Namin, Jabatan Strategis Tetap Utamakan Kesederhanaan

Bantenekspose.com – Mengintip jejak perjalanan hidup seorang pengusaha besi tua, kini menjadi seorang legislator. Sebut saja H. Namin, S...


Bantenekspose.com – Mengintip jejak perjalanan hidup seorang pengusaha besi tua, kini menjadi seorang legislator. Sebut saja H. Namin, SH. Pada saat muda ia telah diajarkan hidup mandiri dan penuh kesederhanaan oleh kedua orang tuanya. Diawali, sejak lulus sekolah tepatnya 1992 ia mengikuti jejak kakak iparnya yang tengah menggeluti usaha  dibidang tersebut.

“Satu tahun ngebantu-bantu kakak ipar berjualan besi tua,” kata pria alumni SMEA (dulu-red) kini SMKN 1 Kota Serang, kepada wartawan bantenekspose.com saat ditemui di kediamannya,  Kamanisan, Curug, Kota Serang, Ahad (15/7/18).

Kemudian, dari tahun 1994 ia memutuskan berhenti menjalankan usahanya. Ia lebih memilih masuk ke pondok pesantren untuk menuntut ilmu agama (belajar baca Al-Qur'an), yang berada di Kecamatan Taktakan, Kabupaten Serang (kini Kota Serang,-red), yaitu sekitar satu tahun.

“Saya berfikir, karena saya nggak bisa baca Al-Qur’an. Saya memutuskan untuk belajar membaca Al-Qur’an,” ucap pria itu.

Setelah pulang dari pondok pesantren, ia memilih pergi ke Jakarta menjadi buruh harian lepas (tukang cet tembok, besi dan kayu). Walaupun, tidak lama hanya sekitar enam bulan (setengah tahun). Sehabis dari Jakarta, ia kembali pulang ke kampung halaman.  Padahal, ia tidak memiliki tujuan apa-apa cuma karena pengen kumpul bareng teman-teman mainnya saja.

“Saya bisa ngecet besi, tembok dan kayu. Saya ngerti bahan-bahan yang digunakan. Itu tidak berlangsung lama kurang lebih enam bulan,” kata Namin.

Namun, sesudah berada di kampung halamannya, ia pikir-pikir itu hanya sebatas menghabiskan waktu saja alias tidak produktif. Lalu, ia berpikir, dan merenungkan kembali perjalanan hidupnya, hingga mendapatkan taufik hidayah dari sang Maha Kuasa. Dan akhirnya, ia memutuskan kembali untuk melanjutkan usahanya dibidang yang sama.

Dulu, diawal tahun 1996 ia memulai menggeluti usaha itu hingga tahun 2000. Walaupun itu usaha milik kakak ipar (keluarga) tapi sudah menganggap usaha milik sendiri. Kemudian pada pertengahan tahun tersebut, ia mulai membangun keluarga kecil atau menikah dengan gadis idamannya dan saat ini telah dikaruniai empat anak. Setelah itu, ia tetap kembali menjalankan aktivitas usahanya sebagai pengusaha besi bekas.

“Hanya pengen kumpul sama temen-temen satu desa. Entah kenapa? Saya juga nggak tahu. Dipertengahan tahun, saya ngebantu kakak ipar lagi jualan besi tua,” ungkapnya.

Namun, dalam perjalanannya ia memiliki sebuah keinginan, cita-cita untuk mengabdikan diri terhadap masyarakat dan tanah kelahirannya atau bisa disebut beralih profesi menjadi seorang politikus.  Ia memulai karirnya atau terjun ke dunia politik diawali dengan mengikuti kontestasi politik yaitu pemilihan kepala desa di tempat tinggalnya, di Desa (kelurahan,red) Kamanisan Kecamatan Curug pada tahun 2003, dan dalam perjalanannya pun ia terpilih hingga ditetapkan sebagai Kepala Desa

“Saya mencalonkan sebagai kepala desa dan alhamdulillah terpilih,” kata alumni FH Unija itu.

Seusai masa jabatannya habis, ia mencalonkan kembali sebagai calon kepala desa. Dalam perkembangan perhelatan kontestasi politik pilkades ia kembali meraih posisi yang sama, atau ditetapkan kembali kedudukannya sebagai kepala desa. Alhasil, ia menjabat kepala desa hingga priode ke dua tahun 2008.

“Saya ikut mencalonkan kembali sebagai calon kepala desa. Dan alhamdulillah terpilih kembali,” tutur Namin sambil mengangkat telapak dua tangannya sebagai ucapan rasa syukur.

Dalam pertengahan masa jabatannya, ia memiliki tekad, semangat dan visi yang sama untuk mengabdikan diri terhadap masyarakat dan daerahnya. Dan ia memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai calon legislatif (Caleg) pada peileg 2009 dari dapil IV (Curug,  Walantaka). Pada saat itu, ia menggunakan perahu atau partai politik berlambang beringin karya (Partai Golkar).

Pada kontestasi politik tahun 2009, ia dinyatakan lolos sebagai anggota dewan (DPRD) Kota Serang. Selama duduk di kursi legislatif, ia menduduki jabatan Ketua Komisi III bidang ekonomi, pembangunan dan aset daerah hingga masa jabatannya habis.

“Saya memutuskan untuk mencalonkan anggota legislatif (DPRD) Kota Serang. Alhamdulillah terpilih, saya waktu itu ketua komisi III,” ujarnya.

Lalu, diperiode sekarang, pada Pileg 2014 ia terpilih kembali sebagai anggota legislatif (DPRD) Kota Serang dari dapil dan fraksi yang sama. Dan menduduki jabatan sekretaris komisi IV bidang pengawasan pembangunan hingga tahun 2018.  Dari tahun yang sama hingga sekarang, ia menduduki jabatan ketua DPRD Kota Serang.

“Saya menjabat sekretaris komisi IV. Dan awal 2018 saya menjabat ketua sampai saat ini,” akunya.

Lebih jauh, sosok Namin selalu menunjukan kesederhanaan dalam hidupnya. Ia mengakui bahwa selama masih kecil telah diajarkan hidup sederhana alias jangan berlebih-lebihan. Bahkan jika diluar kantor, dirinya dalam berpakaian pun lebih menyukai berpakaian yang sederhana, seperti memakai kaos oblong dan celana jeans. Walaupun banyak orang yang mengatakan itu tidak menunjukkan sebagai seorang pejabat. Tapi, bagi dia hal itu sudah menjadi kebiasaan dari semenjak kecil, atau waktu masih muda. Menurutnya, cara itu untuk membuka diri (welcome) atau cara mendekatkan diri terhadap siapa saja agar tidak ada sekat.

“Ada temen-temen yang bilang itu tidak mencerminkan seorang pejabat, biarkan. Selama norma, etika itu tidak ada yang saya langgar (terjang),” imbuhnya.

Tak hanya itu, Namin juga berpesan kepada generasi muda, agar selalu bersemangat dalam belajar dan berjuang demi meraih masa depan yang gemilang.

“Lakukan yang kita mampu selama itu bermanfaat. Kedua, milikilah pandangan sejauh dan setinggi mungkin,” pesannya. (Emde)

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,Aktifis Menulis,2,banten,244,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Ekon,1,Ekonomi,82,Hikmah,18,Industri,5,iptek,19,IWO Banten,1,Kab Lebak,575,Kab Pandeglang,86,Kab Serang,78,Kab Tangerang,108,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,9,Kabupaten Tangerang,23,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,1,KNPI KOta Serang,18,konomi,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,321,Kota Tagerang,2,Kota Tangerang,137,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangsel,41,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,Kpud lebak,1,lebak,813,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,NasDem,2,nasional,262,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,14,opini,23,pandeglang,113,Parlemen,25,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,pendidikan,88,Perbankan,6,Pilbuptangerang,1,PKS Banten,1,Ragam,14,Serang,436,serang.Kota Serang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,330,Tangsel,12,teknologi,20,UMKM,13,video,4,Wirausaha,15,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Namin, Jabatan Strategis Tetap Utamakan Kesederhanaan
Namin, Jabatan Strategis Tetap Utamakan Kesederhanaan
https://1.bp.blogspot.com/-GrkJbBzZPJE/W0uKbxtx6XI/AAAAAAAALgM/64zo3B2yOc084J_wl_hNlpjaKj3jMF7ZQCLcBGAs/s640/nmin.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-GrkJbBzZPJE/W0uKbxtx6XI/AAAAAAAALgM/64zo3B2yOc084J_wl_hNlpjaKj3jMF7ZQCLcBGAs/s72-c/nmin.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
http://www.bantenekspose.com/2018/07/namin-jabatan-strategis-tetap-utamakan.html
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/2018/07/namin-jabatan-strategis-tetap-utamakan.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy