Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

foto: Ususbuntu.org Bantenekspose.com - Tak bisa dipungkiri bahwa ciri-ciri penyakit usus buntu pada awalnya memang terlihat dan t...


foto: Ususbuntu.org

Bantenekspose.com - Tak bisa dipungkiri bahwa ciri-ciri penyakit usus buntu pada awalnya memang terlihat dan terasa seperti gejala penyakit ringan saja. Namun siapa sangka jika gangguan usus buntu ini sudah semakin parah, bahkan usus yang bentuknya sangat kecil dan tidak tersambung pada saluran usus manapun ini bisa pecah dan menimbulkan masalah serius.

Bahkan kabarnya usus buntu bisa berisiko menimbulkan kanker usus atau penyakit lain yang akan menyerang organ tubuh lainnya. Yang paling umum bagi para penderita usus buntu adalah dilakukannya operasi atau pembedahan pengambilan usus buntu. Dengan demikian masalah akan segera selesai karena pembedahan yang dilakukan hanya pemedahan kecil. So, untuk lebih jelasnya mengenai apa saja penyebab penyakit usus buntu, gejala penyakit usus buntu dan cara penyembuhannya, simak informasi berikut ini.

Peyebab Penyakit Usus Buntu yang Harus Dihindari

Sebelum membahas tentang ciri ciri penyakit usus buntu, Anda juga harus mengetahui apa saja penyebab penyakitnya dan tentunya harus Anda hindari sejak awal. Usus buntu sendiri adalah salah satu organ tubuh dalam manusia yang sampai detik ini masih belum diketahui secara pasti untuk apa fungsinya. Secara umum penyebab terjadinya gangguan usus buntu pada seseorang adalah karena adanya infeksi pada saluran sistem pencernaan. Biasanya penderita akan merasakan nyeri pada bagian perutnya. Penyakit ini disebabkan karena terjadinya peradangan pada apendiks atau usus buntu.

Sama seperti penyakit lainnya, usus buntu bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Penyakit ini bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa, namun pada umumnya gangguan usus buntu ini bisa menyerang seseorang yang berusia 10-30 tahun. Namun tak menutup kemungkinan juga lansia bisa mengalami gangguan kesehatan apendiks ini.

Peradangan yang terjadi pada apendiks atau usus buntu ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah karena adanya penyumbatan, di mana usus buntu akan terisi dengan sisa makanan atau bahkan kotoran. Kemudian zat asing yang masuk tersebut akan mengeras dan terjebang pada rongga usus buntu tersebut. Dan akhirnya semakin lama bisa mengakibatkan peradangan dan membuat perut terasa sakit. Selain karena penyumbatan makanan atau kotoran, peradangan juga bisa terjadi karena infeksi pada apendiks. Infeksi ini bisa disebabkan karena virus gastrointestinal atau diakibatkan karena infeksi dan jenis pembengkakkan lainnya.

 

Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu yang Umum Terjadi

Bagi para penderita penyakit usus buntu, secara umum akan mengalami beberapa gejala atau ciri-ciri penyakit. Tak jarang gejala tersebut memang sangat ringan sehingga tidak terlalu diwaspadai. Padahal jika tidak segera ditangani, semakin lama usus buntu bisa terisi dengan nanah, semakin membesar dan bisa pecah. Meskipun operasi pengambilan usus buntu ini hanya berupa operasi kecil saja, namun jika sudah pecah bisa jadi akan menjadi operasi besar. Pasalnya usus buntu yang pecah bisa menyebarkan nanah ke organ-organ tubuh lainnya.

Ciri-ciri penyakit usus buntu pertama yang harus Anda waspadai terutama bagi orang dewasa adalah kondisi demam dan menggigil. Demam yang diakibatkan karena usus buntu ini biasanya mencapai 39 derajat, dan biasanya akan disertai dengan rasa sakit yang luar biasa pada bagian perut. Maka dari itu ketika Anda atau salah satu anggota keluarga Anda ada yang mengeluhkan sakit perut dan demam yang disertai dengan menggigil, mungkin itu adalah salah satu gejala penyakit usus buntu.

Selain perut yang terasa sakit, biasanya pada area pusar akan terasa nyeri dan rasa nyeri. Dan rasa nyeri ini akan berpindah-pindah apabila penyakitnya sudah semakin kronis dan tidak pernah mendapatkan penaganan yang serius. Jika sudah semakin parah, rasa nyeri ini juga akan lebih sering muncul dan menghilang dengan sendirinya. Anda juga harus mewaspadai ciri-ciri penyakit usus buntu lainnya yaitu hilangnya napsu makan. Setelah itu gejala lain yang mengikutinya adalah mual dan muntah. Bahkan gejala seperti ini bisa berlangsung secara terus menerus hingga lebih dari 12 jam.

Gejala penyakit usus buntu yang lainnya adalah timbulnya penyakit diare yang awalnya diakibatkan karena rasa sakit perut yang sudah terlanjur parah. Namun biasanya pada kotoran yang dikeluarkan oleh penderita usus buntu akan mengandung lendir. Bahkan meskipun perut Anda terasa kembung, namun Anda akan sulit untuk membuang gas dan tentu saja rasanya sangat tidak nyaman. Seorang penderita sakit usus buntu ini akan merasakan nyeri pada perut bagian bawah.

Selain itu biasanya untuk mengetahui ciri-ciri penyakit usus buntu, dokter yang memeriksa pun akan melakukan suatu hal pada bagian perut penderita. Biasanya perut bagian bawah sebelah kanan akan ditekan. Dan apabila rasanya sakit saat tekanan dilepas, maka hal tersebut menjadi indikasi penyakit usus buntu atau apendiks. Pemeriksaan lain biasanya juga dilakukan dengan cara melipat kaki kanan ke arah dada. Dan apabila seseorang mengalami usus buntu, maka ketika kaki dilipat rasanya akan sakit. (net)

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,Aktifis Menulis,2,banten,244,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Ekon,1,Ekonomi,82,Hikmah,18,Industri,5,iptek,19,IWO Banten,1,Kab Lebak,575,Kab Pandeglang,86,Kab Serang,78,Kab Tangerang,108,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,9,Kabupaten Tangerang,23,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,1,KNPI KOta Serang,18,konomi,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,321,Kota Tagerang,2,Kota Tangerang,137,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangsel,41,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,Kpud lebak,1,lebak,813,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,NasDem,2,nasional,262,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,14,opini,23,pandeglang,113,Parlemen,25,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,pendidikan,88,Perbankan,6,Pilbuptangerang,1,PKS Banten,1,Ragam,14,Serang,436,serang.Kota Serang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,330,Tangsel,12,teknologi,20,UMKM,13,video,4,Wirausaha,15,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu yang Harus Diwaspadai Sejak Dini
Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu yang Harus Diwaspadai Sejak Dini
http://3.bp.blogspot.com/-SkYfOpdN354/VZLstUP77cI/AAAAAAAACFI/jxM8lo_iL54/s1600/usus%2Bbuntu.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-SkYfOpdN354/VZLstUP77cI/AAAAAAAACFI/jxM8lo_iL54/s72-c/usus%2Bbuntu.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
http://www.bantenekspose.com/2015/06/ciri-ciri-penyakit-usus-buntu-yang.html
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/2015/06/ciri-ciri-penyakit-usus-buntu-yang.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy