Kisah Pilu Dibalik Megaproyek Karian

Bantenekspose.com – Ini seolah babak baru dibalik megaproyek waduk Karian. Sejumlah warga mengaku sudah banyak yang menyerahkan berkas/d...

Bantenekspose.com – Ini seolah babak baru dibalik megaproyek waduk Karian. Sejumlah warga mengaku sudah banyak yang menyerahkan berkas/data kepemilikan lahan dan bangunan. Berkas mereka sudah lama diserahkan, namun kini, sejumlah warga Desa Tambak, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, mempertanyakan kejelasan pembayaran pembebasan lahan proyek waduk Karian.

Bendungan terbesar ketiga di Indonesia itu, bernilai Rp 1,07 triliun dikerjakan oleh Daelim Industrial Co, LTD bersama PT Wijaya Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero). Joint operation ini memiliki luas area genangan seluas 1.740  hektar dan mampu menampung 207,5 juta meter kubik air.

Bendungan Karian memiliki luas area genangan seluas 1.740 hektar dan mampu menampung 314 Juta juta meter kubik air untuk mengairi daerah irigasi Ciujung seluas 22.000 hektar.  Selain irigasi, bendungan ini juga menyuplai kebutuhan air untuk kawasan perkotaan dan industri di Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang dan wilayah DKI Jakarta sebesar 9,1 m3/detik.

Manfaat lainnya adalah sarana pengendalian banjir di daerah hilir yang merupakan kawasan strategis dengan infrastruktur penting seperti Jalan Tol Jakarta-Merak dan kawasan industri terpadu.

Selain itu, bendungan ini juga dapat menjadi daerah tujuan wisata air serta potensi pembangkit energi listrik sebesar 1,8 megawatt melalui pembangkit listrik tenaga mini hidro (PLTMH). Energi dari PLTMH ini mampu menerangi 10.000 kepala keluarga yang berada di 40 desa atau 4 kecamatan di sekitar bendungan.
Dibalik cerita kemegahan waduk karian suatu ketika, ternyata bagi warga setempat masih menyisakan pilu. Adalah Umar Said, warga Desa Tambak, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak mengatakan belum jelasnya soal pembayaran lahan membuat dirinya ragu kalau lahan jadi untuk dibebaskan. Selain itu, hal ini sangat mengganggu para pemilik lahan dan bangunan karena tidak bisa untuk digunakan karena khawatir jadi dibayar.
“Hingga kini, balum ada kabar lahan kami yang akan dibebaskan akan segera dibayar pemerintah. Padahal sudah lama berkas lahan warga yang akan dibebaskan diserahkan,” kata Umar Said kepada seperti dilansir chanelbanten. com.

Said mengaku kebingungan, ketika lahannya akan di jual ke pihak lain atau mau renovasi rumah, tetapi ternyata lahan dibayar. “Terlebih, rumah kami sudah rusak karena janjinya mau dibayar,” akunya.

Sementara, Ketua RT Kampung Nunggul Ateng mengatakan, proses pemberkasas lahan warga yang sudah dibebaskan sudah dilakukan pendataan sejak tahun 2015. Namun, hingga kini belum ada kejelasan akan adanya pembayaran lahan atau bangunan warga yang terkena pembebasan mega proyek waduk Karian tersebut.

“Sudah dua tahun, namun pembayaran pembebasan lahan Waduk Karian belum jelas juntrunganya,” ungkapnya.

Jumroni  Sekretaris Desa (Sekdes) Tambak menerangkan, ada sekira 700 Kepala Keluarga (KK) di Desa Tambak yang terkena pembebasan lahan untuk pembangunan waduk Karian. Ia merinci, dari 700 KK itu tersebar di 7 Kampung 11 RT, diantaranya Kampung Beulah Hayang, Pasir Eurih, Nganceng, Nunggul, Baketruk, Kadu Luhur dan Kolod.

Jumroni berharap kepada pemerintah agar segera dapat memastikan pembayaran lahan warga yang akan terkena proyek waduk karian, karena saat ini warga sangat menunggu kepastiannya. Bahkan, pihaknya sudah mempertanyakan hal tersebut kepada pihak pelaksana yang menangani proyek waduk Karian. Namun, jawaban yang di terimanya selalu tidak jelas.

“Kata mereka (Pelaksana proyek) pembayaran lahan untuk proyek pembebasan waduk karian sudah bukan kewenangannya lagi melainkansudah diambil alih oleh Kementrian Keuangan,” akunya. (red)

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,Aktifis Menulis,2,banten,244,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Ekon,1,Ekonomi,82,Hikmah,18,Industri,5,iptek,19,IWO Banten,1,Kab Lebak,574,Kab Pandeglang,86,Kab Serang,78,Kab Tangerang,108,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,9,Kabupaten Tangerang,23,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,1,KNPI KOta Serang,18,konomi,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,321,Kota Tagerang,2,Kota Tangerang,137,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangsel,41,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,Kpud lebak,1,lebak,812,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,NasDem,2,nasional,262,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,14,opini,23,pandeglang,113,Parlemen,25,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,pendidikan,88,Perbankan,6,Pilbuptangerang,1,PKS Banten,1,Ragam,14,Serang,436,serang.Kota Serang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,330,Tangsel,12,teknologi,20,UMKM,13,video,4,Wirausaha,15,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Kisah Pilu Dibalik Megaproyek Karian
Kisah Pilu Dibalik Megaproyek Karian
https://1.bp.blogspot.com/-iVVdBA6xO4Y/Wqg4KEL8fsI/AAAAAAAAKPI/XyPV7ZxwMnk7jbES6__rx8sLivJSdMqHgCLcBGAs/s640/KARIAN.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-iVVdBA6xO4Y/Wqg4KEL8fsI/AAAAAAAAKPI/XyPV7ZxwMnk7jbES6__rx8sLivJSdMqHgCLcBGAs/s72-c/KARIAN.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
http://www.bantenekspose.com/2018/03/kisah-pilu-dibalik-megaproyek-karian.html
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/2018/03/kisah-pilu-dibalik-megaproyek-karian.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy