Tidak ada Hak Atas Pendidikan di Indonesia, Maupun di Provinsi Banten

Bantenekspose.com - Pendidikan didasarkan pada sebuah premis sederhana. Tema yang berulangkali muncul belakangan ini dalam perdebatan glob...


Bantenekspose.com - Pendidikan didasarkan pada sebuah premis sederhana. Tema yang berulangkali muncul belakangan ini dalam perdebatan global mengenai pendidikan adalah biaya penyediaanya.

Oleh karena itu, ada keengganan untuk menegaskan pendidikan adalah sebuah hak asasi manusia. Meninggalkan anak-anak usia tujuh tahun untuk menjaga diri mereka sendiri, mendorong mereka ke dalam buruh anak, pernikahan dini, bahkan menjadi tentara anak.

Hak atas pendidikan berfungsi sebagai penanda. Ia mengingaktan semua hak asasi manusia yang lain ketika dijamin dan menutup dinikmatinya sebagian besar hak, jika tidak semua, ketika disangkal. Batasan kemampuan tercermin dari sejauh mana upaya para orang tua memastikan pendidikan bagi anak mereka.

Pemerintah menunjukan sikap yang sama, namun minimnya pendidikan dihubungkan dengan kemiskinan ketimbang pada pilihan kebijakan. Pertanyaannya mengapa miskin?mengungkap pengabaian hak asasi manusia, upaya menjawabnya mengungkap penyalahgunaan kekuasaan.

Membeberkan peyalahgunaan kekuasaan, yang termanifestasi dalam pengabaian atau penyalahgunaan pendidikan, merupakan langkah awal yang penting dalam upaya untuk melawannya. Ini adalah intisari dari  hak atas pendidikan.

Paulo Freire pernah mengangatakan bahwa Karena pendidikan merupakan aktivitas terinstitusionalisasi dengan jumlah populasi terpadat, maka pendidikan pun dipandang sebagai penyebab dan penyembuh atas semua jenis penyakit dalam masyarakat, dan akan meningkatan kesadarab masyarakat.

Tetapi alasan yg paling sering digunakan bagi kurangnya kesempatan anak-anak bersekolah adalah alasan ketidakmampuan pemerintah mereka untuk membiayainya. Maka dari itu, permintaan untuk peningkatan bantuan pemerintah-pemerintah atas nama anak-anak, walaupun tidak selalu merupakan kehendak mereka. Definisi sini bantuan adalah bahwa negara kaya dan lintah lembaga keuangan negara membantu negara miskin yg ia hisap untuk menjadi negara kaya.

Akar dari permasalahan tersebut bisa dirunut pada pengaturan yang salah. Terlalu sedikit bantuan yang ada karena solidaritas yang terbentuk kuat (seperti pembayaran pajak) tidak diperluas ketingkat global, tetapi juga karena terlalu sedikit bagian bantuan yang sampai kepada penerima yang dituju.

Sebuah tes tentang konsistensi antara prioritas dan alokasi penganggaran yang secara formal dinyatakan sering menunjukan pengeluaran militer melebihi alokasi untuk pendidikan, bahwa pembayaran hutang melebihi dari anggaran pendidikan, bahwa keseimbangan pendanaan cenderung diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur bukan pendidikan.

 Apalagi dana yang dialokasi untuk pendidikan terhisap oleh birokrasinya. Bahwa pendapatan pajak atau bantuan pemerintah kepada pegawainnya sendiri. Lagi proses penylahgunaan wewenang atau abuse of power menjadi virus pendidikan.

Cerminan pendidikanpun ada di Provinsi Banten yang tidak ramah terhadap hak pendidikan, kurangnya 20% hak pendidikan, infrastruktur pendidikan yang jauh dari standar layak serta korupsi pada pejabat birokrasinya mencerminkan pemerintah Provinsi Banten melakukan penyalahgunaan wewenang dan tidak ada kedaulatan atas hak pendidikan diprovinsi ini.

Penulis: Abda Oe Bismillahi
Ketua Umum Nuansa Daerah Pendidikan (NDP) Banten

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,Aktifis Menulis,2,banten,244,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Ekon,1,Ekonomi,82,Hikmah,18,Industri,5,iptek,19,IWO Banten,1,Kab Lebak,574,Kab Pandeglang,86,Kab Serang,78,Kab Tangerang,108,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,9,Kabupaten Tangerang,23,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,1,KNPI KOta Serang,18,konomi,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,321,Kota Tagerang,2,Kota Tangerang,137,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangsel,41,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,Kpud lebak,1,lebak,812,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,NasDem,2,nasional,262,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,14,opini,23,pandeglang,113,Parlemen,25,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,pendidikan,88,Perbankan,6,Pilbuptangerang,1,PKS Banten,1,Ragam,14,Serang,436,serang.Kota Serang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,330,Tangsel,12,teknologi,20,UMKM,13,video,4,Wirausaha,15,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Tidak ada Hak Atas Pendidikan di Indonesia, Maupun di Provinsi Banten
Tidak ada Hak Atas Pendidikan di Indonesia, Maupun di Provinsi Banten
https://3.bp.blogspot.com/-RS9LwW5lW2Y/WtYbv3RSgLI/AAAAAAAAKtM/-lguHPwf50oqqRCYE_8WL-O8VDI8ZEcgQCLcBGAs/s640/abda%2Boe%2Bbismillahi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-RS9LwW5lW2Y/WtYbv3RSgLI/AAAAAAAAKtM/-lguHPwf50oqqRCYE_8WL-O8VDI8ZEcgQCLcBGAs/s72-c/abda%2Boe%2Bbismillahi.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
http://www.bantenekspose.com/2018/04/tidak-ada-hak-atas-pendidikan-di.html
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/2018/04/tidak-ada-hak-atas-pendidikan-di.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy