Cara UKM Agar Bisa Naik Kelas di Era MEA

Banten ekspose.com -   Pemberlakuan perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di akhir tahun 2015 tak lantas membuat para pelaku u...

Bantenekspose.com -  Pemberlakuan perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di akhir tahun 2015 tak lantas membuat para pelaku usaha kecil menengah (UKM) gentar.

“Ini menjadi tugas kita semua membantu mendorong UKM-UKM yang ada di Indonesia mampu naik kelas sehingga mampu bersaing secara kompetitif,” ujar founder dan CEO Bukalapak.com Achmad Zaky, Selasa (7/4).

Situs e-commerce ini menaruh perhatian lebih kepada sektor UKM karena dinilai sebagai pemain utama dalam aktivitas ekonomi di dalam negeri. Lantaran memberikan kesempatan kerja yang besar bagi penduduk Indonesia. UKM juga merupakan sumber pendapatan utama maupun sekunder bagi banyak rumah tangga.

"Ada lima hal agar UKM bisa terus berkembang, yaitu dream atau passion, focus, target and goal, serta dream team dan competitive advantage," lanjutnya.

Data Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan bahwa lebih dari 99 persen perusahaan di Indonesia adalah UKM dengan pertumbuhan cukup signifikan, sebesar 2,41 persen menjadi lebih dari 55,87 juta UKM pada 2011-2012. UKM juga memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia, sebesar 59 persen dan kontribusi terhadap lapangan pekerjaan sebesar 97 persen.

"Meskipun tidak seperti korporasi besar, tapi berada di level menengah dengan jumlah karyawan cukup dan omzetnya miliaran rupiah sehingga pendapatannya dapat mencapai ratusan juta rupiah," sambungnya.

Dijelaskannya, dream (mimpi) dan passion, kedua hal ini bisa membuat performance bisnis tetap tumbuh secara konsisten sekaligus menyelamatkan bisnis ketika kondisi bisnis naik-turun tak menentu.


Dirinya telah membuktikan ketika membangun Bukalapak dari bisnis di sebuah garasi, kemudian berkembang hingga sebesar seperti sekarang ini. Hingga mendapatkan investasi ratusan milyar dari Grup Emtek. "Beberapa top seller di Bukalapak juga tumbuh secara eksponensial karena mereka memiliki dream dan passion,” ujarnya.

Para pelaku UKM juga harus fokus. Banyak UKM-UKM di Indoneia, bisnisnya tetap kecil karena mereka tidak fokus. Alumni Teknik Informatika ITB ini menekankan bahwa fokus sangatlah penting.


"Ini menjadi penyakit yang banyak menghinggapi UKM-UKM di Tanah Air. Ini harusnya juga menjadi pakem bagi UKM-UKM yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Dalam perkembangannya, terutama untuk mendorong agar bisnis terus tumbuh, UKM harus menetapkan target, baik itu bulanan, semesteran maupun tahunan. 


Yang tak kalah penting, kata Zaky para pelaku UKM juga harus memiliki tim untuk membesarkan bisnis yang didukung dengan upaya mengubah paradigma dan melakukan benchmarking. 

Benchmark Bukalapak saat ini adalah Alibaba, Amazon dan online dunia lainnya. Saya track angka-angka penjualannya, cara mereka jualan, hingga teknologi yang dipakai. Ini semata-mata agar kami bisa mengikuti dan mengimbanginya,” ujarnya.

Jika keempat hal di atas dijalankan secara konsisten dan sungguh-sungguh, ia memastikan bisnis tersebut telah memiliki keunggulan kompetitif. Dengan kata lain, meski tidak ada aktivitas, bisnis tersebut bisa jalan, bisa memberi keuntungan dan tumbuh.

“Keunggulan ini juga membuat brand image semakin kuat, skala bisnis menjadi besar dengan market semakin spesifik, customer service semakin baik dan memiliki long experience. Lima hal ini merupakan kunci untuk membuat UKM-UKM naik kelas,” tegasnya.



COMMENTS

Nama

Advertorial,3,Aktifis Menulis,2,banten,244,BPJS BANTen,1,bulog tangerang,1,Cilangkahan,280,cilegon,22,Ekon,1,Ekonomi,82,Hikmah,18,Industri,5,iptek,19,IWO Banten,1,Kab Lebak,574,Kab Pandeglang,86,Kab Serang,78,Kab Tangerang,108,Kab. Lebak,3,Kab. Tangerang,2,Kab.Tangerang,5,Kabupaten Serang,9,Kabupaten Tangerang,23,kesehatan,87,Khazanah,6,Kiprah,27,KNPI,1,KNPI Banten,1,KNPI KOta Serang,18,konomi,1,Kota Cilegon,10,Kota Serang,321,Kota Tagerang,2,Kota Tangerang,137,Kota Tangerang Tangerang,1,Kota Tangsel,41,Kotas Serang,1,KotaTangerang,5,Kpud lebak,1,lebak,812,lmnd kota serang,1,LMND sERANG,1,NasDem,2,nasional,262,Ninja Banten Selatan,1,Nusantara,14,opini,23,pandeglang,113,Parlemen,25,Peluang,1,PemkaB Lebak,1,pendidikan,88,Perbankan,6,Pilbuptangerang,1,PKS Banten,1,Ragam,14,Serang,436,serang.Kota Serang,1,SMKN 9 Kota Tangerang.,1,Sosok,8,sRANG,1,tagerang,5,tangerang,330,Tangsel,12,teknologi,20,UMKM,13,video,4,Wirausaha,15,
ltr
item
Berita Banten - Banten Ekspose: Cara UKM Agar Bisa Naik Kelas di Era MEA
Cara UKM Agar Bisa Naik Kelas di Era MEA
http://3.bp.blogspot.com/-EvrfH_W67NY/VXRmIlNiRCI/AAAAAAAAB3Y/Y42gi7b6ZPY/s1600/Mea.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-EvrfH_W67NY/VXRmIlNiRCI/AAAAAAAAB3Y/Y42gi7b6ZPY/s72-c/Mea.jpg
Berita Banten - Banten Ekspose
http://www.bantenekspose.com/2015/04/cara-ukm-agar-bisa-naik-kelas-di-era-mea.html
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/
http://www.bantenekspose.com/2015/04/cara-ukm-agar-bisa-naik-kelas-di-era-mea.html
true
6064287794305037138
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy