Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Kemangi adalah tumbuhan yang gemar tumbuh ketika musim hujan mulai berlangsung. Tumbuhan ini memiliki pohon berukuran kecil menyerupai r...

Kemangi adalah tumbuhan yang gemar tumbuh ketika musim hujan mulai berlangsung. Tumbuhan ini memiliki pohon berukuran kecil menyerupai rumput. Tubuhnya diblut oleh bulu halus yang aman untuk disentuh. Didalam bunga kemangi, terdapat biji yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pengganti biji selasih. Daun tumbuhan kemangi memiliki rasa dan aroma yang khas. Rasa dan aroma tersebut kemudian membuat daun ini banyak digunakan sebagai lalap makan bersama penyet ikan.

 

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Selain segar saat dikonsumsi, ternyata daun kemangi juga mengandung banyak manfaat yang baik untuk tubuh manusia. Apa saja manfaat tersebut? berikut akan saya jelaskan mengenai detailnya.

Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat daun kemangi yang pertama adalah sebagai obat penjaga kesehatan mata. Daun kemangi mengandung vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata. Cara mengkonsumsinya adalah dalam bentuk minuman atau dapat juga dimakan mentah bersama nasi. Meskipun vitamin A yang terkandung dalam daun kemangi tidak sebanyak vitamin A dalam wortel, namun jumlah tersebut masih cukup untuk menjaga kesehatan mata.

Mengatasi Bau Mulut
Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa daun kemangi juga sangat ampuh mengobati masalah bau mulut. Selain bau mulut, kemangi juga mampu menanggulangi bau badan yang tidak sedap. Oleh karena itu, banyak ramuan tradisional yang melibatkan daun kemangi untuk mengobati masalah bau mulut dan bau badan.

Melawan Menopouse Dini
Dibalik aromanya yang khas, daun kemangi merupakan tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai obat penunda menopouse. Daun kemangi merupakan daun yang mengandung zat triptofan yang mampu menghambat datangnya menopouse. Karena itulah, jika anda ingin agar lebih lambat mengalami menopouse konsumsilah dan kemangi setiap hari. Selain itu, zat triptofan dalam daun kemangi juga mampu menghambat terbentuknya keriput pada kulit dan juga mengangkat sel kulit mati. Dengan begitu, anda akan menjadi lebih cantik dan sehat.

Mengobati Batuk dan Pilek
Khasiat daun kemangi yang berikutnya adalah sebagai pencegah batuk pilek. Daun yang kerap dijadikan lalapan ini mengandung zat yang mampu menjauhkan bakteri penyebab batuk dan pilek. Manfaat tersebut dapat anda dapatkan dengan meminum wedang kemangi saat hangat ketika musim dingin. Selain dapat mengobati batuk pilek, daun kemangi juga mampu menghangatkan tubuh sehingga tubuh dapat terasa nyaman.

Mengobati Keputihan
Di dalam daun kemangi terdapat kandungan antibiotik alami yang mampu membunuh kuman penyebab keputihan. Cara memakainya adalah dengan memakan daun kemangi mentah-mentah bersama nasi. Selain dapat menghindari keputihan, daun kemangi juga mampu menjaga aroma alat reproduksi agar tetap sedap. Dengan begitu, anda akan merasa percaya diri saat berdekatan dengan suami.

Sebagai Antiradang
Manfaat yang berikutnya adalah sebagai obat anti peradangan hal tersebut dikarenakan daun kemangi mengandung zat cineole myrcene dan eugenol yang berperan sebagai antibiotik alami dalam tubuh. Antibiotik tersebut berperan penting dalam mencegah terjadinya peradangan pada tubuh. Karena itulah mengkonsumsi daun kemangi dapat membuat anda terhindar dari peradangan.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kegunaan dari tanaman ini yang keenam adalah sebagai obat penjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan daun kemangi mengandung betakaroten dan magnesium yang sangat tinggi. Tak heran jika dengan mengkonsumsi daun kemangi, jantung anda akan tetap terjaga kesehatannya. anda dapat mengkonsumsi daun kemangi dalam bentuk daun asli atau sebagai minuman hangat.

Demikian ulasan mengenai manfaat daun kemangi bagi kesehatan. Dengan memahami manfaat-manfaat tersebut, anda akan mendapat tambahan referensi obat jika suatu saat anda atau orang disekitar anda mengalami gangguan kesehatan tertentu. Selamat mencoba !


COMMENTS

Nama

Advertorial,3,AKFC Serang,1,Aktifis Menulis,2,Ali Hanafiah,2,Amin Ma'ruf,1,APGI BAnten,1,Asep Rahmatullah,1,bank banten,1,banten,277,Batalyon Mandala Yudha,1,BKM Curug,1,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Ciagel kibin,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Desa Kumpay,1,Desa Kuta mekar,1,Desa Kutamekar Pandeglang,1,Desa panyaungan,1,Dinas Pertanian dan Peternakan,1,DLH Kota Serang,1,Ekon,1,Ekonomi,86,Ekonomi Arus Baru,1,Furtasan Nasdem,1,Gas Melon Malingping,1,Hardi Madu,1,Hikmah,19,Ijtima Ulama GPNF,1,Industri,5,iptek,20,IWO Banten,1,jOKOWI-mARIF amIN,1,Jubir Pancasila,1,Jurus Silat Kaserangan,1,Kab Lebak,593,Kab Pandeglang,90,Kab Serang,86,Kab Tangerang,115,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,11,Kabupaten Tangerang,23,Kampanye damai,2,Kapolda Banten,2,Kasepuhan Karang,1,Kemenag Kota Serang,2,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,2,KNPI KOta Serang,18,KNPI Tangsel,2,kodim serang,1,Komunitas Bela Indonesia,1,konomi,1,Korem 064/my,2,Kota Cilegon,10,Kota Serang,338,Kota Tagerang,3,Kota Tangerang,141,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangerang Selatan,2,Kota Tangsel,43,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,KPU KOta Serang,1,Kpud lebak,1,KTP Tercecer,1,Lapindo,1,lebak,824,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,Madrasah Cigemuk,1,Madrasah DIniyah,1,Madrasah Kota Serang,1,Madu Cingagoler,1,Menag Lukman,1,Mesjid Agung kota Serang,2,NasDem,2,Nasdem Kota Serang,1,Nasdem Lebak,1,nasional,275,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,17,Operasi Mantap Brata Kalimaya 2018,2,opini,24,Pakta Integritas Prabowo,1,pandeglang,113,Parlemen,27,Partai Bulan Bintang,1,PC PMII Lebak,1,PDIP Banten,1,Peluang,1,Pemilu2019,1,PemkaB Lebak,1,Pemutakhiran mandiri,1,pendidikan,106,Pengusaha Malingping,1,Perbankan,7,Perda Diniyah,1,Perumahan Polda Banten,1,Pilbuptangerang,1,Pilpres2019,3,PKBM Melati Tigaraksa,1,PKS Banten,1,PMI Banten,1,PMII KOta Serang,1,PMII UNIBA Kota Serang,1,Polda Banten,5,Polres Kab Serang,1,Polres Lebak,1,polres serang kota,1,Polsek Pabuaran,1,Pontren Riyadul Awamil,1,Prabowo Sandi,1,Ragam,15,Riyadul awamil,1,Satpol PP Lebak,1,Serang,443,serang.Kota Serang,1,SMAN 13 Tangerang,1,SMKN 1 Pulo Ampel,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,336,Tangsel,12,teknologi,21,Uhen PPP,1,UMKM,16,Universitas Pelita Harapan.Christina Florensya Mandagi,1,UPH Banten,2,video,4,Wirausaha,18,Wisata,1,Wisata Minat Khusus dan Petualangan,1,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan
Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan
http://4.bp.blogspot.com/-vj5HifhSyF0/VqTbi6dD1FI/AAAAAAAADFg/DYu4iqFpLyM/s640/daun-kemangi1.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-vj5HifhSyF0/VqTbi6dD1FI/AAAAAAAADFg/DYu4iqFpLyM/s72-c/daun-kemangi1.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
https://www.bantenekspose.com/2016/01/manfaat-daun-kemangi-bagi-kesehatan.html
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/2016/01/manfaat-daun-kemangi-bagi-kesehatan.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy