Ragam Keindahan Destinasi Wisata Pantai Cilangkahan

Eksotisme Pantai Sawarna, salah satu destinasi wisata Cilangkahan. (Foto: Nurhaipin-Bantenekspose.com) WILAYAH  Kabupaten Lebak ...



Eksotisme Pantai Sawarna, salah satu destinasi wisata Cilangkahan. (Foto: Nurhaipin-Bantenekspose.com)
WILAYAH Kabupaten Lebak bagian Selatan (Baksel) yang merupakan wilayah calon Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Cilangkahan, sejatinya memiliki berbagai potensi wisata pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi, dan pastinya cocok untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun ini. Mulai dari ujung barat Kecamatan Wanasalam yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pandeglang, hingga ujung timur Kecamatan Cilograng yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat, terbentang kawasan pantai sepanjang 75 kilometer yang memiliki aneka ragam keindahannya tersendiri. Semua destinasi wisata pantai tersebut relatif mudah untuk diakses para wisatawan, sebab mayoritas lokasinya berada di pinggir jalan nasional Binuangeun-Simpang-Bayah.

Seperti halnya, di Desa Muara Binuangeun, Kecamatan Wanasalam. Di daerah tersebut sedikitnya ada lima kawasan pantai yang menjadi tujuan para wisatawan. Diantaranya, Pantai Karang Malang, Sawah Kabayan, Kembang Ranjang, Tanjung Panto, Karang Seke. Ke empat lokasi wisata pantai ini, lokasinya berdekatan, sehingga untuk menjelajah semua lokasi tersebut sangat mudah.

Di lokasi wisata, terdapat pemandangan deburan ombak yang tak henti-hentinya menerjang batu karang. Disana tidak terdapat hotel atau penginapan, hanya ada warung-warung kecil berjejer di pinggi pantai. Biasanya, di lima lokasi wisata ini para wisatawan tidak ada yang berani brenang, mereka hanya memanfaatkan kawasan ini untuk sekedar bancakan bersama keluarga.

Di hari-hari biasa untuk masuk ke lokasi pantai ini, para wisatawan tidak dikenakan biaya apapun, kecuali saat musim liburan hari besar, yakni Rp 5.000 per orang. Di Muara Binuangeun, wisatawan tidak akan kesulitan untuk mendapatkan ikan untuk sekedar bancakan, sebab Muara Binuangeun memiliki Pusat Pendaratan Ikan (PPI) terbesar se Kabupaten Lebak.

Bergeser ke arah timur dari Desa Muara Binuangeun, terdapat satu destinasi wisata pantai Kebo Dongkol, di Desa Wanasalam. Destinasi wisata yang satu ini baru di buka satu tahun yang lalu oleh Pemerintah Desa setempat. Disini, wisatawan bisa menikmati hamparan pasir yang landai dan pantainya cocok untuk berenang, namun jangan terlalu tengah karena ombaknya cukup deras. Di sekitar kawasan wisata yang satu ini terdapat sebuah penginapan dan pedagang kecil yang berjejer di pintu masuk lokasi wisata. Untuk masuk ke lokasi wisata pantai yang satu ini wisatawan sama sekali tidak dikenakan biaya apapun.

Sementara di Kecamatan Malingping, terdapat kawasan wisata yang cukup terkenal, baik oleh wisatawan lokal maupun regional, yakni Pantai Bagedur dan Talanca, di Desa Sukamanah dan Cilangkahan.

Di tahun 90-an, kedua lokasi wisata pantai ini cukup booming di telinga para penikmat papan seluncur surfing. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang landai, sehingga para wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai ini sambil berkendara di pinggir pantai. Di kawasan wisata ini terdapat penginapan yang cukup besar dan pedagang di sepanjang pinggir pantainya.Wisatawan cukup mrogoh uang Rp 5.000 untuk masuk ke lokasi wisata. Di pantai ini ada keunikan tersendiri, terutama di Pantai Talanca, yang masuk ke wilayah Desa Cilangkahan, sebab di pantai tersebut terdapat sebuah danau yang bersentuhan langsung dengan laut. Potensi alam tersebut masih terlihat alami, belum tersentuh tangan pemerintah. Cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati suasan hening sepi.

Selanjutnya ke arah timur dari Kecamatan Malingping. Disana terdapat beberapa lokasi wisata yang cukup memanjakan mata. Seperti diataranya, Pantai Pasir Putih di Desa Ciparahu, Kecamatan Cihara. Masyarakat setempat menyebut lokasi ini Pantai Pasput. Disini, wisatawan akan disajikan pemandangan karang-karang yang menjulang di sepanjang pantai. Pantai ini akan lebih terlihat indah di waktu petang menjelang malam, karena kita akan menyaksikan tenggelamnya matahari atau sunset diantara batu karang. Di lokasi wisata ini para pdagangnya mnyediakan saung-saung lesehan untuk para wisatawan menikmati pemandangan pantai. Diantara batu karang, disana kita akan menemukan batu karang yang membentuk kobak secara alami, dan kobak-kobat itu kerap digunakan anak kecil untuk berenang. Untuk masuk ke lokasi wisata ini, wisatawan tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

Tidak jauh dari Pasput, ke arah timur wisatawan akan melihat batu karang yang menjulang tinggi. Karang Tumaritis, masyarakat setempat menyebutnya. Di sekitar Karang Tumaritis terdapat pelabuhan perahu nelayan. Tetapi tidak sebesar di Muara Binuangeun. Di Karang Tumaritis hanya nelayan yang menggunakan perahu-perahu kecil.

Sekira dua Kilometer ke arah timur dari Pantai Karang Tumaritis, terdapat destinasi wisata pantai Cibobos. Pantai Cibobos ini di kelola oleh Perum Perhutani Badan Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Bayah, sehingga untuk masuk ke Cibobos kita dikenakan biaya Rp 5.000 per orang. Di Cibobos, wisatawan akan menikmati alaminya alam, sebab selain pemandangan pantai disana terdapat pepohonan berukuran besar, membuat kondisi cuaca di Pantai ini jadi sejuk. Disana sedikit sekali pedagang, sehingga lebih baik jika berkunjung ke Cibobos membawa bekal makanan yang cukup.

Sementara di Kecamatan Bayah, sekira 20 kilo meter kearah timur dari Pantai Cibobos, ada Pantai Pulo Manuk. Nah, disini kita menyaksikan segerombolan monyet liar berbulu kelabu yang turun dari balik kawasan hutan leweng saketeng, seperti ingin menyambut kedatangan wisatawan ke lokasi pantai ini. Sebagaimana layaknya pantai, pasti menyajikan pemandangan ombak yang terlihat seperti berlomba mencapai garis pantai, meninggalkan lautan biru di belakangnya. Konon, pulau kecil yang tampak jelas terlihat dari pantai Pulo Manuk menjadi habitat ratusan burung serta perlintasan migrasinya. Sosok pulau karang nan mungil itu tampak magis saat ditimpa matahari sore. Di situ juga menjadi  permukiman ular laut, berwarna belang-belang perak dan hitam. Pantai Pulo Manuk ini dikelola oleh Perhutani dan setiap pengunjung dikenai tiket seharga Rp5.000.

Selain sejumlah destinasi wisata diatas, wilayah Baksel juga memiliki pantai yang sejumlah kalangan menyebutnya surga tersembunyi, yakni Pantai Sawarna di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah. Lokasinya sekira 15 kilo meteran di sebelah selatan kota Kecamatan Bayah. Ragam pesona dimiliki pantai yang lokasinya hanya bisa diakses dengan kendaraan roda dua ini. Dari mulai goa-goa kecil, karang menjulang, hinga deburan ombak laut selatan Jawa berdebur-debur kencang di pantai yang cantik ini.

Di pantai ini ada empat lokasi yang jadi paporit wisatawan, diantaranya Pantai Pasir Putih, Legonpari, Ciantir dan Tanjung Layar. Ketiga lokasi tersebut memiliki keunggulan berbeda. Seperti di Pantai Pasir Putih. Disana kita akan dimanjakan pemandangan pasir pantai nan landai.

Berbeda dengan pemandangan di Pantai Legon Pari. Di lokasi yang satu ini, lebih baik wisatawan menikmatinya di pagi hari, untuk menyaksikan panorama terbitnya sang surya dari balik bebukitan. Namun jika wisatawan ingin menikmati derasnya ombak, bisa mencoba keganasan pantai ciantir. Biasanya disana peselancar melampiaskan hobynya diantara gulungan ombak yang cukup deras.

Sementara di Pantai Tanjung Layar, wisatawan bisa menyaksikan batu-batu besar yang menjulang dengan tinggi hingga sekitar 20 meter menambah aksen pada senja yang indah. Di belakang batu-batu itu terdapat karang yang menyerupai benteng penahan gelombang.

Di sekitar pantai Sawarna ini sedikitnya terdapat 60 penginapan. Setiap penginapan rata-rata memiliki lima kamar. Tarif kamar untuk bermalam umumnya berkisar Rp 200.000-Rp 500.000 per hari, bergantung pada luas kamar dan menggunakan penyejuk ruangan atau tidak. Sementara untuk masuk ke lokasi wisata, pengunjung hanya cukup membayar Rp 5.000 ribu per orang. (Sohib)

COMMENTS

Nama

Abuya Muhtadi,1,Ade Arianto,1,Adi Abdilah,1,Advertorial,3,AKFC Serang,1,Aktifis Menulis,2,Ali Hanafiah,3,Aliyah MA Cigemblong,1,Amin Ma'ruf,1,Andika,1,APGI BAnten,1,Asep Rahmatullah,1,bank banten,1,Bante,1,banten,368,Banten lama,3,Batalyon Mandala Yudha,1,Bawaslu Banten,2,Bidhumas Polda Banten,5,BKM Curug,3,BPJS BANTen,1,Brimob Jabar,2,Brimobda Banten,3,bulog tangerang,1,Ciagel kibin,1,Cibobos,1,CIhara Ciparahu,1,Cilangkahan,280,cilegon,28,Cilograng,2,CPNS Lebak,1,Dandim 0603/Lebak,1,Danrem 064/Maualana Yusuf,2,Darul ulum paNyaungan,1,Desa,1,Desa Kumpay,2,Desa Kuta mekar,1,Desa Kutamekar Pandeglang,1,Desa panyaungan,1,Desa Tobat,1,Dinas Pertanian dan Peternakan,1,Dinkes kota serang,1,Dishub Kota Serang,1,Ditlantas Polda Banten,3,ditsabhara polwan banten,1,DLH Kota Serang,1,Ekon,1,Ekonomi,124,Ekonomi Arus Baru,1,Furtasan Nasdem,1,Gas Melon Malingping,1,Gemuk,1,GMNI BAnten,1,golkar banten,2,Gubernur WH,1,Hardi Madu,1,HAri santri,1,hari santri 2018,1,HGN 2018,1,Hikmah,19,Hukrim,148,HUT 18 Banten,1,Ijtima Ulama GPNF,1,Industri,7,iptek,21,IWO Banten,2,jOKOWI-mARIF amIN,1,Jubir Pancasila,1,Jurus Silat Kaserangan,1,Kab Lebak,672,Kab Pandeglang,112,Kab Serang,125,Kab Tangerag,10,Kab Tangerang,130,Kab. Lebak,6,Kab. Serang,2,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,11,Kabupaten Tangerang,25,Kalimaya Lebak,1,Kampanye damai,2,Kampus,4,Kanwil Kemenag Banten,1,Kapal Bosok Curug,2,Kapolda Banten,8,Kasepuhan Karang,1,Kebun teh Cikuya,1,Kec Sobang,1,Kemenag Kota Serang,2,Kemenag Lebak,1,kesehatan,92,Khazanah,8,Kiprah,34,kirab satu negeri,1,KNPI,2,KNPI Banten,7,KNPI Kab Serang,1,KNPI KOta Serang,21,KNPI Lebak,1,KNPI Tangsel,2,Kodim 0602/Serang,1,Kodim Lebak,1,kodim serang,2,Komunitas Bela Indonesia,2,konomi,1,kopassus,1,Koperasi,2,Korem 064/my,9,Kota Cilegon,16,Kota Serang,428,Kota Seranng,1,Kota Tagerang,5,Kota Tangerang,150,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangerang Selatan,3,Kota Tangsel,49,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,KP3b,1,KPU KOta Serang,3,Kpud lebak,1,KTP Tercecer,1,Lapindo,1,lebak,909,Lebak Smart Tax,1,Lingkungan Hidup,1,Lion air,1,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,lmpi kota serang,1,Madrasah Cigemuk,1,Madrasah DIniyah,1,Madrasah Kota Serang,1,Madu Cingagoler,1,Malingping,1,Menag Lukman,1,menpan RB,1,Mesjid Agung kota Serang,2,Muhamad Ilham,1,NasDem,2,Nasdem Kota Serang,1,Nasdem Lebak,1,nasional,301,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,31,Operasi Mantap Brata Kalimaya 2018,2,opini,28,Pakta Integritas Prabowo,1,pandeglang,135,Pandidikan,1,Parlemen,36,Partai Bulan Bintang,1,PC PMII Lebak,1,PCNU Lebak,1,PDIP Banten,1,Peluang,1,Pemilu2019,1,PemkaB Lebak,3,pemkot cilegon,1,Pemutakhiran mandiri,1,pendidikan,167,Pengusaha Malingping,1,Perbankan,7,Perda Diniyah,1,Persit Korem,1,Perumahan Polda Banten,1,PGMI Cihara,1,Pilbuptangerang,1,Pilpres2019,3,PKBM Melati Tigaraksa,1,PKS Banten,2,PMI Banten,1,PMII KOta Serang,1,PMII UNIBA Kota Serang,1,Polairud Banten,1,Polda Banten,39,Polda Lampung,3,Polres Cilegon,2,Polres Kab Serang,6,Polres Lebak,4,Polres Pandeglang,3,Polres Serang,4,polres serang kota,6,Polresta Bandarlampung,5,Polresta Tangerang,7,Polsek Maja,1,Polsek Pabuaran,1,Polsek Serang,1,Polwan Sabhara,1,Pontren Darul ulum,1,Pontren Riyadul Awamil,1,PPP Kota Serang,1,Prabowo Sandi,1,Ragam,20,Ranmor,3,Relawan Kemanusiaan Banten,1,Revitalisasi Banten lama,2,Riyadul awamil,1,Sahabat Polisi,1,Satpol PP Lebak,1,Serang,568,serang.Kota Serang,1,Seranng,1,SMAN 1 CIbadak,1,SMAN 13 Tangerang,1,SMKN 1 Pulo Ampel,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,15,sRANG,1,STKIP Jawilan,1,tagerang,5,tangerang,370,Tangsel,12,TB Amri,1,teknologi,22,Teminal Cipocok,1,Terminal Cipocok,4,Tradisi siraman,1,Uhen PPP,2,Ujung Kulon,1,UMKM,25,Universitas Pelita Harapan.Christina Florensya Mandagi,1,Unsera,1,UPH Banten,23,UPH Jakarta,3,VESBanten,1,video,4,Wahidin Halim,1,Wirausaha,18,Wisata,1,Wisata Minat Khusus dan Petualangan,1,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Ragam Keindahan Destinasi Wisata Pantai Cilangkahan
Ragam Keindahan Destinasi Wisata Pantai Cilangkahan
//img2.blogblog.com/img/video_object.png
http://3.bp.blogspot.com/-Wjap2uuhCmQ/VmqRLH0-YxI/AAAAAAAACwc/g2AUk9t7fDo/s72-c/Arifin%2BNoer%2BLa%2BGaligo.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
https://www.bantenekspose.com/2015/12/ragam-keindahan-destinasi-wisata-pantai.html
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/2015/12/ragam-keindahan-destinasi-wisata-pantai.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy