Kumala Pw.Serang: Sayangkan Tindakan Provokatif di Tempat Ibadah

Bantenekspose.com - Keluarga Mahasiswa Lebak (KUMALA) Perwakilan Serang, meyanyangkan dengan adanya tudingan Islam Nusantara bukan Islam s...

Bantenekspose.com - Keluarga Mahasiswa Lebak (KUMALA) Perwakilan Serang, meyanyangkan dengan adanya tudingan Islam Nusantara bukan Islam sebenarnya, yang dimuat di buletin dakwah dan disebarkan di sebuah mesjid di wilayah Kota Serang, Jum'at kemarin (3/8).

Pengamatan Ridwan Anggara, akhir-akhir ini isu agama semakin sering dibuat oleh oknum tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, pihaknya mendorong kepada pemerintah, dalam hal ini kepolisian untuk hadir dalam  menyikapi persoalan tersebut.

"Buletin yang telah menyebar, sudah mungkin dibaca oleh masyarakat, dan dikhawatirkan akan ada yang terprovokasi," kata ketua Kumala Perwakilan Serang itu, saat dihubungi wartawan bantenekspose.com melalui pesan wahatsAap, Ahad (5/8/18).

Ridwan menjelaskan, jika melihat kebelakang, Nusantara dahulu menjadi tanah yang dikuasai beberapa kerajaan, walaupun notabene beragama hindu, banyak ahli sejarah melakukan penelitian pada jaman itu. Kemudian, islam secara perlahan mulai masuk ke peradaban Nusantara melalui jalur perdagangan yang memang pada saat itu aktvitas pasar internasional sangat aktif melewati jalur laut di Nusantara.

Sehingga, sambung Ridwan, yang berdagang tersebut membawa agamanya lalu ada juga yang menikah dengan masyarakat pribumi. Karena sejatinya, budaya dan agama tidak bisa dipisahkan. Budaya adalah sebagai indentitas kelompok yang berkumpul dalam satu wilayah dan membentuk lingkungan sosial.

"Dan setiap negara mempunyai budaya yang berbeda-beda dalam menjalankan ajaran agama islam, di Indonesia sendiri ada islam nusantara sebagai identitas keislamannya," ujar pria itu.

Selain itu, dirinya menyinggung dengan adanya indikasi pengusungan capres terhadap salah satu tokoh politik di Indonesia yang dikemas melalui isu agama.

"Isu agama memang telah menjadi tameng kebisingan politik di Indonesia. Ini yang harus kita hindari, indonesia adalah bangsa yang pluralisme yang harus saling mengormati disetiap perbedaan dan semua masyarakat punya hak secara konstituasional," imbuhnya.

Kendati demikian, Ridwan mengajak, sebagai bangsa yang besar dengan keanekaragaman budaya, suku, ras dan agama (Sara), agar bisa saling menghargai, menghormati dan bertoleransi untuk menciptakan iklim yang baik dalam bernegara.

"Untuk para kolompok militansi keagamaaan di masyarakat untuk dapat menghargai perbedaaan. Jangan saling menyalahkan agama atau ajaran yang di anut oleh setiap kelompok masyarakat itu," paparnya. (Emde)

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,Aktifis Menulis,2,banten,244,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Ekon,1,Ekonomi,82,Hikmah,18,Industri,5,iptek,19,IWO Banten,1,Kab Lebak,574,Kab Pandeglang,86,Kab Serang,78,Kab Tangerang,108,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,9,Kabupaten Tangerang,23,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,1,KNPI KOta Serang,18,konomi,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,321,Kota Tagerang,2,Kota Tangerang,137,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangsel,41,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,Kpud lebak,1,lebak,812,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,NasDem,2,nasional,262,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,14,opini,23,pandeglang,113,Parlemen,25,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,pendidikan,88,Perbankan,6,Pilbuptangerang,1,PKS Banten,1,Ragam,14,Serang,436,serang.Kota Serang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,330,Tangsel,12,teknologi,20,UMKM,13,video,4,Wirausaha,15,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Kumala Pw.Serang: Sayangkan Tindakan Provokatif di Tempat Ibadah
Kumala Pw.Serang: Sayangkan Tindakan Provokatif di Tempat Ibadah
https://4.bp.blogspot.com/-iOB_NfiGJBE/W2b2xs_yl-I/AAAAAAAALtk/0u3PoHehN8MHEPwXyDV9ZSmdXZvR7GprgCLcBGAs/s640/kumalasrg.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-iOB_NfiGJBE/W2b2xs_yl-I/AAAAAAAALtk/0u3PoHehN8MHEPwXyDV9ZSmdXZvR7GprgCLcBGAs/s72-c/kumalasrg.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
http://www.bantenekspose.com/2018/08/kumala-pwserang-sayangkan-tindakan.html
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/2018/08/kumala-pwserang-sayangkan-tindakan.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy