Keringat Berlebih....? Kenali Penyebabnya

Foto ilustrasi: dream-media.or Bantenekspose.com - Pernahkah anda mengalami keringat berlebih? Jangan anggap enteng. Bisa jadi penyeba...

Foto ilustrasi: dream-media.or
Bantenekspose.com - Pernahkah anda mengalami keringat berlebih? Jangan anggap enteng. Bisa jadi penyebabnya adalah infeksi kronis dari suatu penyakit.

Penyebab keringat berlebih ada banyak dan beragam. Setiap orang yang mengalaminya akan merasakan gejala yang berbeda-beda. Biasanya keringat muncul lebih banyak dari telapak tangan, kaki, dan juga ketiak.

Sebenarnya berkeringat, eperti dilansir laman kesehatan.co merupakan mekanisme yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh kita sebagai respon terhadap panas. Namun apabila produksinya berlebih dapat dianggap sebagai tanda gangguan kesehatan. Inilah beberapa hal yang menyebabkan keringat berlebih selain karena olahraga atau aktivitas berat.

Kelebihan Berat Badan
Pertama yang harus diperhatikan adalah berat badan. Apakah berat badan orang yang mengalami keringat berlebihan sebanding dengan tinggi badannya? Jika berat badan memiliki perbandingan yang jauh lebih tinggi daripada tinggi badan, maka orang tersebut memiliki kelebihan berat bada. Orang yang mengalami kelebihan berat badan mudah untuk berkeringat lebih banyak.

 

Suhu Tubuh yang Meningkat

Seperti yang sudah disinggung di awal, keringat adalah respon tubuh saat panas. Saat mengalami demam, suhu tubuh kita akan naik. Dan berkeringat merupakan mekanisme kontrol suhu tubuh normal. Seseorang dikatakan demam apabila suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius atau lebih. Saat demam, tubuh akan memproduksi keringat yang akan digunakan untuk menstabilkan suhu tubuh.

 

Konsumsi Alkohol Berlebih

Alkohol merupakan salah satu penyebab keringat berlebih. Jika Anda suka mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebih, segera hentikan kebiasaan tersebut. Bila kesulitan dalam menghentikan kebiasaan itu, Anda bisa menghubungi dokter untuk berkonsultasi.

 

Pengaruh Obat

Apakah Anda sering meminum obat tanpa resep yang dijual di apotek? Beberapa obat tertentu seperti antidepresan dan aspirin dapat menyebabkan munculnya keringat berlebih. Segera hentikan konsumsi obat bebas tanpa resep dokter bila Anda mulai merasakan kelebihan keringat di tangan atau bagian tubuh lain. Pemilihan obat yang ideal memang perlu konsultasi dengan dokter.

 

Stres dan Faktor Emosional

Stres secara emosional, malu, atau cemas dapat memicu aktivitas kelenjar keringat. Keringat yang dikeluarkan karena faktor emosional adalah wajar. Yang perlu dikhawatirkan adalah kondisi emosionalnya itu sendiri. Konsultasikan dengan dokter bila keluhan ini sangat mengganggu Anda.

 

Faktor Hormonal

Apakah Anda masih remaja? Jika iya, maka keringat berlebih adalah suatu hal yang wajar terjadi. Pada masa remaja, faktor hormonal menyebabkan kelenjar apokrin atau kelenjar keringat menjadi aktif sehingga akan memicu munculnya keringat berlebih, terutama di bagian bawah tangan. Faktor perubahan hormon juga terjadi pada seorang wanita yang sedang mengalami haid atau saat menjelang menopause.

 

Infeksi Kronis Suatu Penyakit

Keringat berlebih juga bisa disebabkan karena infeksi kronis dari suatu penyakit. Beberapa penyakit yang menyebabkannya antara lain adalah seperti TBC, HIV/AIDS, atau mungkin juga kanker. Kunjungi lah dokter untuk melakukan investigasi awal seperti tes darah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.
Itulah tadi 6 penyebab keringat berlebih. Bila kondisi ini sudah sangat mengganggu, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter agar menemukan cara untuk mengatasinya. Anda juga bisa mengetahui cara mengatasi keringat berlebih pada artikel kesehatan kami sebelumnya. (sg)

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,AKFC Serang,1,Aktifis Menulis,2,Ali Hanafiah,2,Amin Ma'ruf,1,APGI BAnten,1,Asep Rahmatullah,1,banten,272,Batalyon Mandala Yudha,1,BKM Curug,1,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Ciagel kibin,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Desa Kumpay,1,Desa Kuta mekar,1,Desa Kutamekar Pandeglang,1,Desa panyaungan,1,Dinas Pertanian dan Peternakan,1,DLH Kota Serang,1,Ekon,1,Ekonomi,86,Ekonomi Arus Baru,1,Furtasan Nasdem,1,Gas Melon Malingping,1,Hardi Madu,1,Hikmah,19,Ijtima Ulama GPNF,1,Industri,5,iptek,20,IWO Banten,1,jOKOWI-mARIF amIN,1,Jurus Silat Kaserangan,1,Kab Lebak,591,Kab Pandeglang,90,Kab Serang,85,Kab Tangerang,115,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,11,Kabupaten Tangerang,23,Kampanye damai,2,Kapolda Banten,2,Kemenag Kota Serang,2,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,2,KNPI KOta Serang,18,KNPI Tangsel,2,kodim serang,1,konomi,1,Korem 064/my,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,338,Kota Tagerang,3,Kota Tangerang,141,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangerang Selatan,2,Kota Tangsel,43,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,KPU KOta Serang,1,Kpud lebak,1,KTP Tercecer,1,Lapindo,1,lebak,822,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,Madrasah Cigemuk,1,Madrasah DIniyah,1,Madrasah Kota Serang,1,Madu Cingagoler,1,Mesjid Agung kota Serang,2,NasDem,2,Nasdem Kota Serang,1,Nasdem Lebak,1,nasional,274,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,17,Operasi Mantap Brata Kalimaya 2018,2,opini,24,Pakta Integritas Prabowo,1,pandeglang,113,Parlemen,27,Partai Bulan Bintang,1,PC PMII Lebak,1,PDIP Banten,1,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,Pemutakhiran mandiri,1,pendidikan,104,Pengusaha Malingping,1,Perbankan,6,Perda Diniyah,1,Perumahan Polda Banten,1,Pilbuptangerang,1,Pilpres2019,3,PKBM Melati Tigaraksa,1,PKS Banten,1,PMI Banten,1,PMII KOta Serang,1,PMII UNIBA Kota Serang,1,Polda Banten,3,Polres Kab Serang,1,Polres Lebak,1,polres serang kota,1,Polsek Pabuaran,1,Pontren Riyadul Awamil,1,Prabowo Sandi,1,Ragam,15,Riyadul awamil,1,Satpol PP Lebak,1,Serang,442,serang.Kota Serang,1,SMAN 13 Tangerang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,336,Tangsel,12,teknologi,21,Uhen PPP,1,UMKM,16,Universitas Pelita Harapan.Christina Florensya Mandagi,1,UPH Banten,1,video,4,Wirausaha,18,Wisata,1,Wisata Minat Khusus dan Petualangan,1,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Keringat Berlebih....? Kenali Penyebabnya
Keringat Berlebih....? Kenali Penyebabnya
https://3.bp.blogspot.com/-w81SfsNjNdA/Vu0V-hdpQcI/AAAAAAAAD4I/GhB1nzgB8OsmW3osMglQg1JXgOkeRX6Gg/s640/keringatberlebih-dreammedia.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-w81SfsNjNdA/Vu0V-hdpQcI/AAAAAAAAD4I/GhB1nzgB8OsmW3osMglQg1JXgOkeRX6Gg/s72-c/keringatberlebih-dreammedia.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
https://www.bantenekspose.com/2016/03/keringat-berlebih-kenali-penyebabnya.html
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/2016/03/keringat-berlebih-kenali-penyebabnya.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy