Kreativitas dan Dukungan Akademik, Mengantar Mahasiswa Kedokteran UPH Raih Juara RMO 2018

Bantenekspose.com - Karakter kreatif dan mandiri ditunjukkan oleh Hubert  Subekti dan Irene,   mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas...

Bantenekspose.com - Karakter kreatif dan mandiri ditunjukkan oleh Hubert  Subekti dan Irene,  mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (UPH) angkatan 2015,  peraih medali emas cabang  Urogenital ajang tahunan Regional Medical Olympiad (RMO) 2018.

Namun kreativitas saja tidak cukup. Di FK UPH mahasiswa yang mengikuti kompetisi juga didukung secara akademik oleh dosen pembimbing sekaligus Urologist RS Siloam Karawaci, Dr. dr. Edwin Tobing, Sp.Udan dr. ChristianoTansol, Sp.U.Prestasi di bidang ini bukan yang pertama, karena sebelumnya dua tahun berturut-turut FK UPH selalu menempati juara 1.

“Dengan kesibukan sebagai dokter spesialis, dosen kami masih mau meluangkan waktu membimbing kami dalam menghadapi kompetisi RMO,” ujarHubert.

Persiapan mengikuti lomba ini tidaklah mudah. Seperti Hal tersebut diungkapkan Irene, mereka harus berlatih sambil tetap mempersiapkan bahan perkuliahan mereka di semester berikutnya.

Penyocokan jadwal bimbingan pun sempat menjadi kendala. Namun berkat komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing, hal tersebut bisa diatasi. “Saya salut dengan mereka karena dengan keterbatasan waktu dan jadwal yang padat, mereka tetap mau mempersiapkan kompetisi ini sampai bisa juara,” ungkap dr. Edwin.

Hubert dan Irene mengakui, dalam proses bimbingan selama beberapa bulan, terkadang mereka tidak sempat bertatap muka. Karena itu masing-masing pihak saling mendukung. Hubert dan Irene diberikan dukungan akademik dalam bentuk latihan-latihan soal dan materi pendukung berupa buku atau e-book. Begitu pula bila mereka memiliki pertanyaan, maka dr. Edwin dan dr. Christiano tak segan untuk menjawab.

Itulah bentuk kreativitas dan kemandirian mereka.Hasilnya, FK UPH berhasil mempertahankan juara 1 di cabang Urogenital ini, setelah tahun lalu juga meraih juara yang sama.
Irene dan Hubert Subekti, Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (UPH) angkatan 2015, yang berhasil menyabet juara 1 Kompetisi RMO 2018 (foto: Istimewa)

Selain Hubert dan Irene, FK UPH juga berhasil menggondol empat juara lainnya, yaitu juara 2 dari cabang Kardiorespirasi dan cabang Infeksi Tropis, serta juara 3 dari cabang Neuropsikiatri dan cabang Muskuloskeletal.

Kompetisi RMO ini diadakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) yang diadakan rutin tiap tahun di tiga regional. UPH tergabung dalam regional dua bersama berbagai universitas dari wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, juga Kalimantan Barat. Untuk tahun ini ada total 11 universitas yang ikut, terdiri dari universitas negeri dan swasta.

Langganan Juara
Hubert dan Irene bercerita tentang perjuangan mereka bersaing dengan para peserta lain. “Walaupun harus bersaing dengan banyak universitas negeri terbaik, kami juga tidak minder dan tetap berjuang sebaik mungkin,” ungkap Irene. Keduanya memang sudah langganan juara lomba.

Khusus untuk RMO tahun ini, mereka terlebih dahulu mengikuti tes di tingkat fakultas, yang meliputi tes tertulis dan interview. Setelah terpilih, mereka maju bersaing lewat babak penyisihan. Pada babak ini, para peserta diberikan tes tertulis dan lab. Enam universitas kemudian lolos ke babak semifinal. Pada babak ini, mereka masih diberikan tes tertulis ditambah clinical examination, yaitu tes dengan kasus tertentu, dan peserta diminta memberikan analisis penyakit tersebut, tes fisik, juga bagaimana cara terapinya.

Lalu pada babak final, terpilih tiga universitas terbaik yang masih harus menghadapi beberapa rangkaian tes. Peserta diberikan sebuah kasus lagi, dan diminta untuk menjelaskan tentang penyakit tersebut, mulai dari berapa besar persentasenya di dunia, bagaimana cara penularannya, bagaimana cara mengobatinya, sampai upaya public health untuk masyarakat. Di akhir lomba, ada soal cerdas cermat dalam bentuk rebutan.

Untuk rencana dalam waktu dekat, Hubert dan Irene akan ikut berlaga di ajang Indonesian International Medical Olympiad (IMO) pada bulan Oktober mendatang. Lomba ini berskala internasional dan akandiikuti oleh universitas dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Mereka berharap bisa menang di kompetisi ini.  “Kita akan berusaha yang terbaik untuk IMO,” ungkap Irene. (it/red)

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,AKFC Serang,1,Aktifis Menulis,2,Ali Hanafiah,2,Amin Ma'ruf,1,APGI BAnten,1,Asep Rahmatullah,1,banten,272,Batalyon Mandala Yudha,1,BKM Curug,1,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Ciagel kibin,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Desa Kumpay,1,Desa Kuta mekar,1,Desa Kutamekar Pandeglang,1,Desa panyaungan,1,Dinas Pertanian dan Peternakan,1,DLH Kota Serang,1,Ekon,1,Ekonomi,86,Ekonomi Arus Baru,1,Furtasan Nasdem,1,Gas Melon Malingping,1,Hardi Madu,1,Hikmah,19,Ijtima Ulama GPNF,1,Industri,5,iptek,20,IWO Banten,1,jOKOWI-mARIF amIN,1,Jurus Silat Kaserangan,1,Kab Lebak,591,Kab Pandeglang,90,Kab Serang,85,Kab Tangerang,115,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,11,Kabupaten Tangerang,23,Kampanye damai,2,Kapolda Banten,2,Kemenag Kota Serang,2,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,2,KNPI KOta Serang,18,KNPI Tangsel,2,kodim serang,1,konomi,1,Korem 064/my,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,338,Kota Tagerang,3,Kota Tangerang,141,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangerang Selatan,2,Kota Tangsel,43,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,KPU KOta Serang,1,Kpud lebak,1,KTP Tercecer,1,Lapindo,1,lebak,822,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,Madrasah Cigemuk,1,Madrasah DIniyah,1,Madrasah Kota Serang,1,Madu Cingagoler,1,Mesjid Agung kota Serang,2,NasDem,2,Nasdem Kota Serang,1,Nasdem Lebak,1,nasional,274,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,17,Operasi Mantap Brata Kalimaya 2018,2,opini,24,Pakta Integritas Prabowo,1,pandeglang,113,Parlemen,27,Partai Bulan Bintang,1,PC PMII Lebak,1,PDIP Banten,1,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,Pemutakhiran mandiri,1,pendidikan,104,Pengusaha Malingping,1,Perbankan,6,Perda Diniyah,1,Perumahan Polda Banten,1,Pilbuptangerang,1,Pilpres2019,3,PKBM Melati Tigaraksa,1,PKS Banten,1,PMI Banten,1,PMII KOta Serang,1,PMII UNIBA Kota Serang,1,Polda Banten,3,Polres Kab Serang,1,Polres Lebak,1,polres serang kota,1,Polsek Pabuaran,1,Pontren Riyadul Awamil,1,Prabowo Sandi,1,Ragam,15,Riyadul awamil,1,Satpol PP Lebak,1,Serang,442,serang.Kota Serang,1,SMAN 13 Tangerang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,336,Tangsel,12,teknologi,21,Uhen PPP,1,UMKM,16,Universitas Pelita Harapan.Christina Florensya Mandagi,1,UPH Banten,1,video,4,Wirausaha,18,Wisata,1,Wisata Minat Khusus dan Petualangan,1,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Kreativitas dan Dukungan Akademik, Mengantar Mahasiswa Kedokteran UPH Raih Juara RMO 2018
Kreativitas dan Dukungan Akademik, Mengantar Mahasiswa Kedokteran UPH Raih Juara RMO 2018
https://3.bp.blogspot.com/-zLzLRkzMw6w/W5hoAZHRsEI/AAAAAAAAMCo/-Aw2zxwHhLkfAUW0UXx_9bo67VKWbhRvwCLcBGAs/s640/uph.png
https://3.bp.blogspot.com/-zLzLRkzMw6w/W5hoAZHRsEI/AAAAAAAAMCo/-Aw2zxwHhLkfAUW0UXx_9bo67VKWbhRvwCLcBGAs/s72-c/uph.png
Berita Banten - Banten Ekspose
https://www.bantenekspose.com/2018/09/kreativitas-dan-dukungan-akademik.html
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/2018/09/kreativitas-dan-dukungan-akademik.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy