Peran SP PLN Untuk Memperkuat Perusahaan dan Kelistrikan Nasional

Oleh : Ir. Jumadis Abda MM, MEng* Organisasi SP PLN adalah organisasi pekerja yang berada pada perusahaan milik negara. Organisasi ini a...

Oleh : Ir. Jumadis Abda MM, MEng*

Organisasi SP PLN adalah organisasi pekerja yang berada pada perusahaan milik negara. Organisasi ini adalah organisasi besar dan strategis yang keberadaanya berada pada perusahaan yang sangat vital dan strategis bagi negara yakni PLN.

Seperti kita ketahui kelistrikan merupakan cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak. Sehingga menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 2 kelistrikan harus dikuasai oleh Negara. Mulai dari sisi hulu di pembangkit sampai ke sisi hilir di distribusi tenaga listriknya.

Karena begitu pentingnya bidang kelistrikan ini maka tidak boleh bagian-bagian dari sektor ini yang dikuasai secara orang per orang melalui perusahaan swasta. Karena menyangkut cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak itu.

Bila kelistrikan nasional ini dikelola secara profesional sesuai dengan semangat landasan konstitusional tersebut di atas maka PLN sebagai perpanjangan tangan negara dan rakyat dalam sektor ini, dapat memberikan kemanfaatan yang luar biasa bagi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Kelistrikan akan halnya energi lain merupakan pondasi ekonomi suatu bangsa. Bila listrik yang dihantarkan tersedia sampai ke seluruh rakyat Indonesia sampai kepelosok negeri, dalam jumlah yang cukup, andal dan tarif yang kompetitif bisa lebih murah dibandingkan dari negara- negara sekawasan maka ekonomi Indonesia akan menggeliat, mendorong investasi, menciptakan lapangan kerja dan tentu saja pada akhirnya mensejahterakan masyarakat Indonesia.

Arah profesionalitas pengelolaan PLN sesungguhnya sudah terdapat di visi dan misi PLN sendiri. Visi PLN mengatakan "Diakui sebagai perusahaan kelas dunia, yang bertumbuh kembang, unggul dan terpercaya dengan bertumpu pada potensi insani". Demikian juga dengan misi PLN yang kalau kita ringkas intisarinya adalah menghadirkan listrik yang memuaskan stake holdernya, sebagai penggerak perekonomian untuk menciptakan kehidupan bangsa yang lebih baik.

Posisi strategis dan merupakan kebutuhan dasar bagi seluruh komponen masyarakat inilah sehingga wajar banyak pihak yang ingin 'terlibat dan menguasai' sektor ini. Kalau perlu masuknya mereka atas nama ketidakmampuan perusahaan negara dalam mengelola sektor ini. Seolah-olah PLN tidak mampu menghadirkan kebutuhan dasar ini. Oleh sebab itulah dimasa lalu sampai saat ini segelintir pihak yang perkepentingan mengkondisikan agar PLN seolah-olah tidak mampu mengelola kelistrikan ini. Seperti masih terjadinya pemadaman atau krisis listrik di banyak lokasi atau daerah di Indonesia. Tarif listrik yang semakin lama semakin tidak terkendali yang menyusahkan masyarakat dan lebih parah lagi terjadinya de-industrialisasi di Indonesia. Sudah banyak kasus de-industrialisasi ini karena harga listrik yang tidak kompetitif. Kalah bersaing dengan negara lain.

Salah satu cara yang paling mudah mengkondisikan PLN tersebut seolah-olah tidak mampu mengurus kelistrikan nasional ini adalah dengan menunjuk dan mengangkat manajemen puncak PLN yang tidak profesional juga.

Akhir-akhir ini kita malah terkaget-kaget ketiga manajemen PLN yang digaji oleh PLN justeru lebih banyak berperan untuk pihak yang ingin 'terlibat' dalam kelistrikan ini. Terutama di sektor pembangkit yang memberikan kepastian keuntungan yang tinggi. Justeru manajemen PLN yang bekerja memuluskan dan memperbesar 'peran' swasta itu malah dapat penghargaan (detik.com 24/11-2016). Padahal dengan melibatkan swasta dalam sektor strategis itu disamping tidak sesuai UUD 1945 pasal 33 ayat 2 tersebut di atas juga semakin mengkerdilkan PLN sebagai perusahaan listrik negara yang bertentangan dengan visi PLN sendiri.

Di sinilah SP PLN merasa terpanggil untuk mengingatkan, mengoreksi dan meluruskan. SP PLN tidak ingin pengingkaran terhadap landasan konstitusional negara dan visi PLN akan membawa kesengsaraan kepada bangsa Indonesia. Kita khawatir dengan pengkhianatan terhadap konstitusi dan visi PLN tersebut maka semangat menghadirkan listrik yang cukup, andal dan harga yang kompetitif tadi justeru terjadi sebaliknya. Bila pembangkit dikuasai swasta atau perusahaan perorangan pasti harga listrik lebih mahal yang justeru menghancurkan ekonomi negara ini.

SP PLN hadir tidak saja berkonstribusi meningkatkan kinerja perusahaan yang juga berimbas kepada kesejahteraan pegawainya, namun lebih dari itu terpaksa harus terlibat untuk menjaga perusahaan ini dari kalangan internal yang tidak profesional yang bukan bekerja untuk PLN itu, maupun dari kalangan eksternal yang berusaha untuk mengintervensi PLN agar PLN dapat dijadikan sebagai bancakannya, mengaruk keuntungan yang sebesar-besarnya sehingga merugikan PLN dan masyarakat Indonesia.

Mengingat peran yang terpaksa harus digeluti oleh SP PLN inilah, maka oleh sebab itu diperlukan organisasi yang kuat dan solid dan tidak mudah dipecah-pecah untuk diperlemah. Salah satu caranya adalah dengan 'workshop sosialisasi legal standing dan peran SP PLN memperkuat perusahaan' yang sampai ke seluruh anggota dari Sabang sampai Merauke. Karena upaya pelemahan PLN baru bisa dilakukan dengan memperlemah SP PLN terlebih dahulu.

Apalagi upaya-upaya pelemahan itu sangat kasat mata terjadi. Salah satunya seperti yang dihembuskan dan dikampanyekan oleh manajemen PLN sendiri 'multi union labor'. Banyak-banyak-lah bikin organisasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh di PLN. Sepuluh orang bisa kok bikin Serikat Pekerja. Demikian kampanyenya yang dibungkus dalam road show "Pembinaan Hubungan Industrial". Menghabiskan biaya untuk kegiatan kontra produktif itu.  Yang justeru hasilnya diharapkan SP PLN lemah sehingga sesama pegawai saling bergesekan sehingga tidak sempat lagi menjaga perusahaan milik negara ini. Tentu saja pada akhirnya PLN akan lebih mudah untuk dikuasai oleh kepentingan segelintir orang tersebut.

Beberapa suara dan aksi yang sudah dilakukan oleh SP PLN yang memberikan benefit karena perkuatan SP PLN dan peran SP PLN untuk meningkatkan kinerja PLN dan menjaga PLN.

Pertama dari penyelamatan realisasi pembangunan pipa gas Kepodang-Tambaklorok mampu memberikan penghematan kepada PLN sekitar Rp. 3 T/tahun. Yang oleh manajemen PLN terkatung-katung selama 6 tahun, karena tidak berani bersuara/melawan  penguasa-pengusaha (pengpeng). Kedua harga PLTMH yang kita tolak keras karena berorientasi menguntungkan pihak tertentu melalui Permen ESDM. Sehingga kembali keharga dasar yang ditetapkan PLN. Ketiga yang terbaru penyelamatan kemungkinan kerugian PLN dalam program 35.000 MW. Kita bahkan sampai ke teman - teman KPK untuk berdiskusi dan pelaporkan untuk dicegah. Kalau tidak dikoreksi menjadi sekitar 20.000 MW saja maka Rp. 140 T/tahun kerugian PLN akibat over suplay (reserve margin 80%) dan take or pay.

Sekarang pemerintah sudah mulai mendengar SP PLN bahwa yang akan dibangun 19.700 MW. Persis sama dengan suara SP PLN. Berarti SP PLN telah menyelamatkan keuangan negara yang luar biasa besarnya.

Belum lagi kalau seandainya gas domestik diturunkan harganya seperti yang kita suarakan waktu aksi damai 21 April yang lalu di Istana Negara, ESDM dan Menko Maritim. Disamping bisa dinikmati oleh industri nasional maka bila gas untuk pembangkit PLN juga diturunkan maka sekitar Rp. 20 T / tahun penghematan PLN. Tarif listrik-pun bisa diturunkan sehingga semakin mengairahkan perekonomian nasional.

Semua itu harus berani kita akui adalah suara SP PLN bukan suara Direksi/ Manajemen PLN. Itu bisa dilakukan dengan kebersatuan kita termasuk melalui Workshop Sosialisasi Perkuatan sampai ke anggota di seluruh Indonesia.

Banyak lagi perjuangan yang lain yang butuh kebersamaan dan kebersatuan setiap anggota SP PLN untuk itu.

PR kita berikutnya yang masih berjalan dalam perjuangan dalam kelistrikan nasional kita adalah penyerahan sektor pembangunan pembangkit kepada swasta yang mengkhianati UUD 1945 pasal 33 ayat 2 itu.

Penyerahan ini justeru diakomodir oleh manajemen PLN. PLN bukan dibuat semakin besar dan bertumbuh kembang malah semakin kerdil yang kontradiktif dengan visi PLN.

SP PLN yang harus turun tangan untuk mencegah penyerahan ini ke swasta dan sekaligus perkedilan perusahaan ini. Yang nota bene dilakukan atau diakomodir oleh pejabat PLN yang justeru makan gaji oleh PLN. Tapi mereka rela mengkhianatinya.

Disamping itu perjuangan perkuatan internal juga perlu kita lakukan. Menolak upaya pelemahan PLN dari dalam dengan kebijakan-kebijakan yang dibuat melanggar UU dan PKB, membuat PLN semakin  kerdil dan kehilangan kompetensinya termasuk adanya udang dibalik batu untuk kepentingan pihak tertentu. Semua ini perlu kebersamaan setiap anggota SP PLN untuk bersuara demi perusahaan.

Itu sebagian dari keberhasilan PERKUATAN SP PLN UNTUK PERUSAHAAN. Banyak lagi yang lain. SP PLN bertekat untuk terus dan selalu memberikan konstribusinya yang positif untuk perusahaan demi kemashalatan orang banyak. Demi bangsa dan negara. Walau banyak tantangan termasuk upaya pelemahan SP PLN dan union busting serta kriminalisasi terhadap aktivisnya. Inilah perjuangan yang memerlukan pengorbanan.

Akhirnya kita dapat mengungkapkan  sbb;

"Kita semua bisa melihat siapa yang melakukan pemborosan dan siapa yang berjuang untuk penghematan."

"Kita bisa melihat siapa yang bekerja untuk PLN dan siapa yang berkhianat kepada PLN.

* Penulis adalah Ketua Umum SP PLN

COMMENTS

Nama

Abuya Muhtadi,1,Ade Arianto,1,Adi Abdilah,1,Advertorial,3,AKFC Serang,1,Aktifis Menulis,2,Ali Hanafiah,3,Aliyah MA Cigemblong,1,Amin Ma'ruf,1,Andika,1,APGI BAnten,1,Asep Rahmatullah,1,bank banten,1,Bante,1,banten,328,Banten lama,3,Batalyon Mandala Yudha,1,Bawaslu Banten,2,BKM Curug,3,BPJS BANTen,1,Brimob Jabar,2,Brimobda Banten,3,bulog tangerang,1,Ciagel kibin,1,Cibobos,1,CIhara Ciparahu,1,Cilangkahan,280,cilegon,25,CPNS Lebak,1,Dandim 0603/Lebak,1,Danrem 064/Maualana Yusuf,1,Darul ulum paNyaungan,1,Desa,1,Desa Kumpay,2,Desa Kuta mekar,1,Desa Kutamekar Pandeglang,1,Desa panyaungan,1,Desa Tobat,1,Dinas Pertanian dan Peternakan,1,Dinkes kota serang,1,Dishub Kota Serang,1,Ditlantas Polda Banten,3,ditsabhara polwan banten,1,DLH Kota Serang,1,Ekon,1,Ekonomi,108,Ekonomi Arus Baru,1,Furtasan Nasdem,1,Gas Melon Malingping,1,Gemuk,1,GMNI BAnten,1,golkar banten,2,Gubernur WH,1,Hardi Madu,1,HAri santri,1,hari santri 2018,1,HGN 2018,1,Hikmah,19,HUT 18 Banten,1,Ijtima Ulama GPNF,1,Industri,6,iptek,20,IWO Banten,2,jOKOWI-mARIF amIN,1,Jubir Pancasila,1,Jurus Silat Kaserangan,1,Kab Lebak,648,Kab Pandeglang,101,Kab Serang,109,Kab Tangerag,6,Kab Tangerang,122,Kab. Lebak,5,Kab. Serang,1,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,11,Kabupaten Tangerang,24,Kalimaya Lebak,1,Kampanye damai,2,Kanwil Kemenag Banten,1,Kapal Bosok Curug,2,Kapolda Banten,2,Kasepuhan Karang,1,Kebun teh Cikuya,1,Kec Sobang,1,Kemenag Kota Serang,2,Kemenag Lebak,1,kesehatan,89,Khazanah,8,Kiprah,32,kirab satu negeri,1,KNPI,2,KNPI Banten,3,KNPI KOta Serang,20,KNPI Lebak,1,KNPI Tangsel,2,Kodim 0602/Serang,1,Kodim Lebak,1,kodim serang,2,Komunitas Bela Indonesia,2,konomi,1,Koperasi,2,Korem 064/my,5,Kota Cilegon,13,Kota Serang,383,Kota Tagerang,5,Kota Tangerang,144,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangerang Selatan,3,Kota Tangsel,46,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,KPU KOta Serang,2,Kpud lebak,1,KTP Tercecer,1,Lapindo,1,lebak,882,Lebak Smart Tax,1,Lingkungan Hidup,1,Lion air,1,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,lmpi kota serang,1,Madrasah Cigemuk,1,Madrasah DIniyah,1,Madrasah Kota Serang,1,Madu Cingagoler,1,Malingping,1,Menag Lukman,1,menpan RB,1,Mesjid Agung kota Serang,2,Muhamad Ilham,1,NasDem,2,Nasdem Kota Serang,1,Nasdem Lebak,1,nasional,290,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,22,Operasi Mantap Brata Kalimaya 2018,2,opini,26,Pakta Integritas Prabowo,1,pandeglang,123,Pandidikan,1,Parlemen,31,Partai Bulan Bintang,1,PC PMII Lebak,1,PCNU Lebak,1,PDIP Banten,1,Peluang,1,Pemilu2019,1,PemkaB Lebak,2,Pemutakhiran mandiri,1,pendidikan,139,Pengusaha Malingping,1,Perbankan,7,Perda Diniyah,1,Persit Korem,1,Perumahan Polda Banten,1,PGMI Cihara,1,Pilbuptangerang,1,Pilpres2019,3,PKBM Melati Tigaraksa,1,PKS Banten,2,PMI Banten,1,PMII KOta Serang,1,PMII UNIBA Kota Serang,1,Polda Banten,16,Polda Lampung,2,Polres Cilegon,1,Polres Kab Serang,6,Polres Lebak,3,Polres Pandeglang,1,Polres Serang,3,polres serang kota,3,Polresta Bandarlampung,4,Polresta Tangerang,1,Polsek Pabuaran,1,Polsek Serang,1,Polwan Sabhara,1,Pontren Darul ulum,1,Pontren Riyadul Awamil,1,PPP Kota Serang,1,Prabowo Sandi,1,Ragam,16,Ranmor,3,Relawan Kemanusiaan Banten,1,Revitalisasi Banten lama,2,Riyadul awamil,1,Sahabat Polisi,1,Satpol PP Lebak,1,Serang,508,serang.Kota Serang,1,SMAN 1 CIbadak,1,SMAN 13 Tangerang,1,SMKN 1 Pulo Ampel,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,13,sRANG,1,STKIP Jawilan,1,tagerang,5,tangerang,354,Tangsel,12,TB Amri,1,teknologi,21,Tradisi siraman,1,Uhen PPP,2,Ujung Kulon,1,UMKM,24,Universitas Pelita Harapan.Christina Florensya Mandagi,1,Unsera,1,UPH Banten,15,UPH Jakarta,3,VESBanten,1,video,4,Wahidin Halim,1,Wirausaha,18,Wisata,1,Wisata Minat Khusus dan Petualangan,1,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Peran SP PLN Untuk Memperkuat Perusahaan dan Kelistrikan Nasional
Peran SP PLN Untuk Memperkuat Perusahaan dan Kelistrikan Nasional
https://3.bp.blogspot.com/-aHnLbivaIFk/WFIeybIMU3I/AAAAAAAAF1o/C_5x-2u8nuQW5_0xr56uqSuStML5WDExACLcB/s400/IMG-20161214-WA0238.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-aHnLbivaIFk/WFIeybIMU3I/AAAAAAAAF1o/C_5x-2u8nuQW5_0xr56uqSuStML5WDExACLcB/s72-c/IMG-20161214-WA0238.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
https://www.bantenekspose.com/2016/12/peran-sp-pln-untuk-memperkuat.html
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/2016/12/peran-sp-pln-untuk-memperkuat.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy