Penyakit Bagi Pecinta Dunia Maya

Berapa jam sehari anda habiskan di depan komputer? Bagi para pekerja menghabiskan waktu antara 4 sampai 8 jam sehari merupakan hal bia...

Berapa jam sehari anda habiskan di depan komputer? Bagi para pekerja menghabiskan waktu antara 4 sampai 8 jam sehari merupakan hal biasa yang sudah menjadi kebiasaan, bagaimana dengan anda penggemar dunia maya?

Sepulang kerja, anda pasti melanjutkan hobi berselancar di internet. Selain membaca berita atau sekedar mencari hal baru, anda mungkin menghabiskan banyak waktu bertegur sapa dengan teman-teman maya melalui situs jejaring sosial atau chat messenger hinga lupa waktu.

Dunia internet memang membawa kesenangan tersendiri namun juga membawa dampak buruk bagi perilaku bahkan kesehatan kita.

Menurut WHO ketidakaktifan fisik berkaitan erat dengan 3,2 juta kematian tiap tahunnya, 70.000 kematian dini bagi masyarakat sebelum berusia 60 tahun di seluruh dunia, serta 90% kecacatan sebelum usia 60 tahun di negara-negara berkembang.

Aktifitas dengan posisi duduk seperti menonton TV, main video game, bekerja di depan komputer, dan kegiatan lain yang sejenis selain berpengaruh pada perilaku sosial kita juga dapat menyebabkan sitting disease atau penyakit akibat terlalu lama duduk seperti berikut ini :

1.Gangguan kejiwaan OCPD
OCPD adalah kepanjangan dari Obsessive-Compulsive Personality Disorder yaitu gangguan yang bisa terjadi jika seseorang terlalu sering mengakses internet, jika terkena gangguan ini, seseorang menjadi sulit berpikir rasional, dan menganggap dirinya paling cerdas di dunia maya. Sedangkan orang lain itu bodoh.

Contoh nyatanya adalah saat seseorang terlalu sering membenarkan penggunaan bahasa seseorang, seperti pada situs berita yang memberitakan seorang wanita yang melakukan oprasi plastik dan orang yang terkena gangguan menghina-hina dan menganggapnya bodoh.

2.Gangguan kejiwaan munchausen
Di dalam dunia psikologi ini bernama Munchausen Syndrome, gangguan ini membuat seseorang mau membuat kebohongan tentang dirinya demi mendapatkan simpatik dan rasa kasihan orang lain di dunia maya, Bisa dikatakan haus perhatian dan kasih sayang.

Di jejaring sosial sendiri sangat banyak seseorang menceritakan kisah dirinya atau bahkan saudaranya terkena penyakit mematikan dan hal-hal sedih yang membuat orang lain kasihan dan simpatik. Padahal semua itu hanyalah kebohongan belaka.

3.Gangguan kejiwaan internet asperger syndrome
Anda pernah bertemu seseorang yang bawel dan cerewet di dunia maya? Namun ketika bertemu langsung dengan orangnya, ia sangat pendiam. Begitu juga sebaliknya. Bisa dikatakan bahwa internet atau jejaring sosial yang ada membuat seseorang bisa mengekspresikan dirinya. Bahkan orang bisa menjadi apa saja di internet tanpa diketahui identitasnya, sehingga ia merasa aman walaupun kata-kata yang ia tulis di jejaring sosial sangat kasar dan hal tersebut berpotensi dibenci banyak orang.

4.Gangguan kejiwaan onlineIntermittent explosive disorder
Untuk gangguan jiwa yang satu ini bisa membuat seseorang marah karena hal-hal remeh. Dalam dunia psikologis, gangguan ini bernama Intermittent Explosive Disorder. Biasanya seseorang mudah marah hanya karena status temannya di jejaring sosial, bahkan kadang hal yang bersifat lucu juga ditanggapi serius oleh penderita gangguan jiwa ini.

5.Gangguan kejiwaan low forum frustration tolerance.
Jika terkena ganguan ini seseorang akan sangat ingin dirinya dianggap penting dan apa yang dilakukan harus mendapatkan hasil seperti apa yang diinginkan, bahkan ia akan melakukan banyak hal agar orang lain mengakui kehebatan dirinya di internet.

Contoh, seseorang memposting foto yang dianggap bagus dan bisa menjaring banyak like, maka ia akan mengecek postingan foto tersebut setiap menit sekali, untuk memastikan bagaimana respon orang lain pada fotonya. (sumber: doktersehat.com)

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,AKFC Serang,1,Aktifis Menulis,2,Ali Hanafiah,2,Amin Ma'ruf,1,APGI BAnten,1,Asep Rahmatullah,1,banten,272,Batalyon Mandala Yudha,1,BKM Curug,1,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Ciagel kibin,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Desa Kumpay,1,Desa Kuta mekar,1,Desa Kutamekar Pandeglang,1,Desa panyaungan,1,Dinas Pertanian dan Peternakan,1,DLH Kota Serang,1,Ekon,1,Ekonomi,86,Ekonomi Arus Baru,1,Furtasan Nasdem,1,Gas Melon Malingping,1,Hardi Madu,1,Hikmah,19,Ijtima Ulama GPNF,1,Industri,5,iptek,20,IWO Banten,1,jOKOWI-mARIF amIN,1,Jurus Silat Kaserangan,1,Kab Lebak,591,Kab Pandeglang,90,Kab Serang,85,Kab Tangerang,115,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,11,Kabupaten Tangerang,23,Kampanye damai,2,Kapolda Banten,2,Kemenag Kota Serang,2,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,2,KNPI KOta Serang,18,KNPI Tangsel,2,kodim serang,1,konomi,1,Korem 064/my,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,338,Kota Tagerang,3,Kota Tangerang,141,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangerang Selatan,2,Kota Tangsel,43,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,KPU KOta Serang,1,Kpud lebak,1,KTP Tercecer,1,Lapindo,1,lebak,822,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,Madrasah Cigemuk,1,Madrasah DIniyah,1,Madrasah Kota Serang,1,Madu Cingagoler,1,Mesjid Agung kota Serang,2,NasDem,2,Nasdem Kota Serang,1,Nasdem Lebak,1,nasional,274,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,17,Operasi Mantap Brata Kalimaya 2018,2,opini,24,Pakta Integritas Prabowo,1,pandeglang,113,Parlemen,27,Partai Bulan Bintang,1,PC PMII Lebak,1,PDIP Banten,1,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,Pemutakhiran mandiri,1,pendidikan,104,Pengusaha Malingping,1,Perbankan,6,Perda Diniyah,1,Perumahan Polda Banten,1,Pilbuptangerang,1,Pilpres2019,3,PKBM Melati Tigaraksa,1,PKS Banten,1,PMI Banten,1,PMII KOta Serang,1,PMII UNIBA Kota Serang,1,Polda Banten,3,Polres Kab Serang,1,Polres Lebak,1,polres serang kota,1,Polsek Pabuaran,1,Pontren Riyadul Awamil,1,Prabowo Sandi,1,Ragam,15,Riyadul awamil,1,Satpol PP Lebak,1,Serang,442,serang.Kota Serang,1,SMAN 13 Tangerang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,336,Tangsel,12,teknologi,21,Uhen PPP,1,UMKM,16,Universitas Pelita Harapan.Christina Florensya Mandagi,1,UPH Banten,1,video,4,Wirausaha,18,Wisata,1,Wisata Minat Khusus dan Petualangan,1,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Penyakit Bagi Pecinta Dunia Maya
Penyakit Bagi Pecinta Dunia Maya
http://3.bp.blogspot.com/-lRMDnboG8L8/VoJOyY0Y21I/AAAAAAAAC6I/a2MTbkL3LYY/s400/a-maya.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-lRMDnboG8L8/VoJOyY0Y21I/AAAAAAAAC6I/a2MTbkL3LYY/s72-c/a-maya.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
https://www.bantenekspose.com/2015/12/penyakit-bagi-pecinta-dunia-maya.html
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/
https://www.bantenekspose.com/2015/12/penyakit-bagi-pecinta-dunia-maya.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy