SDN 2 Citeras Wujudkan Adiwiyata Lewat Ratu Melisa

Banten ekspose.com - Berbagai upaya dilakukan sekolah untuk menjadikan sekolah yang ber "Sahabat" yaitu sekolah yang nyaman bagi...

Bantenekspose.com - Berbagai upaya dilakukan sekolah untuk menjadikan sekolah yang ber "Sahabat" yaitu sekolah yang nyaman bagi kegiatan belajar mengajar (KBM) bagi para siswa dan guru. Untuk mewujudkan hal tersebut, Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Citeras Rangkasbitung Kabupaten lebak tahun 2015 ini mengikuti program sekolah adiwiyata yang saat ini sudah masuk ke tingkat Provinsi Banten.

Budiyarso SP.d  kepala SDN 2 Citeras yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan bahwa sebenarnya sebelum mengikuti adiwiyata, sekolah yang dipimpinnya merupakan sekolah yang sudah bisa dikatakan "Bersahabat" yaitu sekolah yang bersih, sehat, hijau, aman dan taqwa sesuai dengan program dari pemerintah daerah Kabupaten Lebak.

"Tentunya program adiwiyata ini sangat selaras dengan program sekolah bersahabat karena sangat dibutuhkan dalam rangka mewujudkan sekolah yang sehat serta berwawasan lingkungan serta untuk meningkatkan kualitas pendidikan, prestasi siswa serta kedisiplinan seluruh warga sekolah,"kata Budiyarso.

Ditambahkan Ida Maesaroh SP.d, Ketua Tim Adiwiyata SDN 2 Citeras, bahwa sekolah adalah merupakan rumah yang kedua, artinya kalu kita ingin merasa nyaman, maka kita harus menata sekolah ini melalui penghijauan, menjaga kebersihan agar terasa nyaman dan asri. Itulah sebabnya walaupun saat itu belum mengikuti adiwiyata, penataan dan penghijauan sekolah sudah kami lakukan melalui program "Ratu Melisa" yaitu singkatan dari Radius satu meter lihat sampah ambil.

"Intinya untuk mewujudkan Benyamin SM (Bersih, nyaman, indah sehat, menyenangkan) kami mengadakan dan melaksanakan program Ratu Melisa. Dan itu dilakukan pembiasaan terhadap semua murid yaitu dengan cara sebelum masuk kelas semua siswa wajib memungut sampah untuk mendapatkan kartu Ratu Melisa senagai syarat untuk bisa masuk kelas, demikian juga pulangnya. Itu untuk sementara tapi apabila sudah terbiasa maka penggunaan kartu tidak perlu lagi" jelas Ida.

Dijelaskan Ida, untuk mengikuti sekolah adiwiyata ini masalah penataan lingkungan sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu sehingga sekarang sekolah sudah tertata rapih, hijau, nyaman dan asri, jadi sekarang tinggal pengadministrasian dan kelengkapan dokumen saja.

"Dalam masalah kesehatan lingkungan sekolah, Alhamdulillah sekolah ini sudah sudah cukup baik, ini bisa dibuktikan dengan keberhasilah SDN 2 Citeras ini meraih prestasi meraih juara II Sanitasi tingkat Provinsi Banten," ungkapnya

Untuk kegiatan ekskul pramuka, lanjut Ida. sekolah mendorong dan berupaya agar para anggota pramuka untuk menjaga dan melestarikan lingkungan melalui penanaman pohon, pembuatan biopori, membuat kompos melalui komposter bantuan dari BLHD.

"Alhamdulillah walau terasa berat dalam menyadarkan serta membiasakan semua warga sekolah dalam menciptakan lingkungan yang bersih , nyaman dan asri, Sekarang SDN 2 Citeras sudah menjadi sekolah berwawasan lingkungan, dan insyaallah dengan dukungan semua pihak tahun 2015 dapat meraih penghargaan adiwiyata nasional," harapnya (Rustandar)

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,Aktifis Menulis,2,banten,244,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Ekon,1,Ekonomi,82,Hikmah,18,Industri,5,iptek,19,IWO Banten,1,Kab Lebak,574,Kab Pandeglang,86,Kab Serang,78,Kab Tangerang,108,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,9,Kabupaten Tangerang,23,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,1,KNPI KOta Serang,18,konomi,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,321,Kota Tagerang,2,Kota Tangerang,137,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangsel,41,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,Kpud lebak,1,lebak,812,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,NasDem,2,nasional,262,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,14,opini,23,pandeglang,113,Parlemen,25,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,pendidikan,88,Perbankan,6,Pilbuptangerang,1,PKS Banten,1,Ragam,14,Serang,436,serang.Kota Serang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,330,Tangsel,12,teknologi,20,UMKM,13,video,4,Wirausaha,15,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: SDN 2 Citeras Wujudkan Adiwiyata Lewat Ratu Melisa
SDN 2 Citeras Wujudkan Adiwiyata Lewat Ratu Melisa
http://2.bp.blogspot.com/-lbMn0En4_MY/VXPDg1nyviI/AAAAAAAAB2Q/MpgoMIlPyZw/s320/adiwiyata.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-lbMn0En4_MY/VXPDg1nyviI/AAAAAAAAB2Q/MpgoMIlPyZw/s72-c/adiwiyata.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
http://www.bantenekspose.com/2015/06/sdn-2-citeras-wujudkan-adiwiyata-lewat.html
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/2015/06/sdn-2-citeras-wujudkan-adiwiyata-lewat.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy