Keuntungan Berfikir Dengan Metode Ilmiah

Penulis: Arif Hidayatullah Mantan Sekjen Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND) Banyak cara yang bisa dilakukan untuk seseoran...

Penulis: Arif Hidayatullah
Mantan Sekjen Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND)
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk seseorang mendapatkan jawaban atas persoalan-persoalan yang dihadapi. Namun pada akhirnya, hanya akan menjurus pada dua kesimpulan, yaitu tepat atau keliru. Metode berfikir kemudian menjadi alasan dari ketetapan atau ketidak tepatan itu, yang akan dibahas dalam paragraf selanjutnya. Namun, dengan menggunakan metode berfikir yang benar, makan akan meminimalisir kesalahan.

Metode merupakan kata yang berasal dari Bahasa yunani yaitu; meta yang memiliki arti sesudah atau di balik sesuatu, sedangkan hodos artinya jalan yang harus di tempuh. Jadi bisa dikatakan bahwa metode adalah suatu langkah (cara bertindak) yang diambil oleh seseorang sebagai suatu usaha untuk merunutkan (sistemastiskan) sesuatu hal guna untuk mendapatkan jawaban.

Sedangkan Ilmiah adalah suatu pengetahuan yang berkesesuain dengan keadaan dimana pengetahuan tersebut berada.

Sederhananya, metode ilmiah adalah suatu tindakan untuk mengkonfirmasi terhadap sesuatu hal yang sudah ada sebelumnya dengan menggunakan prosedur-prosedur atau aturan-aturan yang sudah disepakati, yang bertujuan untuk membuktikan benar atau tidaknya suatu hal tersebut.

Maka sangat jelas, maksud diadakanya berfikir secara ilmiah adalah untuk membuktikan sesuatu hal yang oleh sebagian orang sudah menganggap benar namun sebagian ada yang menganggap tidak benar, sehingga mendapatkan kesimpulan yang utuh karena sudah terkonfirmasi dengan jelas.

Berfikir secara ilmiah sejatinya sama dengan berfikir secara objektif. Kedua-duanya memiliki semangat untuk mengungkapkan keadaan yang sebenarnya tanpa adanya bumbu-bumbu. Kita contohkan ketika menerima sebuah kabar atau informasi.

Bagi seseorang yang dengan konsisten menerapkan pola berfikir ilmiah atau objektif, maka ia tidak akan secara mentah-mentah menelan informasi/kabar tersebut. Orang tersebut pasti akan melakukan pengecekan baik melalui nara sumber lain atau dengan langsung mengeceknya (investigasi).

Tujuannya adalah jelas, agar tidak ada kesalahan dalam melakukan tindakan. Hal lain juga agar tidak terjadi kesalah pahaman. Sehingga orang yang menggunakan metode ini, akan selalu mempertimbangkan setiap gerak-geriknya yang bertujuan untuk meminimalisir kesalahan.

Dalam hal keilmuan misalnya, metode ilmiah memiliki tujuan dan semangat agar ilmu pengetahuan terus berkembang. Sehingga peradaban manusia akan terus berkembang, karena ilmu yang ada mampu menjawab setiap persoalan-persoalan yang muncul. Pengetahuan yang ada mampu memberikan jalan yang benar dalam mengarungi kehidupan. Itu sebabnya mengapa pengetahuan harus terus dikembangkan.

Namun masih ada diantara kita yang belum menerapkan metode berfikir ini. Masih ada saja yang bertindak dan berfikir berdasarkan apa yang sudah ada, yang sekarang ini sering dinamai dengan istilah sumbu pendek. Padahal jika Kita menilik sejarah peradaban manusia dalam konteks rumah saja, Kita akan menemukan inovasi-inovasi dalam setiap masanya.

Mulai dari bertempat tinggal di Gua, membuat rumah di pohon, rumah dari kayu Dan sekarang rumah bertembok. Itu adalah tradisi umat manusia yang senan tiasa terus berubah Dan berkembang. Dan itu Pula yang membedakan manusia dengan hewan. Lihat saja, cara hewan membuat runah dari dulu sampai sekarang ini. Apakah ada perubahan?

Keuntungan dengan metode berfikir ilmiah seperti penjelasan di atas harusnya membuat kita semakin memantapkan diri, bahwa metode ini lah yang paling tepat bagi manusia untuk berfikir. (***)

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,Aktifis Menulis,2,banten,244,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Ekon,1,Ekonomi,82,Hikmah,18,Industri,5,iptek,19,IWO Banten,1,Kab Lebak,574,Kab Pandeglang,86,Kab Serang,78,Kab Tangerang,108,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,9,Kabupaten Tangerang,23,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,1,KNPI KOta Serang,18,konomi,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,321,Kota Tagerang,2,Kota Tangerang,137,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangsel,41,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,Kpud lebak,1,lebak,812,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,NasDem,2,nasional,262,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,14,opini,23,pandeglang,113,Parlemen,25,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,pendidikan,88,Perbankan,6,Pilbuptangerang,1,PKS Banten,1,Ragam,14,Serang,436,serang.Kota Serang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,330,Tangsel,12,teknologi,20,UMKM,13,video,4,Wirausaha,15,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Keuntungan Berfikir Dengan Metode Ilmiah
Keuntungan Berfikir Dengan Metode Ilmiah
https://1.bp.blogspot.com/-PWyeh0Tbct4/WkOTWmZI8jI/AAAAAAAAIMY/E2dUf67IEvQ5eAPmF7GZzjQN_Elvt7ENQCLcBGAs/s400/lmnd.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-PWyeh0Tbct4/WkOTWmZI8jI/AAAAAAAAIMY/E2dUf67IEvQ5eAPmF7GZzjQN_Elvt7ENQCLcBGAs/s72-c/lmnd.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
http://www.bantenekspose.com/2017/12/keuntungan-berfikir-dengan-metode-ilmiah.html
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/2017/12/keuntungan-berfikir-dengan-metode-ilmiah.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy