Lawan MK & MA, Kepala Desa Gandeng Yusril

Bantenekspose.com - Kepala Desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI)  menggandeng Yusril Ihza Mahend...

Bantenekspose.com - Kepala Desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI)  menggandeng Yusril Ihza Mahendra, sebagai kuasa hukum untuk menggugat Mahkamah Agung (MA) dan Mahkama Konstitusi (MK), atas pasal-pasal yang dinilai kontra produktif tehadap aparatur pemerintah desa, yang tertuang dalam dalam Undang - undang No.6 tahun 2004.

Penandatanganan kuasa hukum antara Yusril dan Apdesi di gelar di gedung Eks BNP2TKI Selapajang Kota Tangerang Jum'at (5/1), di saksikan oleh ratusan kepala desa dari seluruh peloksok tanah air dan ketua umum Parade Nisantara H.Sudir Santoso.

Yusril mengaku siap membela Apdesi untuk melakukan uji materil atau judicial review terhadap Undang-undang (UU) Nomor 6 tahun 2014 ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan Mahkamah Agung (MA) yang dinilai diskriminatif.

Menurut Yusril, salah satu ketidakadilan dalam UU tersebut tercantum dalam Pasal 29 Nomor 6. Dalam UU tersebut, para kepala desa yang ingin mencalonkan Legislatif diwajibkan mengundurkan diri.

“Ini merupakan perlakuan diskrimintaif terhadap kepala desa. Padahal, pejabat lain seperti gubernur, wali kota, dan bupati, proses pemilihannya sama dengan kepala desa,” ungkap Yusril.

Parahnya, Sambung Yusril, dalam peraturan Undang-undangan tersebut, kepala desa tidak diperbolehkan mengurus partai politik, sehingga peraturan itu membuat kepala desa terpasung menyuarakan aspirasinya.

 “Harusnya kalau mereka maju dalam pileg, tidak usah mundur dari jabatannya, cuti saja cukup,” cetus nya.

Dia memastikan pekan depan akan melayangkan permohonan ke MA soal pengujian materil UU Desa itu “Sebulan bisa diputuskan hasilnya oleh MA, sehingga bisa menjadi jelas," katanya.

Menurut Yusril, pengurus partai politik (parpol) sangat berbeda dengan anggota parpol, Pengurus partai dan anggota partai politik adalah dua hal yang sama sekali tidak sama. Karena anggota parpol bukan berarti pengurus parpol.

“Semoga uji materi UU ini dapat dikabulkan dan dibatalkan oleh MA sehingga para kades dan perangkat desa tidak perlu mengundurkan diri, tapi cukup cuti,” terangnya.

Pakar Hukum Tata Negara ini meminta Apdesi untuk bersikap tenang untuk tidak melakukan aksi, melainkan mencari solusi yang elegan.

“Agar penyelesaian masalahnya damai. Tidak usah demo bawa massa sampai 10.000 orang,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Parade Nusantara Sudir Santoso mengatakan, peraturan tersebut sangat merugikan kepala desa di Indonesia. Makanya, pihaknya bersama Apdesi menggandeng  pengacara kondang dalam menuntaskan masalah, Terutama dalam melakukan uji materil UU Desa.

“Setelah UU Desa itu diketuk, ini merupakan musibah. Sebab memang sangat merugikan para kepala desa. Sehingga membuat kepala desa menjadi bingung dan gamang. Mereka jadi kesulitan jika berniat mengikuti Pileg 2019. Secara tidak langsung, ini membuat mereka mundur,” pungkasnya.

Untuk di ketahui, salah satu pasal didalam Undang - undang Desa tentang larangan para Kades untuk menjadi pengurus partai politik, adalah pasal 29. Sementara larangan menjadi parpol untuk perangkat desa tertuang pada pasal 51. (Wawan/dam)

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,Aktifis Menulis,2,banten,243,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Ekon,1,Ekonomi,81,Hikmah,18,Industri,5,iptek,19,IWO Banten,1,Kab Lebak,572,Kab Pandeglang,86,Kab Serang,78,Kab Tangerang,108,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,9,Kabupaten Tangerang,23,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,26,KNPI,1,KNPI Banten,1,KNPI KOta Serang,18,konomi,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,317,Kota Tagerang,2,Kota Tangerang,137,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangsel,41,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,Kpud lebak,1,lebak,810,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,NasDem,2,nasional,262,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,14,opini,23,pandeglang,113,Parlemen,25,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,pendidikan,87,Perbankan,6,Pilbuptangerang,1,PKS Banten,1,Ragam,14,Serang,432,serang.Kota Serang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,7,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,330,Tangsel,12,teknologi,20,UMKM,12,video,4,Wirausaha,15,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Lawan MK & MA, Kepala Desa Gandeng Yusril
Lawan MK & MA, Kepala Desa Gandeng Yusril
https://3.bp.blogspot.com/-Jv8EbYquxL8/WlBGDzswGGI/AAAAAAAAIZU/gOsMdRQmGz8b3DSRhLvthnfGOHnfg4ihACLcBGAs/s640/Kades%2BTangerang.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Jv8EbYquxL8/WlBGDzswGGI/AAAAAAAAIZU/gOsMdRQmGz8b3DSRhLvthnfGOHnfg4ihACLcBGAs/s72-c/Kades%2BTangerang.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
http://www.bantenekspose.com/2018/01/lawan-mk-ma-kepala-desa-gandeng-yusril.html
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/2018/01/lawan-mk-ma-kepala-desa-gandeng-yusril.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy