24 Manfaat Minum Coklat Panas, Mau Coba?

Sumber gambar: netralnews.com Bantenekspose.com - Coklat panas adalah minuman hangat terbuat dari coklat bubuk, coklat batangan dan b...

Sumber gambar: netralnews.com

Bantenekspose.com - Coklat panas adalah minuman hangat terbuat dari coklat bubuk, coklat batangan dan berbagai jenis coklat lain yang dicampur dengan gula, susu dan juga air panas. Minuman coklat panas ternyata dipercaya jika sudah diciptakan Suku Maya dengan cara mencampur pasta dari biji coklat, air tepung jagung dan juga cabai. Coklat panas kemudian mulai diperkenalkan ke Eropa dan menjadi minuman para bangsawan.

Pada tahun 1800, barulah bubuk coklat dikembangkan masyarakat Belanda dengan memisahkan mentega coklat yang berminyak dari biji coklat dan diolah menjadi bubuk sehingga akan lebih mudah dicampur dengan susu atau air. Minuman yang terasa sangat nikmat khususnya saat cuaca sedang dingin ini bisa dinikmati dalam berbagai suasana baik tua maupun mudah.

Tidak hanya enak, namun ada begitu banyak manfaat minum coklat panas untuk tubuh yang bisa anda dapatkan seperti berikut ini.

1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Manfaat coklat panas mengandung flavonoid yang sangat baik untuk mencegah penggumpalan darah, meningkatkan sirkulasi darah yang lancar dan menurunkan tekanan darah sehingga kesehatan jantung akan terjaga secara baik. Flavonoid yang merupakan antioksidan ini juga berperan penting dalam menangkal radikal bebas berbahaya yang juga menjadi penyebab utama penyakit jantung. Untuk itu, minum coklat panas sangat disarankan supaya tubuh memiliki antioksidan yang lebih banyak sehingga berbagai penyakit jantung seperti jantung koroner bisa diturunkan resikonya.

2. Meningkatkan Fungsi Otak
Kemampuan coklat panas yang bagus untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengandung flavonoid ini juga berguna dalam meningkatkan aliran oksigen ke otak sehingga bisa lebih fokus untuk mencegah demensia yang bisa terjadi karena berkurangnya aliran oksigen di otak. Minum coklat panas sangat disarankan saat belajar atau bekerja sehingga bisa lebih berkonsentrasi.

3. Meningkatkan Mood
Serotonin juga terkandung dalam coklat panas yang ampuh dalam melepaskan endorphin. Endorphin sendiri merupakan hormon yang diekskresikan otak serta sistem saraf untuk meningkatkan perasaan agar lebih baik seperti perasaan nyaman sehabis olahraga atau bertemu seseorang yang berarti. Hormon endorphin ini tidak hanya meningkatkan mood namun juga ampuh untuk menurunkan stres.

4. Menurunkan Risiko Kanker
Dari sebuah penelitian membuktikan jika kandungan antioksidan dalam coklat panas lebih banyak dari kandungan antioksidan dalam 1 gelas minuman anggur merah yang sangat bagus sebagai solusi kanker. Minum coklat panas sangat disarankan di minum pada pagi hari untuk memberikan manfaat berlimpah pada tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Kulit
Antioksidan dan flavonoid dalam secangkir coklat panas sudah cukup ampuh dalam melindungi kulit dari berbagai penyakit kulit termasuk kanker kulit. Kandungan antioksidan dan juga flavonoid akan melindungi kulit untuk menurunkan penyerapan efek buruk dari sinar UV. Selain itu, coklat panas juga berfungsi untuk menghidrasi kulit sehingga tetap lembab sebagai solusi kecantikan kulit terbaik dan terenak.

6. Meningkatkan Produksi Kolagen
Dari berbagai zat mineral yang terkandung dalam coklat, kolagen merupakan salah satu mineral penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat kolagen ini berguna untuk meregenerasi kulit, otot dan juga tubuh. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih elastis serta mencegah kerutan dan penuaan dini.

7. Menguatkan Gigi
Coklat panas yang dikonsumsi secara rutin juga ampuh untuk menguatkan gigi sebab dalam coklat panas mengandung asam oksalat yang bisa menurunkan kadar asam dalam mulut dan mencegah pertumbuhan karies gigi serta plak. Dengan mengkonsumsi coklat panas secara teratur, gigi akan terjaga kesehatan dan kebersihannya.

8. Mencegah Anemia
Minum coklat panas yang terbuat dari dark chocolate atau coklat hitam juga tinggi akan kandungan vitamin serta mineral seperti potasium, tembaga, magnesium dan zat besi sehingga bisa meningkatkan produksi sel darah merah untuk melindungi tubuh dari anemia.

9. Meningkatkan Gairah Seks
Dari Journal of Sexual Medicine membuktikan jika seorang wanita secara teratur mengkonsumsi coklat baik dalam bentuk coklat batangan atau minuman akan mendapatkan kehidupan seks yang lebih aktif dan berkualitas sebab dalam coklat mengandung penylethlamine yang bisa meningkatkan perasaan senang atau gembira.

10. Meringankan Gejala Parkinson
Coklat panas secara menakjubkan juga memiliki kemampuan unik dalam menurunkan dan mengurangi gejala parkinson seperti gemetar karena kandungan penylethlamine dalam coklat tersebut yang bisa menghasilkan lebih banyak dopamin. Dopamin ini sangat diperlukan sistem saraf otak dan tubuh dalam koordinasi gerakan tubuh. Menurunnya kadar dopamin dalam tubuh menjadi penyebab utama dari gejala parkinson yang bisa diatasi dengan cara nikmat yakni minum 1 cangkir coklat panas dengan teratur.

11. Mengatasi Letih Pasca Olahraga
Untuk anda yang gemar olahraga secara teratur, minum coklat panas sangat ampuh untuk mengurangi rasa sakit sesudah latihan atau olahraga. Dari International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism membuktikan jika kombinasi antara coklat dan protein dari susu sangat baik untuk meregenerasi jaringan otot secara cepat.

12. Menjaga Kesehatan Arteri
Flavonoid dalam coklat panas sangat baik untuk menjaga kesehatan arteri karena bisa menurunkan tekanan darah dan memperbaiki pembuluh darah. Pilih coklat berkualitas untuk membuat coklat panas yang tidak mengandung gula dan rendah lemak sehingga lebih sehat dan disarankan mengkonsumsi 2 kali sehari.

13. Menurunkan Berat Badan
Jika anda ingin menurunkan beberapa kilo dari berat badan, minum coklat panas sangat disarankan karena merupakan minuman lezat namun rendah kalori sehingga bisa dikonsumsi setiap hari sebagai pengganti minuman tidak sehat seperti alkohol dan soda.

14. Memperbaiki Memori
Untuk menjaga daya ingat dan memori otak, maka aliran darah ke otak harus dijaga dengan baik. Intensitas aliran darah sangat dibutuhkan otak agar bisa melakukan berbagai tugas berbeda sesuai dengan fungsinya. Flavanol dalam coklat panas sangat ampuh untuk meningkatkan aliran darah ke otak sehingga kinerja sebagian otak dan akhirnya memori serta daya ingat bisa ditingkatkan.

15. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Coklat panas mengandung antioksidan, mineral dan vitami tinggi yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh semakin baik. Sistem kekebalan tubuh yang kuat ini penting untuk menjaga tubuh manusia agar tetap produktif sehingga bisa beraktivitas lebih semangat sepanjang hari.

16. Mengatur Gula Darah
Lemak sehat yang terkandung dalam secangkir coklat panas akan membuat tubuh bisa menyerap gula darah secara perlahan sehingga peningkatan insulin terlalu drastis bisa dicegah. Untuk itu bagi penderita diabetes sangat disarankan untuk minum coklat panas tanpa gula setiap hari.

17. Meningkatkan Kekuatan Otak
Sebuah studi membuktikan jika minum coklat panas bisa meningkatkan kekuatan otak secara menyeluruh karena kandungan flavonoid dalam coklat baik untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen sehingga bisa berpikir lebih baik, memperbaiki daya ingat dan juga meningkatkan mood.

18. Menurunkan Kadar Kolesterol
Dalam coklat panas mengandung asam oleat yakni lemak sehat yang juga ditemukan dalam minyak zaitun serta mengandung asam stearat dan palmitat yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 membuktikan jika seseorang yang mengkonsumsi coklat panas secara rutin hanya dalam 1 minggu sudah bisa memperbaiki profil lipid dan menurunkan reaktivitas trombosit bagia pria dan wanita.

19. Mencegah dan menghentikan Serangan Asma
Untuk para penderita asma juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi coklat panas karena mengandung 3 komponen penting yakni teofilin, kafein dan juga theobromine. Semua komponen ini sangat efektif untuk menghentikan bronkospasme dan membuka saluran bronkial yang terhambat karena asma.

20.Menjaga Kesehatan Rambut
Mengkonsumsi coklat panas juga sangat baik dalam menjaga kesehatan rambut karena bisa melancarkan sirkulasi darah di kepala sehingga rambut bisa tumbuh lebih sehat dan berkilau, menambah volume rambut, membuat rambut tebal dan kandungan anti inflamasi dalam coklat yang sangat baik untuk mengatasi infeksi kulit kepala.

21. Mengatasi Diare
Coklat panas adalah solusi diare terbaik dan terenak yang sudah dibuktikan dalam penelitian para ilmuwan di Children’s Hospital Oakland Research Institute dimana kandungan flavonoid dalam coklat panas akan mengikat protein yang mengatur sekresi cairan pada usus kecil sehingga bisa dijadikan solusi diare.

22. Mengatur Metabolisme
Minum coklat panas yang mengandung antioksidan tinggi ini akan meningkatkan kesehatan tubuh menyeluruh dalam jangka panjang. Minum coklat panas hanya 2 minggu saja sudah bisa menurunkan hormon kortisol yang merupakan hormon penyebab stres, memperbaiki metabolisme tubuh secara menyeluruh sekaligus meningkatkan aktivitas mikroba dalam usus.

23. Menyembuhkan Batuk
Theobromine yang ada dalam coklat sangat baik untuk solusi batuk bahkan lebih bagus dibandingkan obat batuk komersil hanya dengan minum 2 cangkir coklat panas.

24.  Menyehatkan Usus
Dari banyak penelitian juga membuktikan jika polifenol yang terkandung dalam coklat panas akan bekerja secara langsung dalam memodulasi biomarker untuk menjaga kesehatan usus. Polifenol dalam coklat panas ini merupakan sumber prebiotik yang akan memberi makan usus sehingga bisa lebih sehat.

Manfaat minum coklat panas tidak hanya nikmat, namun ternyata ada banyak khasiat tersembunyi yang akan didapatkan tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Agar khasiatnya lebih maksimal, pilih coklat hitam sebagai bahan dasar membuat minuman coklat ini karena nutrisi yang jauh lebih tinggi dibandingkan jenis coklat lainnya.

Sumber: Manfaat

COMMENTS

Nama

Abuya Muhtadi,2,Ade Arianto,1,Adi Abdilah,1,Advertorial,3,AKFC Serang,1,Aktifis Menulis,2,Ali Hanafiah,3,Aliyah MA Cigemblong,1,Amin Ma'ruf,1,Andika,1,Anyer,3,APGI BAnten,1,Asep Rahmatullah,1,bank banten,1,Bante,1,banten,522,Banten lama,3,Batalyon Mandala Yudha,2,Bawaslu Banten,3,Berita Kepolisian,174,Bhayangkari Polda Banten,1,Bid Kum Polda Banten,1,Biddokkes Polda Banten,5,Bidhum Polda Banten,194,Bidhumas Polda Banten,91,bidpropam polda banten,1,BKM Curug,3,BPJS BANTen,1,Brimob Jabar,2,Brimobda Banten,17,bulog tangerang,1,Bus Murni,3,Catatan Redaksi,2,Ciagel kibin,1,Cibobos,1,CIhara Ciparahu,1,Cilangkahan,280,cilegon,40,Cilograng,2,CPNS Lebak,1,Dandim 0602/Serang,2,Dandim 0603/Lebak,2,Danrem 064/Maualana Yusuf,5,Darul ulum paNyaungan,1,Desa,1,Desa Kumpay,2,Desa Kuta mekar,1,Desa Kutamekar Pandeglang,1,Desa panyaungan,1,Desa Tobat,1,Dinas Pertanian dan Peternakan,1,Dindik Kota Serang,1,Dinkes kota serang,1,Dinkop UMKM,1,Dir Reskrimsus Polda Banten,1,Dirbinmas Polda Banten,3,Dirintelkam Polda Banten,1,Dirkrimsus Polda Banten,1,Dirlantas,1,Dirlantas Polda Banten,5,Dirnarkoba Polda Banten,2,Dishub Kota Serang,1,Disparpora Kota Serang,1,Ditbinmas Polda Banten,1,Ditkrimsus Polda banten,1,Ditlantas Polda Banten,8,Ditlantas Polda Lampung,1,Ditlantas Polres Serang Kota,1,Ditnarkoba,1,Ditnarkoba Polda Banten,1,Ditpamobvit Polda Banten,3,Ditpolairud Polada Banten,1,Ditpolairud Polda Banten,2,Ditreskrimum Polda Banten,1,Ditresnarkoba Polda Banten,4,ditsabhara polwan banten,3,Ditsamapta Polda Banten,9,Ditssamapta Polda Banten,4,DLH Kota Serang,1,DPD KNPI Banten,7,DPP KNPI,9,DtibinmasPolda Banten,2,Ekon,1,Ekonomi,202,Ekonomi Arus Baru,1,Furtasan Nasdem,1,Gas Melon Malingping,1,Gemuk,1,GMNI BAnten,1,golkar banten,2,GP Ansor Banten,1,Gubernur WH,1,HAMAS,1,Hardi Madu,1,HAri santri,1,hari santri 2018,1,Headline,1,HGN 2018,1,Hikmah,19,HMI,1,Hukrim,501,Hukum,1,Humas Polres Serang,4,HUT 18 Banten,1,Ijtima Ulama GPNF,1,Industri,8,iphone,1,iptek,22,IWO Banten,2,jOKOWI-mARIF amIN,1,Jubir Pancasila,1,Jurus Silat Kaserangan,1,Kab Lebak,852,Kab Pandeglang,223,Kab Serang,307,Kab Tangerag,30,Kab Tangerang,159,Kab. Serang,6,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,11,Kabupaten Tangerang,28,Kahmi,1,Kalimaya Lebak,1,Kampanye damai,2,Kampus,6,Kantor Kemenag Pandeglang,1,Kanwil Kemenag Banten,30,Kapal Bosok Curug,2,Kapolda Banten,12,Kasepuhan Karang,1,Kebun teh Cikuya,1,Kec Sobang,1,Kemenag,7,Kemenag Cilegon,1,Kemenag Kota Serang,20,Kemenag Kota Tangerang,1,Kemenag Lebak,6,Kemenag Pandeglang,1,Kemenag Tangsel,1,kesehatan,95,Keu dan Bank,1,Khazanah,28,Kiprah,49,kirab satu negeri,1,KNPI,3,KNPI Banten,24,KNPI Cilegon,8,KNPI Kab Serang,13,KNPI Kota Cilegon,1,KNPI KOta Serang,35,KNPI Lebak,9,KNPI Pandeglang,10,KNPI Tangerang,9,KNPI Tangsel,7,Kodim 0601/Pandeglang,26,Kodim 0602/Serang,9,Kodim Lebak,3,kodim serang,2,Komunitas Bela Indonesia,2,konomi,1,kopassus,1,Koperasi,2,Koramil 0223/Pontang,1,Korem 064/my,50,Kota Cilegon,55,Kota Serang,725,Kota Seranng,1,Kota Tagerang,5,Kota Tangerang,154,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangerang Selatan,5,Kota Tangsel,52,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,KP3b,6,KPU KOta Serang,3,Kpud lebak,1,KTP Tercecer,1,Kumala,1,Lampung,3,Lapindo,1,lebak,987,Lebak Smart Tax,1,Lingkungan Hidup,1,Lion air,1,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,lmpi kota serang,1,Madrasah Cigemuk,1,Madrasah DIniyah,1,Madrasah Kota Serang,1,Madu Cingagoler,1,Malingping,1,Menag Lukman,1,menpan RB,1,Mesjid Agung kota Serang,2,Muhamad Ilham,1,NasDem,9,Nasdem Kota Serang,1,Nasdem Lebak,2,nasional,379,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,39,Operasi Mantap Brata Kalimaya 2018,2,opini,38,Pakta Integritas Prabowo,1,pandeglang,169,Pangdam III/Siliwangi,1,Parlemen,46,Partai Bulan Bintang,1,Patia,1,PC PMII Lebak,1,PCNU Lebak,1,PDIP Banten,1,Peluang,1,Pemilu2019,1,PemkaB Lebak,5,pemkot cilegon,1,Pemutakhiran mandiri,1,pendidikan,270,Pengusaha Malingping,1,Perbankan,7,Perda Diniyah,1,Persit Korem,1,Perumahan Polda Banten,1,PGMI Cihara,1,Pilbuptangerang,1,Pilpres2019,3,PKBM Melati Tigaraksa,1,PKS Banten,2,PMI Banten,1,PMII KOta Serang,1,PMII UNIBA Kota Serang,1,Polairud Banten,7,Polda Banten,310,Polda Banten Dirkrimsus Polda Banten,1,Polda Baten,1,Polda Lampung,19,Polres Cilegon,33,Polres Kab Serang,8,Polres Lebak,28,Polres Pandeglang,21,Polres Serang,72,polres serang kota,34,Polres Tangerang,4,Polresta Bandarlampung,23,Polresta Serang,5,Polresta Tangerang,34,Polsek Cilograng,1,Polsek Curug,1,Polsek Maja,1,Polsek Pabuaran,1,polsek panggarangan,1,Polsek Patia,1,Polsek Pontang,1,Polsek Puloampel,1,Polsek Pulomerak,2,Polsek Serang,1,Polwan Polda Banten,1,Polwan Sabhara,1,Pontren Darul ulum,1,Pontren Riyadul Awamil,1,PPP Kota Serang,1,Prabowo Sandi,1,PT Mikwang,3,PWI Banten,1,Pwi Kab Serang,4,radiasi,2,Ragam,32,Ranmor,3,Relawan Kemanusiaan Banten,1,Revitalisasi Banten lama,2,Riyadul awamil,1,RSKM Cilegon,1,Sahabat Polisi,1,Samapta Polda Banten,1,Satbrimobda Banten,8,Satlantas Polres Lebak,1,Satlantas Polres Pandeglang,1,Satlantas Polres Serang,4,Satlantas Polres Serang Kota,3,Satpol PP Lebak,1,Satreskrim Polres Pandeglang,2,Satreskrim Polresta Tangerang,1,Satreskrim Resmob Polresta Tangerang,1,Satresnarkoba Polres Cilegon,1,Satresnarkoba Polres Pandeglang,1,Satresnarkoba Polres Serang,4,Satresnarkrim Polres Serang Kota,1,Serang,831,serang.Kota Serang,1,Seranng,1,SMAN 1 CIbadak,1,SMAN 13 Tangerang,1,smartphone,2,SMKN 1 Pulo Ampel,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sorotan,2,Sosok,17,sRANG,1,STKIP Jawilan,1,Suara Mahasiswa,38,tagerang,5,tangerang,398,Tangsel,14,TB Amri,1,teknologi,28,Teminal Cipocok,1,Terminal Cipocok,4,tidur,1,TNI,13,TNI-POLRI,49,TPSA Cilowong,1,Tradisi siraman,1,Tsunami Anyer,84,Tsunami Selat Sunda,66,Uhen PPP,2,Ujung Kulon,1,UMKM,43,Universitas Pelita Harapan.Christina Florensya Mandagi,1,Unma Banten,2,Unsera,1,Untirta,2,UPH Banten,32,UPH Jakarta,3,VESBanten,1,video,4,Wahidin Halim,1,Wakapolda Banten,2,Wirausaha,21,Wisata,1,Wisata Minat Khusus dan Petualangan,1,Xiaomi,1,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: 24 Manfaat Minum Coklat Panas, Mau Coba?
24 Manfaat Minum Coklat Panas, Mau Coba?
https://4.bp.blogspot.com/-lVF7oR6HKHo/XNl-f00K0qI/AAAAAAAAQ2Y/bUWNsvD3TQcFIfIhAiqziSVqPEQjESvawCLcBGAs/s640/cokelat%2Bpanas.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-lVF7oR6HKHo/XNl-f00K0qI/AAAAAAAAQ2Y/bUWNsvD3TQcFIfIhAiqziSVqPEQjESvawCLcBGAs/s72-c/cokelat%2Bpanas.jpeg
Berita Banten - Banten Ekspose
https://www.bantenekspose.com/2019/05/sumber-gambar-netralnews.html
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/2019/05/sumber-gambar-netralnews.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy