SMAN 3 Rangkasbitung Menuju Adiwiyata Nasional

Kegiatan Siswa Peduli Lingungan (foto: sman3rks.sch.id) Bantenekspose.com - Menjadikan lingkungan sekolah yang teduh, hijau dan nyaman m...

Kegiatan Siswa Peduli Lingungan (foto: sman3rks.sch.id)
Bantenekspose.com - Menjadikan lingkungan sekolah yang teduh, hijau dan nyaman merupakan harapan dan dambaan semua warga dimana mereka beraktifitas, baik itu sebagai peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan maupun warga yang ada di lingkungan sekolah tersebut.

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Dra Hj Ucu Lena Murtadewi M.Si mengungkapkan bahwa mengikuti program adiwiyata bukan hanya sekedar mendapatkan reward tapi  bagaimana cara membangun budaya warga sekolah terutama yang berkaitan dengan pemeliharaan lingkungan sekolah itu sendiri.

“Membangun budaya memelihara dan mencintai lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman tidak hanya untuk peserta didik saja tapi juga semua warga yang ada di lingkungan SMAN 3 Rangkasbitung. Kita memberikan pemahaman dan kesadaran untuk bersama sama menyayangi lingkungan, tidak hanya di sekolah tapi juga di lingkungan masyarakat atau lebih luas lagi didalam negara,” Kata Hj Ucu.

Seperti kita ketahui, lanjut Hj Ucu, sekarang ini kondisi alam yang sudah sangat memperihatinkan, misalnya ketika saat musim panas, cuaca terasa sangat panas sekali dan pada saat musim hujan, sedikit hujan saja terjadi banjir dimana mana. Itu terjadi karena keadaan alam yang tidak seimbang atau keseimbangan alam yang semakin berkurang. Dan ini merupakan tanggung jawab kita semua.

“Dalam mengikuti  program adiwiyata ini, upaya yang pertama kita lakukan yaitu memberikan pembinaan kepada anak anak untuk menumbuhkan dan membangun kesadaran, itu yang terpenting. Karena tanpa kesadaran walaupun misalnya dipaksa sekalipun akan sulit. Kemudian memberikan pemahaman bahwa keseimbangan alam harus dijaga dan dipelihara sehingga alam akan diwariskan pada generasi penerus kita dalam keadaan baik.”Paparnya.

Lebih lanjut Hj Ucu Lena  menjelaskan bahwa dalam menjalankan program adiwiyata ini selain membangun kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan juga dengan melengkapi sarana dan prasarana sekolah sesuai dengan standar atau kriteria yang memenuhi penilaian adiwiyata seperti menyiapkan data administrasi berupa dokumen dokumen, tempat sampah yang memadai, menata lingkungan agar sekolah terlihat indah,hijau,  teduh dan nyaman serta bersih dan sehat. Dalam penataan lingkungan sekolah kami menggunakan potensi yang ada seperti  membentuk tim adiwiyata serta menjadikan siswa sebagai  kader kader adiwiyata.

“ Dengan kondisi lingkungan yang  teduh, indah dan bersih tentu saja akan membuat rasa nyaman dan betah warga sekolah dalam melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM). Ini tentunya akan berkorelasi langsung terhadap peningkatan  kualitas pendidikan dan prestasi siswa. Mudah mudahan dengan kerjasama  dan dukungan semua pihak, kami optimis SMAN 3 Rangkasbitung tahun 2015 ini dapat meraih penghargaan Adiwiyata Nasional,” tandasnya. (trus) 

COMMENTS

Nama

Advertorial,3,Aktifis Menulis,2,banten,243,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Ekon,1,Ekonomi,81,Hikmah,18,Industri,5,iptek,19,IWO Banten,1,Kab Lebak,572,Kab Pandeglang,86,Kab Serang,78,Kab Tangerang,108,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,9,Kabupaten Tangerang,23,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,26,KNPI,1,KNPI Banten,1,KNPI KOta Serang,18,konomi,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,317,Kota Tagerang,2,Kota Tangerang,137,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangsel,41,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,Kpud lebak,1,lebak,810,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,NasDem,2,nasional,262,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,14,opini,23,pandeglang,113,Parlemen,25,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,pendidikan,87,Perbankan,6,Pilbuptangerang,1,PKS Banten,1,Ragam,14,Serang,432,serang.Kota Serang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,7,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,330,Tangsel,12,teknologi,20,UMKM,12,video,4,Wirausaha,15,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: SMAN 3 Rangkasbitung Menuju Adiwiyata Nasional
SMAN 3 Rangkasbitung Menuju Adiwiyata Nasional
http://3.bp.blogspot.com/-ZOV7x_y5r7Q/VVt0PkD0tsI/AAAAAAAABqU/e_Bo9dQwwEc/s320/sman3%2Brks.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-ZOV7x_y5r7Q/VVt0PkD0tsI/AAAAAAAABqU/e_Bo9dQwwEc/s72-c/sman3%2Brks.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
http://www.bantenekspose.com/2015/05/sman-3-rangkasbitung-menuju-adiwiyata.html
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/2015/05/sman-3-rangkasbitung-menuju-adiwiyata.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy