,2,opini,36,Pakta Integritas Prabowo,1,pandeglang,169,Pangdam III/Siliwangi,1,Parlemen,45,Partai Bulan Bintang,1,Patia,1,PC PMII Lebak,1,PCNU Lebak,1,PDIP Banten,1,Peluang,1,Pemilu2019,1,PemkaB Lebak,5,pemkot cilegon,1,Pemutakhiran mandiri,1,pendidikan,234,Pengusaha Malingping,1,Perbankan,7,Perda Diniyah,1,Persit Korem,1,Perumahan Polda Banten,1,PGMI Cihara,1,Pilbuptangerang,1,Pilpres2019,3,PKBM Melati Tigaraksa,1,PKS Banten,2,PMI Banten,1,PMII KOta Serang,1,PMII UNIBA Kota Serang,1,Polairud Banten,7,Polda Banten,244,Polda Banten Dirkrimsus Polda Banten,1,Polda Baten,1,Polda Lampung,9,Polres Cilegon,21,Polres Kab Serang,8,Polres Lebak,17,Polres Pandeglang,13,Polres Serang,32,polres serang kota,24,Polres Tangerang,3,Polresta Bandarlampung,13,Polresta Serang,3,Polresta Tangerang,23,Polsek Curug,1,Polsek Maja,1,Polsek Pabuaran,1,polsek panggarangan,1,Polsek Patia,1,Polsek Pontang,1,Polsek Puloampel,1,Polsek Pulomerak,2,Polsek Serang,1,Polwan Polda Banten,1,Polwan Sabhara,1,Pontren Darul ulum,1,Pontren Riyadul Awamil,1,PPP Kota Serang,1,Prabowo Sandi,1,PWI Banten,1,Pwi Kab Serang,4,radiasi,2,Ragam,25,Ranmor,3,Relawan Kemanusiaan Banten,1,Revitalisasi Banten lama,2,Riyadul awamil,1,RSKM Cilegon,1,Sahabat Polisi,1,Samapta Polda Banten,1,Satbrimobda Banten,6,Satlantas Polres Lebak,1,Satlantas Polres Serang,1,Satlantas Polres Serang Kota,2,Satpol PP Lebak,1,Satreskrim Polres Pandeglang,2,Satreskrim Polresta Tangerang,1,Satreskrim Resmob Polresta Tangerang,1,Satresnarkoba Polres Pandeglang,1,Satresnarkoba Polres Serang,4,Satresnarkrim Polres Serang Kota,1,Serang,763,serang.Kota Serang,1,Seranng,1,SMAN 1 CIbadak,1,SMAN 13 Tangerang,1,smartphone,2,SMKN 1 Pulo Ampel,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sorotan,2,Sosok,17,sRANG,1,STKIP Jawilan,1,Suara Mahasiswa,16,tagerang,5,tangerang,392,Tangsel,14,TB Amri,1,teknologi,28,Teminal Cipocok,1,Terminal Cipocok,4,tidur,1,TNI,13,TNI-POLRI,36,TPSA Cilowong,1,Tradisi siraman,1,Tsunami Anyer,84,Tsunami Selat Sunda,66,Uhen PPP,2,Ujung Kulon,1,UMKM,36,Universitas Pelita Harapan.Christina Florensya Mandagi,1,Unsera,1,UPH Banten,31,UPH Jakarta,3,VESBanten,1,video,4,Wahidin Halim,1,Wakapolda Banten,2,Wirausaha,21,Wisata,1,Wisata Minat Khusus dan Petualangan,1,Xiaomi,1,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Keutamaan Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan
Keutamaan Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan
https://2.bp.blogspot.com/-U68hdiWXqao/WdJ27N0o5jI/AAAAAAAAHrY/AC0ayEpQXR8O3J015Xm8xmqBB_gOhzNhACLcBGAs/s640/shalat.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-U68hdiWXqao/WdJ27N0o5jI/AAAAAAAAHrY/AC0ayEpQXR8O3J015Xm8xmqBB_gOhzNhACLcBGAs/s72-c/shalat.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
https://www.bantenekspose.com/2017/10/keutamaan-manfaat-gerakan-sholat-bagi.html
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/2017/10/keutamaan-manfaat-gerakan-sholat-bagi.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy