Semen Merah Putih: Mengeruk Kapur di Bayah, Membangun Pencakar Langit di Jakarta

GELIAT investasi di Banten mulai tumbuh pesat, terlihat menjulang gedung pabrik raksaksa milik PT. Cemindo Gemilang yang memproduksi sem...

GELIAT investasi di Banten mulai tumbuh pesat, terlihat menjulang gedung pabrik raksaksa milik PT. Cemindo Gemilang yang memproduksi semen merah putih tepatnya di Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Banten.

Pabrik yang dibangun diatas sekitar 500 hektare pada tahun 2011 dengan kapasitas hasil produksi hampir 1 juta ton perbulan dengan cadangan bahan baku yang sangat melimpah, perusahaanpun langsung terintegrasi dengan pelabuhan dermaga khusus perusahaan miliknya.

Diprediksi pabrik semen merah putih di Bayah Lebak merupakan pabrik semen terbesar se Indonesia bahkan se Asia Tenggara.

Kantor pusat PT. Cemindo Gemilang yang berkantor di jalan Rasuna Said Kuningan Jakarta inipun juga selaku pemilik gedung pencakar langit tertinggi se Indonesia yaitu Cemindo Tower yang baru selesai dibangun sekitar tahun 2016 yang lalu.

Ironis, geliat kekayaan dan investasinya tidak seimbang dengan dampak yang dirasakan oleh warga sekitar perusahaan. Ada beberapa hal diantaranya rumah warga retak akibat peledakan batu kapur, tempat sandar perahu nelayan tersingkir, masukknya tenaga kerja asing, kerusakan lingkungan, kerusakan jalan nasional Bayah - Cibareno akibat dimonopoli oleh angkutan kendaraan pengangkut bahan baku semen dari tambang ke tambang hingga ke pabrik, kerusakan lingkungan hingga ramai dibeberapa media mengenai perusahaan semen merah putih menambang pasir kuarsa tanpa mengantongi izin yang lengkap.

Sejak berdirinya pabrik semen merah putih di Bayah Lebak sekitar tahun 2011 yang lalu, perusahaan telah menggunakan jalan nasional sebagai akses utama aktivitas angkutan bahan baku semen, akibatnya jalan menjadi rusak parah berdebu dan licin dan awalnya beraspal kini hanya berlapiskan tanah dan bebatuan.

Dampak kerusakan jalan menyebabkan aktivitas wargapun menjadi terganggu, aktivitas anak sekolah, warga yang melakukan layanan kesehatan, pemerintahaan, perekonomian masyarakat hingga terganggunya akses pariwisata menuju Pantai Sawarna yang tiap hari selalu dikunjungi banyak wisatawan.

Protes wargapun terus dilakukan baik dengan cara mengadu ke kementerian/lembaga pemerintahan, kepala daerah, DPRD hingga aksi demopun sering dilakukan, dengan upaya agar perusahaan tidak memonopoli jalan nasional Bayah - Cibareno. Tapi protes dari dulu hingga sekarang tidak berbuah manis malah terus berbuah pahit, dimana perusahaan semen merah putih kian arogan dengan terus memonopoli ruas jalan nasional beberapa kilo meter dari quarry 2 ke quarry 1 (tambang bahan baku semen) dengan menggunakan jalan nasional yang sehari-hari menjadi akses vital masyarakat umum.

Atas protes yang dilakukan wargapun pernah mendapatkan respon dari Kementerian PUPR pada bulan oktober 2017 dengan melakukan teguran kepada perusahaan lewat surat larangan menggunakan ruas jalan nasional Bayah - Cibareno, tapi teguran tidak diindahkan, dan perusahaan tetap menggunakan jalan tersebut, begitu juga Ombudsman RI selaku lembaga negara pengawas layanan masyarakat sering menegur sejak tahun 2014 yang lalu lewat surat larangan tapi tidak juga diindahkan, DPRD Provinsi Banten sempat melakukan audiensi antara pihak perusahaan, kepolisian dan warga untuk menyepakati agar perusahaan membuat jalan khusus sepanjang 3 kilo meter (rapat di DPRD Banten tanggal 29 April 2017), tapi sekarang kesepakatan itupun tidak diindahkan oleh perusahaan.

Harapan atas protes pengaduan warga urung dilaksanakan oleh perusahaan dan pihak pemerintah. Saat ini aksi protes warga selalu dihadapkan dengan oknum aparat kepolisian bersenjata laras panjang.

Harapan warga sangat sederhana yaitu menginginkan agar perusahaan tidak memonopoli jalan nasional yang dibayar dari pajak rakyat, meminta perusahaan untuk secepatnya membuat jalan khusus dari tambang ke tambang hingga pabrik tanpa menggunakan jalan umum, menginginkan agar perusahaan dapat berinvestasi dengan tertib tidak melanggar aturan, jangan rusak jalan, menambang harus dengan izin lengkap karena kalau tanpa berizin kekayaan alam dikeruk tanpa menyumbang pada kas daerah Lebak alias tidak menguntungkan untuk pemerintah Kabupaten Lebak kalau tambangnya masih ada yang tidak berizin. Kembalikan kenyamanan warga sekitar, jangan rampas hak warga untuk mendapatkan keadilan dari adanya invetasi ini.

"Kami tidak menolak investasi, Ayolah berinvestasi dengan tertib di daerah kami"


Penulis : Ugi (Desa Pamubulan Kecamatan Bayah Lebak - Banten)

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,Aktifis Menulis,2,banten,244,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Ekon,1,Ekonomi,82,Hikmah,18,Industri,5,iptek,19,IWO Banten,1,Kab Lebak,574,Kab Pandeglang,86,Kab Serang,78,Kab Tangerang,108,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,9,Kabupaten Tangerang,23,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,1,KNPI KOta Serang,18,konomi,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,321,Kota Tagerang,2,Kota Tangerang,137,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangsel,41,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,Kpud lebak,1,lebak,812,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,NasDem,2,nasional,262,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,14,opini,23,pandeglang,113,Parlemen,25,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,pendidikan,88,Perbankan,6,Pilbuptangerang,1,PKS Banten,1,Ragam,14,Serang,436,serang.Kota Serang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,330,Tangsel,12,teknologi,20,UMKM,13,video,4,Wirausaha,15,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Semen Merah Putih: Mengeruk Kapur di Bayah, Membangun Pencakar Langit di Jakarta
Semen Merah Putih: Mengeruk Kapur di Bayah, Membangun Pencakar Langit di Jakarta
https://2.bp.blogspot.com/-kfkFkqAoxrE/WkEIDglp7LI/AAAAAAAAILM/iTgWlz5_zVAMKUjOmy8scUx3czY_hRJWwCLcBGAs/s400/ugi.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-kfkFkqAoxrE/WkEIDglp7LI/AAAAAAAAILM/iTgWlz5_zVAMKUjOmy8scUx3czY_hRJWwCLcBGAs/s72-c/ugi.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
http://www.bantenekspose.com/2017/12/semen-merah-putih-mengeruk-kapur-di.html
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/2017/12/semen-merah-putih-mengeruk-kapur-di.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy