Komisi V Soroti Dana Hibah, Gubernur WH Setuju Diusut

Bantenekspose.com - Langkah proaktif DPRD Banten dalam hal ini Komisi V yang dikomandoi Ketua Komisi V Fitron Nur Ikhsan, dalam menyikapi ...


Bantenekspose.com - Langkah proaktif DPRD Banten dalam hal ini Komisi V yang dikomandoi Ketua Komisi V Fitron Nur Ikhsan, dalam menyikapi bantuan dana hibah tahun 2018, mendapat apresiasi oleh Gubernur Banten, H. Wahidin Halim.

"Ya, kita dukung, sebab kita inginkan semua transparan dan jangan ditutup-tutupi. Hal ini sesuai komitmen saya dalam memberantas korupsi di Banten," ujar Gubernur WH menyikapi persoalan bantuan dana hibah tahun 2018, Minggu (22/4).

Gubernur mengatakan, sejauh ini dirinya selalu menekankan kepada pimpinan OPD dan jajarannya untuk bekerja terbuka termasuk soal bantuan hibah. " Kalau memang ada kecurangan, dirinya sendiri yang memberi sanksi kepada pimpinan OPD dan jajarannya, sebab bantuan hibah itu untuk masyarakat Banten, bukan untuk saya, keluarga dan timses," katanya.

Langkah Komisi V yang menyoroti dana hibah 2018, kata Gubernur WH, sangat membantu dirinya, memberikan informasi, dan bilamana memang terjadi kecurangan, dirinya bisa melakukan pembinaan dan sanksi. "Kalau perlu bantuan hibah tahun-tahun sebelumnya misal tahun 2012-2017 juga diperiksa komisi V, biar masyarakat tahu," kata Gubernur WH.

Namun demikian, kata Gubernur WH, langkah komisi V dalam menyoroti dana hibah tahun 2018, bukan dilandasin karena ada kepentingan lain. " Misalnya, titipan lembaganya tidak dapat, " jelas Gubernur WH.

Soal desakan komisi V untuk tidak mencairkan dulu dana hibah, lanjut Gubernur WH, pihaknya sudah menanyakan langung ke Biro Kesra, Adpem dan BPKD dan semuanya sedang proses dan secara adminitrasi tidak ada alasan untuk menghentikan bantuan dana hibah tersebut. "Nah ini yang aneh. Belum cair, kok sudah ada yang bilang di koran dipotong 20 persen oleh tim sukses saat Pilgub Banten 2017 lalu, inikan ada motif lain," tegas WH.

Diketahui Komisi V DPRD Banten melakukan pemanggilan terhadap Biro Kesra Pemprov Banten, Kamis (19/4) lalu. Pemanggilan tersebut dikemas dengan agenda rapat kerja. Dari pihak Biro Kesra sendiri dihadiri langsung Irvan Santoso sebagai Kepala Biro.

Dalam klarifikasinya yang disampaikan saat raker tersebut, Irvan mengaku, lembaganya telah melakukan proses verifikasi pengajuan proposal permohonan dana hibah 2018 sesuai prosedur yang berlaku. “ Kami sudah melakukan verfikasi dengan benar, karena ini memang amanat Gubernur, " kata Irvan.

Soal tudingan temuan komisi V DPRD Banten terkait adanya koordinator, pemotongan 20 persen dan tanggal mundur, serta pengakuan dari terduga koordinator, Irvan dengan tegas mengatakan, tidak ada. "Semua proses verifikasi sesuai aturan yang berlaku," kata Irvan.

Terkait desakan Komisi V soal dihentikan sementara pencairan dana hibah. Irvan menyerahkan hal itu pada pimpinan. “Kami sudah mengajukan sebagian lembaga penerima untuk pencairan ke BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah). Kami serahkan ke pimpinan soal ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, 263 lembaga penerima hibah bidang keagamaan telah ditetapkan melalui SK Gubernur Banten tentang Badan/Lembaga Calon Penerima Hibah Tahun Anggaran 2018 tertanggal 19 Maret, dengan nomor 978/147/Kesra/III/2018. Ditandatangani oleh Kepala Biro Kesra Irvan Santoso atas nama gubernur.

Berdasarkan data Biro Administrasi Pembangunan Daerah (Adpem), hibah uang tahun anggaran 2018 di Pemprov Banten tidak hanya untuk bidang keagamaan di Biro Kesra, tapi juga ada 11 OPD lainnya. Yakni, di Dispora, Kesbangpol, Dindikbud, Diskominfo, DP3AKKB, DKP, Dinas Koperasi dan UKM, BKD, Dinkes, Biro Pemerintahan, dan Dinas Pariwisata.

Menurut Kepala Biro Adpem Banten Mahdani, dari 12 OPD yang memberikan hibah uang tahun anggaran 2018, Dindikbud dan Biro Kesra yang paling besar anggarannya. “Total hibah uang 2018 Pemprov Banten lebih dari Rp294 miliar. Di Dindikbud lebih dari Rp130 miliar, Biro Kesra lebih dari Rp102 miliar, sisanya di sepuluh OPD,” kata kepada wartawan baru-baru ini.

Mahdani melanjutkan, penetapan lembaga/badan penerima hibah di setiap OPD, diverifikasi oleh OPD masing-masing. Terkait hibah uang di Biro Kesra, Mahdani mengaku lembaga calon penerima hibahnya sudah ditetapkan melalui SK Gubernur Banten. “SK-nya sudah ada, Pak Gubernur mendelegasikan penanda tangan SK kepada Kepala Biro Kesra. Jumlahnya ada 263 calon penerima,” ungkapnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten Nandy Mulya S mengatakan, pihaknya sudah menerima usulan pencairan dana hibah dari Biro Kesra. “Posisi BPKAD kalau sudah ada rekomendasi dari OPD, kemudian dokumennya sudah lengkap, sesuai aturan ya harus dicairkan,” katanya kepada media, kemarin lalu.

Terkait permintaan Komisi V untuk menunda pencairan, Nandy mengatakan, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk menunda atau mempercepat. “Sebagian lembaga sudah diusulkan pencairan, jumlahnya saya kurang ingat berapa. Tapi sesuai aturan, tetap jalan. Kita bekerja berdasarkan aturan. Hibah kan ada aturannya. Yang bisa ditunda adalah proses pengusulan dari OPD, bukan proses pencairannya,” tambah Nandy.

Sementara itu, dilansir dimedia lokal Banten, ketua Komisi V DPD Banten,  Fitron Nur Ikhsan, Komisi V mempersoalkan proses verifikasi lembaga penerima hibah tahun 2018 di Biro Kesra hingga melakukan uji petik di lapangan. Sebab, pihaknya menginginkan kepemimpinan Gubernur Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Andika di tahun pertamanya, dapat benar-benar bersih dari upaya-upaya tidak terpuji.

“Reformasi birokrasi harus dikedepankan. Kita awali dengan tertib administrasi dan tata pemerintahan yang bersih,” ungkapnya.

Terkait uji petik, Fitron mengaku akan terus dilakukan hingga semuanya clear. Bahwa lembaga yang menerima hibah uang sesuai persyaratan yang ditentukan. Yang unprosedural, bila tidak mengundurkan diri tetap harus dicoret. “Makanya, kami minta pencairan hibah distop dulu hingga clear. Nanti Keputusan Gubernurnya harus direvisi,” katanya.(emde-red)

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,Aktifis Menulis,2,banten,244,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Ekon,1,Ekonomi,82,Hikmah,18,Industri,5,iptek,19,IWO Banten,1,Kab Lebak,575,Kab Pandeglang,86,Kab Serang,78,Kab Tangerang,108,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,9,Kabupaten Tangerang,23,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,1,KNPI KOta Serang,18,konomi,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,321,Kota Tagerang,2,Kota Tangerang,137,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangsel,41,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,Kpud lebak,1,lebak,813,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,NasDem,2,nasional,262,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,14,opini,23,pandeglang,113,Parlemen,25,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,pendidikan,88,Perbankan,6,Pilbuptangerang,1,PKS Banten,1,Ragam,14,Serang,436,serang.Kota Serang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,330,Tangsel,12,teknologi,20,UMKM,13,video,4,Wirausaha,15,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Komisi V Soroti Dana Hibah, Gubernur WH Setuju Diusut
Komisi V Soroti Dana Hibah, Gubernur WH Setuju Diusut
https://1.bp.blogspot.com/-uh9VfSt18GA/Wtz8iAg2XtI/AAAAAAAAKyo/wQgzh81OEvwDoWoVhQgAqqqKPlkgYZ5DwCLcBGAs/s640/dana%2Bhibah.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-uh9VfSt18GA/Wtz8iAg2XtI/AAAAAAAAKyo/wQgzh81OEvwDoWoVhQgAqqqKPlkgYZ5DwCLcBGAs/s72-c/dana%2Bhibah.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
http://www.bantenekspose.com/2018/04/komisi-v-diminta-periksa-hibah-tahun.html
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/2018/04/komisi-v-diminta-periksa-hibah-tahun.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy