Program Satu Juta Rumah di Lebak Timbulkan Bencana

Dua rumah warga yang terkena dampak pembangunan perumahan GPB di Kec Malingping (Foto: Sohib) Bantenekspose.com -   Pembangunan perumah...

Dua rumah warga yang terkena dampak pembangunan perumahan GPB di Kec Malingping (Foto: Sohib)
Bantenekspose.com - Pembangunan perumahan Griya Pesona Bahari (GPB) yang merupakan program satu juta rumah untuk rakyat di Kampung Pasirgeleng, Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, berdampak bencana terhadap lingkungan dan masyarakat setempat.

Selain longsoran tanah dari pembangunan perumahan tersebut menyumbat saluran air irigasi Cilangkahan 2, belum lama ini juga sedikitnya ada dua rumah masing-masing milik Juprana dan Surma rusak, bahkan salah satunya nyaris ambruk dan tidak bisa lagi ditempati akibat terkena dampak pergeseran tanah lokasi perumahan tersebut. Lebih ironis lagi kejadian ini bukan kali pertama, pada beberapa tahun lalu ketika pengembang perumahan itu PT Nabata Sentosa Mandiri sebanyak lima unit rumah milik warga rusak bahkan beberapa diantaranya ambruk dan tidak ada ganti rugi.


Salah seorang korban dampak pembangunan perumahan Pasirgeleng, Juprana mengatakan, saat ini rumah miliknya tidak bisa ditempati karena kondisinya rusak parah bahkan nyaris ambruk akibat terkena dampak dari pergesaran lokasi perumahan tersebut. Kejadian seperti ini dialamiya sudah dua kali namun jangankan ganti rugi kebijakan pun tidak ada.


“Untuk sementara kami mengungsi di perumahan seijin pihak pelaksana pembangunan. Tetapi hingga sekarang belum ada kejelasan mengenai pertanggungjawaban pihak perusahaan. Saya khawatir kejadian yang baru saja menimpa ambrolnya dinding rumah kami seperti kaya dulu tidak ada kejelasan,” tuturnyaa.


Dikatakannya, kerusakan pada rumah miliknya itu terjadi pada Selasa (9/2/2016) sekitar pukul 00.00 WIB. Saat itu rumahnya sudah dalam keadaan dikosongkan sebab sebelumnya sudah terjadi pergerakan tanah.


“Kami hanya meminta pihak perusahaan bertanggung jawab dengan mengadakan tanah seluas 200 meter dan membangun rumah kami kembali, sebab kalaupun sekarang diperbaiki karena lokasi tanah perumahan itu urugan dipastikan kejadian serupa akan terjadi lagi,” tuturnya.


Kepala Desa Cilangkahan, Ripa’I kepada mengatakan, pihaknya telah menindak lanjuti terkait aduan warga yang rumahnya menjadi korban karena terkena dampak pergeseran tanah lokasi perumahan tersebut dengan berkirim surat kepada Camat Malingping.


“Dalam waktu dekat kami juga akan melayangkan surat ke pihak pengembangnya karena selain kejadian sekarang sebelumnya sejumlah warga pernah menjadi korban dampak pembangunan perumahan tersebut yang hingga saat ini belum mendapat ganti rugi seperti yang dijanjikan pengembang sebelumnya,” katanya.


Sementara itu, Camat Malingping, Sukanta mengatakan, pihaknya telah menindaklanjuti dengan memerintahkan Kasi Trantib untuk melakukan pengecekan kelokasi atau ke rumah korban yang terkena dampak perumahan tersebut.


“Tidak menutup kemungkinan jika pihak perusahaan masih tetap tidak mengindahkan kami akan meminta pihak perusahaan untuk menghentikan dulu aktivitasnya sebelum ada solusi khususnya untuk korban yang rumahnya terkena dampak. Langkah ini dilakukan selain agar warga tidak dirugikan juga untuk meredam reaksi kekecewaan warga akibat kejadian itu,” katanya. (Sohib

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,AKFC Serang,1,Aktifis Menulis,2,Ali Hanafiah,2,Amin Ma'ruf,1,APGI BAnten,1,Asep Rahmatullah,1,banten,272,Batalyon Mandala Yudha,1,BKM Curug,1,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Ciagel kibin,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Desa Kumpay,1,Desa Kuta mekar,1,Desa Kutamekar Pandeglang,1,Desa panyaungan,1,Dinas Pertanian dan Peternakan,1,DLH Kota Serang,1,Ekon,1,Ekonomi,86,Ekonomi Arus Baru,1,Furtasan Nasdem,1,Gas Melon Malingping,1,Hardi Madu,1,Hikmah,19,Ijtima Ulama GPNF,1,Industri,5,iptek,20,IWO Banten,1,jOKOWI-mARIF amIN,1,Jurus Silat Kaserangan,1,Kab Lebak,591,Kab Pandeglang,90,Kab Serang,85,Kab Tangerang,115,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,11,Kabupaten Tangerang,23,Kampanye damai,2,Kapolda Banten,2,Kemenag Kota Serang,2,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,2,KNPI KOta Serang,18,KNPI Tangsel,2,kodim serang,1,konomi,1,Korem 064/my,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,338,Kota Tagerang,3,Kota Tangerang,141,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangerang Selatan,2,Kota Tangsel,43,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,KPU KOta Serang,1,Kpud lebak,1,KTP Tercecer,1,Lapindo,1,lebak,822,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,Madrasah Cigemuk,1,Madrasah DIniyah,1,Madrasah Kota Serang,1,Madu Cingagoler,1,Mesjid Agung kota Serang,2,NasDem,2,Nasdem Kota Serang,1,Nasdem Lebak,1,nasional,274,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,17,Operasi Mantap Brata Kalimaya 2018,2,opini,24,Pakta Integritas Prabowo,1,pandeglang,113,Parlemen,27,Partai Bulan Bintang,1,PC PMII Lebak,1,PDIP Banten,1,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,Pemutakhiran mandiri,1,pendidikan,104,Pengusaha Malingping,1,Perbankan,6,Perda Diniyah,1,Perumahan Polda Banten,1,Pilbuptangerang,1,Pilpres2019,3,PKBM Melati Tigaraksa,1,PKS Banten,1,PMI Banten,1,PMII KOta Serang,1,PMII UNIBA Kota Serang,1,Polda Banten,3,Polres Kab Serang,1,Polres Lebak,1,polres serang kota,1,Polsek Pabuaran,1,Pontren Riyadul Awamil,1,Prabowo Sandi,1,Ragam,15,Riyadul awamil,1,Satpol PP Lebak,1,Serang,442,serang.Kota Serang,1,SMAN 13 Tangerang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,336,Tangsel,12,teknologi,21,Uhen PPP,1,UMKM,16,Universitas Pelita Harapan.Christina Florensya Mandagi,1,UPH Banten,1,video,4,Wirausaha,18,Wisata,1,Wisata Minat Khusus dan Petualangan,1,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Program Satu Juta Rumah di Lebak Timbulkan Bencana
Program Satu Juta Rumah di Lebak Timbulkan Bencana
https://2.bp.blogspot.com/-y1f49_z0D-o/Vrx8U7d8IgI/AAAAAAAADUA/zQYEEHBTqMo/s640/mlpii.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-y1f49_z0D-o/Vrx8U7d8IgI/AAAAAAAADUA/zQYEEHBTqMo/s72-c/mlpii.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
https://www.bantenekspose.com/2016/02/program-satu-juta-rumah-di-lebak.html
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/2016/02/program-satu-juta-rumah-di-lebak.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy