Minim Sarpras, Siswa Madrasah Nampak Melas

Bantenekspose.com - Jauh dari kata layak, keberlangsungan kegiatan belajar siswa atau kegiatan belajar mengajar (KBM) di Madrasah D...


Bantenekspose.com - Jauh dari kata layak, keberlangsungan kegiatan belajar siswa atau kegiatan belajar mengajar (KBM) di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Falah, ini persis seperti entepan peda (ikan asin) yang ada di pasar.

Bagaimana tidak, ruangan yang mereka miliki selama ini hanya tiga ruang kelas (lokal). Itu pun dibangun dengan luas bangunan sekitar 15x6 meter atau panjang lebar ruangan rata-rata 4x4 meter.

Berdasarkan data siswa secara keseluruhan, madrasah ini memiliki 120 siswa. Artinya, jika diakumulatif secara rata-rata setiap kelasnya itu menampung 30 orang siswa. Sedangkan, yang mereka butuhkan sekitar 4 (empat) kelas. Pasalnya, tingkatan kelas (level) di madrasah diniyah itu hingga kelas IV (empat).

Lebih miris lagi, dalam satu ruangan (lokal) itu diisi oleh dua kelas yaitu kelas I dan kelas II. Sebab, ruangan yang ada di madrasah ini tidak cukup untuk menampung siswa.

Selain itu pula, siswa di madrasah ini tak menggunakan kursi dan meja. Melainkan kegiatan belajar mereka hanya menggunakan lantai yang tanpa alas atau tikar, pokoknya persis seperti ibu-ibu pengajian di majlis taklim.

Padahal, madrasah ini didirikan setahun sebelum reformasi, tepatnya 1997. Namun, pemerintah yang memiliki peranan penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, seolah-olah tutup mata.

Pihak madrasah pun kebingungan, harus kemana kami mengadu? Bagaimana nasib mereka, nasib generasi bangsa ini? Jeritan seorang guru yang tak mampu membendung air matanya.

Kekurangan ruang kelas sudah jelas, apalagi sarana dan prasana, seperti kursi, meja dan perpustakaan sebagai penunjang belajar pun tak ada. Jangankan berbicara kesejahteraan guru, alat tulis yang digunakan oleh seorang  guru (pendidik) di madrasah ini belum juga mengenakan alat tulis spidol melainkan masih mengenakan kapur tulis (jadul).

Lokasi ini pun tak jauh dari Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) yaitu hanya sekitar 3 kilometer (KM) saja. Lebih tepatnya di Kampung Cigemuk RT/RW. 02/07 Kelurahan Curug, Kecamatan Curug, Kota Serang.
Proses KBM di Madrasah Nurul Falah

Seperti dikatakan seorang alumni MDA Nurul Falah, juga masyarakat setempat. Dirinya ikut prihatin melihat kondisi madrasah yang pernah ia jadikan sebagai tempat menimba ilmu itu tak diperhatikan. Selain itu, dirinya pun menyimpan sebuah harapan besar kepada pemangku kebijakan di republik ini, ia berharap agar segera ada penambahan ruangan kelas, perbaikan (renovasi).

"Perasaan belum pernah direnovasi dari dulu. Ya, saya berharap sih segera diperbaiki, lebih bagus (layak). Itu aja sih," kata Rita kepada 
bantenekspose.com sambil menggendong putra kesayangannya, yang tengah bermain bersama tetangga kampungnya.

Menyimpan harapan yang tak jelas itu, memang sangatlah menjengkelkan. Dan, melihat madrasah (sekolah) lain yang terus dibenahi (direnovasi) itu sangatlah menyakitkan. Demikian dikatakan seorang pria, yang selama ini ikut serta berkecimpung didalam membenahi madrasah yang kondisinya sedang sakit.

"Kondisi madrasah itu memang perlu dibangun, pak lurah mengatakan katanya mau dibangun dua lokal lagi. Namun baru wacana, tapi insya Allah pasti, katanya," ungkap tokoh pemuda Kampung Cigemuk, sambil menunjukan wajah penuh dengan harapan.

Senada demikian, dikatakan wakil kepala madrsah (MDA) Nurul Falah, Ust. Sanim. Sepanjang sejarah madrasah didirikan belum pernah maendapatkan uluran tangan (bantuan) dari pemerintah, mungkin pernah ada tapi tak seberapa, memang kalau rencana (harapan palsu) dari sejak dulu itu sudah ada. Sementara ini, bantuan dana yang digunakan untuk pembangunan termasuk renovasi itu dari swadaya masyarakat (hasil keringat rakyat).

"Dari dulu cuma diomong-omong doang, madrasah-madrasah, ya begitulah, kalau ngomong-ngomong mah, iya. Setiap tahun selalu membicarakan madrasah dan madrasah, seperti itulah gambarannya," kata pria itu, sambil menundukan kepalanya.

Selain itu, Plt. Lurah Kelurahan Curug, Suadah, dirinya mengaku memang kondisi madrasah tersebut sangatlah memprihatinkan. Kata dia, sebetulnya bukan hanya madrasah di Kampung Cigemuk saja, melainkan sebagian besar atau rata-rata kondisinya itu dalam keadaan sakit (batuk).

"Memang kondisinya sangat memprihatinkan khusunya di Kelurahan Curug. Contoh, di kampung Cipecung juga sedang dibangun, ada bantuan dana dari Pemkot (pemerintah kota). Tetapi, itu juga tidak cukup untuk membuat (merenovasi) madrasah, mungkin itu, insya Allah akan diusahakan," katanya.

Memang gundukan pasir dan batu bata (bahan material) yang akan digunakan untuk pembangunan (renovasi) madrasah tersebut sudah ada, namun itu tidak akan cukup, karena tidak sesuai dengan kebutuhan. Itu pun hasil dari swadaya masyarakat. Selain itu, jenis bahan bangunan lainnya seperti kayu (kusen) belum terlihat (terkumpul), walaupun terkadang pihak pengelola harus lari sana sini, mengumpulkan bahan dari sisa bangunan orang lain.

Madrasah Diniayah Takmiliyah di Cigemuk, mungkin baru sebagian kecil potret madrasah yang ada di Kota Serang. Atau, menomorsatukan madrasah di kota dengan semboyan Madani, harus terus menanti.

Penulis: Emde

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,AKFC Serang,1,Aktifis Menulis,2,Ali Hanafiah,2,Amin Ma'ruf,1,APGI BAnten,1,Asep Rahmatullah,1,bank banten,1,banten,277,Batalyon Mandala Yudha,1,BKM Curug,1,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Ciagel kibin,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Desa Kumpay,1,Desa Kuta mekar,1,Desa Kutamekar Pandeglang,1,Desa panyaungan,1,Dinas Pertanian dan Peternakan,1,DLH Kota Serang,1,Ekon,1,Ekonomi,86,Ekonomi Arus Baru,1,Furtasan Nasdem,1,Gas Melon Malingping,1,Hardi Madu,1,Hikmah,19,Ijtima Ulama GPNF,1,Industri,5,iptek,20,IWO Banten,1,jOKOWI-mARIF amIN,1,Jubir Pancasila,1,Jurus Silat Kaserangan,1,Kab Lebak,593,Kab Pandeglang,90,Kab Serang,86,Kab Tangerang,115,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,11,Kabupaten Tangerang,23,Kampanye damai,2,Kapolda Banten,2,Kasepuhan Karang,1,Kemenag Kota Serang,2,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,2,KNPI KOta Serang,18,KNPI Tangsel,2,kodim serang,1,Komunitas Bela Indonesia,1,konomi,1,Korem 064/my,2,Kota Cilegon,10,Kota Serang,338,Kota Tagerang,3,Kota Tangerang,141,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangerang Selatan,2,Kota Tangsel,43,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,KPU KOta Serang,1,Kpud lebak,1,KTP Tercecer,1,Lapindo,1,lebak,824,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,Madrasah Cigemuk,1,Madrasah DIniyah,1,Madrasah Kota Serang,1,Madu Cingagoler,1,Menag Lukman,1,Mesjid Agung kota Serang,2,NasDem,2,Nasdem Kota Serang,1,Nasdem Lebak,1,nasional,275,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,17,Operasi Mantap Brata Kalimaya 2018,2,opini,24,Pakta Integritas Prabowo,1,pandeglang,113,Parlemen,27,Partai Bulan Bintang,1,PC PMII Lebak,1,PDIP Banten,1,Peluang,1,Pemilu2019,1,PemkaB Lebak,1,Pemutakhiran mandiri,1,pendidikan,106,Pengusaha Malingping,1,Perbankan,7,Perda Diniyah,1,Perumahan Polda Banten,1,Pilbuptangerang,1,Pilpres2019,3,PKBM Melati Tigaraksa,1,PKS Banten,1,PMI Banten,1,PMII KOta Serang,1,PMII UNIBA Kota Serang,1,Polda Banten,5,Polres Kab Serang,1,Polres Lebak,1,polres serang kota,1,Polsek Pabuaran,1,Pontren Riyadul Awamil,1,Prabowo Sandi,1,Ragam,15,Riyadul awamil,1,Satpol PP Lebak,1,Serang,443,serang.Kota Serang,1,SMAN 13 Tangerang,1,SMKN 1 Pulo Ampel,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,336,Tangsel,12,teknologi,21,Uhen PPP,1,UMKM,16,Universitas Pelita Harapan.Christina Florensya Mandagi,1,UPH Banten,2,video,4,Wirausaha,18,Wisata,1,Wisata Minat Khusus dan Petualangan,1,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Minim Sarpras, Siswa Madrasah Nampak Melas
Minim Sarpras, Siswa Madrasah Nampak Melas
https://2.bp.blogspot.com/-wkA7DOaNykU/W5j_BNs3RwI/AAAAAAAAMEI/kH4XAQtb7SAn4thTwKh2EamE6vYlvW3XACLcBGAs/s640/nf-cigeuk.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-wkA7DOaNykU/W5j_BNs3RwI/AAAAAAAAMEI/kH4XAQtb7SAn4thTwKh2EamE6vYlvW3XACLcBGAs/s72-c/nf-cigeuk.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
https://www.bantenekspose.com/2018/09/minim-sarpras-siswa-madrasah-nampak.html
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/2018/09/minim-sarpras-siswa-madrasah-nampak.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy