Meraup Rupiah Dari Udang Galah

Bantenekspose.com - Udang galah merupakan salah satu jenis udang air tawar yang saat ini menjadi primadona pembudidaya udang. Ya, pasaln...

Bantenekspose.com - Udang galah merupakan salah satu jenis udang air tawar yang saat ini menjadi primadona pembudidaya udang. Ya, pasalnya jenis udang yang satu ini selain harga jualnya yang mahal, proses pembudidayaannya terbilang lumayan mudah dibanding dengan jenis-jenis udang dan ikan lainnya.

Udang jenis ini juga banyak diminati baik oleh para konsumen lokal sampai dengan mancanegara. Saat ini tercatat bahwa permintaan pasar dunia akan udang galah asli Indonesia menunjukkan peningkatan yang drastis. Diprediksi masa depan dari usaha budidaya udang galah akan semakin cemerlang di masa mendatang.

Jenis udang galah banyak diminati oleh pasar Jepang sampai dengan pasar Eropa. Udang galah Indonesia banyak diekspor ke negara-negara maju. Tak heran hasil atau profit yang didapat terbilang sangat tinggi.

Budidaya udang galah bisa dilakukan di kolam maupun tambak dengan air tawar. Perawatannya juga tidak terlalu rumit. Berikut beberapa tahap atau prosesor budidaya udang galah yang bisa dicoba.

Lokasi Budidaya
Udang galah merupakan salah satu binatang yang bisa hidup dengan baik di wilayah yang memiliki ketinggian nol sampai 700 meter di atas permukaan air laut. Selain itu udang galah juga dapat hidup dengan baik di air jernih yang bebas polusi dan pencemaran.

Budidaya udang galah sebaiknya dilakukan di daerah yang bebas dari banjir. Debit air yang dianjurkan untuk budidaya udang galah adalah 0,5 sampai 1 liter per detik untuk kolam dengan luas 300 hingga 1.000 meter persegi.

Peralatan Yang Dibutuhkan
Sama seperti budidaya hewan air yang lain, budidaya udang galah juga membutuhkan beberapa alat seperti wadah pengangkut benih, serok, jaring, ember, seser, timbangan, sampai dengan ayakan ikan.

Pengelolaan Air
Untuk melakukan budidaya udang galah sebaiknya menggunakan air yang mengalir dengan sirkulasi udara yang baik. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas air agar tetap terjaga dengan baik. Air yang baik untuk budidaya udang galah adalah air yang memiliki tingkat keasaman 6,5 sampai dengan 8,5.

Perawatan
Perawatan yang bisa dilakukan dalam budidaya udang galah adalah mencegah hama pengganggu. Hama yang biasa menyerang udang galah adalah hama yang bersifat predator atau kompetitor. Hama udang galah ini biasanya berupa ikan liar yang tak sengaja masuk ke dalam kolam. Untuk menanggulanginya dengan cara menyaringnya.

Selain itu udang galah juga rawan terkena penyakit udang berlumut. Hal tersebut biasanya disebabkan karena sirkulasi udara kurang baik. Solusinya adalah dengan memperbaiki kualitas air tempat budidaya. Perawatan lainnya bisa dilakukan dengan cara pemberian makan secara teratur dan penambahan vitamin agar udang dapat tumbuh sehat dan subur.

Panen
Panen udang galah biasa dilakukan setelah 4 atau 6 bulan pasca bibit ditebar ke kolam. Panen juga dipengaruhi dengan jenis udang dan perlakuan saat budidaya udang. Selain itu panen udang galah juga disesuaikan dengan permintaan pasar. Biasanya pasar membutuhkan banyak udang galah dengan berat 20 sampai 25 gram per ekor.

Harga jual udang galah sendiri bisa dipengaruhi oleh kualitas dan ukuran udang. Semakin besar udang maka semakin mahal pula harga jualnya. Untuk memasarkan udang galah bisa menggunakan bantuan koperasi, atau jika memungkinkan bisa langsung dipasarkan secara individu. Sekian informasi mengenai budidaya udang galah. Semoga memberi manfaat bagi kita semua.


Sumber: Jokowarino

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,AKFC Serang,1,Aktifis Menulis,2,Ali Hanafiah,2,Amin Ma'ruf,1,APGI BAnten,1,Asep Rahmatullah,1,bank banten,1,banten,277,Batalyon Mandala Yudha,1,BKM Curug,1,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Ciagel kibin,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Desa Kumpay,1,Desa Kuta mekar,1,Desa Kutamekar Pandeglang,1,Desa panyaungan,1,Dinas Pertanian dan Peternakan,1,DLH Kota Serang,1,Ekon,1,Ekonomi,86,Ekonomi Arus Baru,1,Furtasan Nasdem,1,Gas Melon Malingping,1,Hardi Madu,1,Hikmah,19,Ijtima Ulama GPNF,1,Industri,5,iptek,20,IWO Banten,1,jOKOWI-mARIF amIN,1,Jubir Pancasila,1,Jurus Silat Kaserangan,1,Kab Lebak,593,Kab Pandeglang,90,Kab Serang,86,Kab Tangerang,115,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,11,Kabupaten Tangerang,23,Kampanye damai,2,Kapolda Banten,2,Kasepuhan Karang,1,Kemenag Kota Serang,2,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,2,KNPI KOta Serang,18,KNPI Tangsel,2,kodim serang,1,Komunitas Bela Indonesia,1,konomi,1,Korem 064/my,2,Kota Cilegon,10,Kota Serang,338,Kota Tagerang,3,Kota Tangerang,141,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangerang Selatan,2,Kota Tangsel,43,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,KPU KOta Serang,1,Kpud lebak,1,KTP Tercecer,1,Lapindo,1,lebak,824,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,Madrasah Cigemuk,1,Madrasah DIniyah,1,Madrasah Kota Serang,1,Madu Cingagoler,1,Menag Lukman,1,Mesjid Agung kota Serang,2,NasDem,2,Nasdem Kota Serang,1,Nasdem Lebak,1,nasional,275,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,17,Operasi Mantap Brata Kalimaya 2018,2,opini,24,Pakta Integritas Prabowo,1,pandeglang,113,Parlemen,27,Partai Bulan Bintang,1,PC PMII Lebak,1,PDIP Banten,1,Peluang,1,Pemilu2019,1,PemkaB Lebak,1,Pemutakhiran mandiri,1,pendidikan,106,Pengusaha Malingping,1,Perbankan,7,Perda Diniyah,1,Perumahan Polda Banten,1,Pilbuptangerang,1,Pilpres2019,3,PKBM Melati Tigaraksa,1,PKS Banten,1,PMI Banten,1,PMII KOta Serang,1,PMII UNIBA Kota Serang,1,Polda Banten,5,Polres Kab Serang,1,Polres Lebak,1,polres serang kota,1,Polsek Pabuaran,1,Pontren Riyadul Awamil,1,Prabowo Sandi,1,Ragam,15,Riyadul awamil,1,Satpol PP Lebak,1,Serang,443,serang.Kota Serang,1,SMAN 13 Tangerang,1,SMKN 1 Pulo Ampel,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,336,Tangsel,12,teknologi,21,Uhen PPP,1,UMKM,16,Universitas Pelita Harapan.Christina Florensya Mandagi,1,UPH Banten,2,video,4,Wirausaha,18,Wisata,1,Wisata Minat Khusus dan Petualangan,1,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Meraup Rupiah Dari Udang Galah
Meraup Rupiah Dari Udang Galah
https://1.bp.blogspot.com/-wOrHYbTfPY4/VtwKXvxtXoI/AAAAAAAADl8/GSVjq77BrT0/s400/udang-galah.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-wOrHYbTfPY4/VtwKXvxtXoI/AAAAAAAADl8/GSVjq77BrT0/s72-c/udang-galah.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
https://www.bantenekspose.com/2016/03/meraup-rupiah-dari-uang-galah.html
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/2016/03/meraup-rupiah-dari-uang-galah.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy